in

Dominasi Apple dan Samsung di Pasar Smartphone pada Kuartal 1 2024

Abstrak

Apple dan Samsung mendominasi 10 besar smartphone terlaris pada kuartal pertama 2024, menurut laporan terbaru dari Counterpoint Research. iPhone 15 Pro Max menjadi smartphone terlaris, diikuti oleh iPhone 15 dan iPhone 15 Pro.

5G dan Premiumisasi

Laporan tersebut menggarisbawahi semakin pentingnya teknologi 5G dalam kehidupan konsumen, karena semua 10 perangkat dalam daftar tersebut mendukung 5G. Selain itu, terdapat tren menuju perangkat premium, dengan 7 ponsel dibanderol di atas $600.

Peningkatan Model Pro

Seri Pro iPhone semakin populer. Pada tahun 2020, pangsa perangkat Pro hanya 24%, tetapi pada kuartal pertama 2024, meningkat menjadi 60% dari nilai penjualan Apple. Hal ini disebabkan oleh peningkatan dan penyempurnaan yang ditawarkan Apple untuk pengguna yang memilih varian Pro.

Kinerja Samsung

Samsung Galaxy S24 dan Galaxy S24 Ultra juga masuk dalam 10 besar, berkat teknologi Galaxy AI. Teknologi ini baru tersedia untuk perangkat yang lebih lama, seperti jajaran Galaxy S23 dan perangkat lipat andalan tahun 2023, lebih dari sebulan kemudian.

Preferensi Konsumen

Konsumen cenderung menyimpan smartphone mereka lebih lama, menurut Counterpoint. Hal ini menyebabkan mereka memilih smartphone kelas atas yang dapat memastikan perangkat mereka tetap "relevan secara teknologi" dalam jangka waktu yang lebih lama.

Prospek Masa Depan

Diharapkan perangkat premium akan mengambil pangsa pasar smartphone yang lebih besar, karena perusahaan fokus pada portofolio yang lebih ramping dengan fitur-fitur premium.

What do you think?

Avatar photo

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Samsung Siap Produksi Chip Exynos 3nm Perdana

Xiaomi Akan Merilis Foldable Terbaru, Mix Fold 4 dan Mix Flip