in

Samsung Siapkan Penggantian GPU Xclipse dengan Solusi Buatan Sendiri

Samsung dikabarkan tengah bersiap mengganti GPU Xclipse yang dikembangkan bersama AMD dengan solusi buatan mereka sendiri. Namun, pergantian ini tidak akan terjadi dalam waktu dekat. GPU Exynos 2500 masih akan mengandalkan arsitektur RDNA dari AMD, meskipun kemungkinan besar ini akan menjadi yang terakhir dari jenisnya.

GPU Xclipse berbasis RDNA pertama kali muncul pada Exynos 2200 dan bahkan telah digunakan pada Exynos 1480 kelas menengah Samsung. GPU ini dipasarkan sebagai pesaing serius bagi Adreno (GPU Qualcomm) dan digembar-gemborkan memiliki kinerja luar biasa dalam game ray-tracing. Namun, jika laporan tersebut benar, tampaknya Samsung tidak terlalu puas dengan kemitraannya dengan AMD.

Rumor tentang Samsung yang mengerjakan desain GPU sendiri muncul tahun lalu, dan kini sebuah sumber dengan rekam jejak yang cukup solid telah memberikan konfirmasi. Pada tahun 2026, Exynos 2600 akan menjadi chip Exynos pertama dengan GPU buatan Samsung sepenuhnya. Ini mencakup desain dan manufaktur.

Spekulasi tentang Samsung yang mengerjakan desain CPU sendiri juga telah muncul, tetapi belum ada informasi substansial saat ini. Kemungkinan besar Samsung akan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mengembangkan CPU sendiri.

What do you think?

Avatar photo

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

vivo X Fold3 Pro Global Resmi Dirilis

Apple Percepat Pengembangan Perangkat Lipat 20,3 Inci