in

Chip M4 Apple: Binning pada iPad Pro 2024, Versi Berbeda Berdasarkan Kapasitas Penyimpanan

Apple baru-baru ini meluncurkan chip M4 yang baru. Namun, detail penting yang terungkap adalah bahwa chip ini hadir dalam dua versi yang berbeda, yang pertama kalinya tersedia pada perangkat yang sama.

Chip M4 memiliki CPU dengan 4 core performa dan 6 core efisiensi. Namun, pada beberapa model iPad Pro 2024, salah satu core performa dinonaktifkan. Proses ini dikenal sebagai "binning", yang melibatkan pengelompokan chip berdasarkan cacatnya untuk meningkatkan hasil produksi.

Sebelumnya, binning hanya digunakan untuk membedakan chip dengan tingkatan yang berbeda, seperti pada iPhone 13 dan iPhone 13 Pro. Namun, pada iPad Pro 2024, binning diterapkan pada perangkat yang sama tergantung pada kapasitas penyimpanannya.

Model iPad Pro 11 (2024) dan iPad Pro 13 (2024) dengan kapasitas penyimpanan 256GB dan 512GB memiliki RAM 8GB dan chip M4 dengan 9 core CPU. Sedangkan model dengan kapasitas 1TB dan 2TB memiliki RAM 16GB dan chip M4 dengan 10 core CPU.

Perbedaan ini memengaruhi harga perangkat secara signifikan. Namun, perlu dicatat bahwa perbedaan performa antara kedua versi chip mungkin tidak terlalu mencolok, karena kedua versi memiliki GPU 10-core dan kemampuan komputasi AI 38 TOPS.

Selain itu, iPadOS yang lebih ringan dibandingkan macOS, yang digunakan pada iPad Pro, juga mengurangi kemungkinan pengguna merasakan perbedaan performa yang signifikan antara kedua versi chip.

Binning pada iPad Pro 2024 kemungkinan merupakan strategi Apple untuk meningkatkan hasil produksi dan menyediakan opsi penyimpanan yang lebih bervariasi dengan harga yang berbeda-beda. Chip M4 yang diproduksi pada node TSMC N3E yang baru diharapkan memberikan efisiensi daya yang lebih baik dibandingkan pendahulunya.

What do you think?

Written by Hamzah Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

ZTE Merilis Axon 60 dan Axon 60 Lite: Smartphone 4G Terjangkau dengan Baterai Besar

Nokia Luncurkan Nokia 3210 (2024), Edisi Modern dari Ponsel Klasik