in

Pasar Smartphone India Melonjak, Model Premium Meningkat

Pasar smartphone India sedang mengalami peningkatan pesat. Konsumen beralih ke model yang lebih premium karena mereka mencari ponsel yang dapat bermain game, menjalankan AI, dan menangkap gambar berkualitas tinggi. Skema pembiayaan yang terjangkau dan penawaran tukar tambah juga mendorong peralihan ke tingkat yang lebih mahal.

Segmen smartphone premium (di atas ₹30.000) telah mencapai pangsa tertinggi dalam volume pada 20%. Melihat pangsa nilai, segmen ini menyumbang 51% – artinya lebih dari setengah belanja smartphone di India dihabiskan untuk perangkat premium.

Adopsi 5G terus meningkat dan pengiriman ponsel 5G telah mencapai ketinggian baru sebesar 71%. Hal ini tentu saja terkait dengan pertumbuhan segmen premium.

Melihat merek satu per satu, vivo mengklaim posisi #1 untuk pertama kalinya sepanjang sejarah – ini berdasarkan volume ponsel yang dikirim selama kuartal tersebut. Teknologi 5G yang canggih dan kamera yang mengesankan adalah faktor yang mendorong vivo ke puncak.

Namun, melihat pangsa nilai, Samsung terus memimpin pasar. Harga jual rata-rata (ASP) untuk ponsel Galaxy lebih tinggi dari sebelumnya sekitar $425. Hal ini disebabkan oleh penjualan seri Galaxy S24 (dengan AI generatif yang dianggap sebagai nilai jual), seri Galaxy A yang ditingkatkan juga berkinerja sangat baik.

Apple juga memiliki alasan untuk berbangga, kuartal yang mencatat rekor di segmen premium berkat penjualan seri iPhone 15 yang kuat, terutama melalui toko offline. Apple memimpin segmen premium dalam hal nilai dan volume.

Beberapa merek lain yang layak disebutkan – Nothing adalah merek dengan pertumbuhan tercepat dengan peningkatan 144% dibandingkan tahun lalu (Nothing Phone (2a) adalah produk yang populer), pengiriman Motorola naik 58% tahun ke tahun (analis menyoroti pilihan material Moto dan Android UI), pengiriman Xiaomi naik 28% tahun ke tahun (cukup untuk menempati posisi kedua berdasarkan volume).

Selain itu, MediaTek tetap menjadi pemasok chipset dominan untuk ponsel yang dijual di India dengan pangsa 53%, meskipun Qualcomm menonjol di segmen premium dengan pangsa 35%.

What do you think?

Written by Hamzah Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Realme GT Neo6: Ponsel Unggulan dengan Harga Terjangkau

Perbandingan Galaxy S24 Ultra dan S24+: Mana yang Lebih Baik untuk Anda?