in

MediaTek Dimensity 9300: Chipset Ponsel Pintar Terkini dengan AI Generatif

MediaTek, salah satu perusahaan pembuat chipset ponsel pintar terbesar di dunia, baru-baru ini meluncurkan produk terbarunya, yaitu MediaTek Dimensity 9300. Chipset ini merupakan chipset flagship untuk tahun 2024, yang menawarkan peningkatan kinerja dan efisiensi di berbagai aspek, seperti CPU, GPU, AI, dan fotografi. Namun, yang paling menarik dari chipset ini adalah kemampuannya untuk mendukung AI generatif, yaitu AI yang mampu menghasilkan konten baru berdasarkan data yang ada, seperti teks, gambar, musik, dan lain-lain.

AI generatif merupakan salah satu bidang AI yang sedang berkembang pesat, karena memiliki potensi untuk memberikan pengalaman yang lebih kreatif, personal, dan inovatif bagi pengguna. MediaTek Dimensity 9300 adalah chipset ponsel pintar pertama di dunia yang memiliki mesin AI generatif berbasis perangkat keras, yang mampu memproses hingga 33 miliar parameter. Parameter adalah ukuran yang menunjukkan kompleksitas dan kapasitas model AI. Semakin banyak parameter, semakin baik model AI dapat mempelajari dan menghasilkan konten yang berkualitas.

Selain itu, chipset ini juga memiliki fitur-fitur unggulan lainnya, seperti:

  • CPU dengan konfigurasi 4+4, yang terdiri dari empat core Arm Cortex-X4 dan empat core Arm Cortex-A720. Ini adalah chipset ponsel pintar pertama di dunia yang menggunakan semua core besar, yang memberikan kinerja yang luar biasa bagi penggemar.
  • GPU Arm Immortalis-G720 dengan 12 core, yang mendukung raytracing, yaitu teknik grafis yang dapat menciptakan efek cahaya dan bayangan yang realistis. Ini adalah chipset ponsel pintar pertama di dunia yang dapat mencapai efek pencahayaan global yang setara dengan konsol.
  • RAM LPDDR5T dengan kecepatan 9600Mbps, yang merupakan memori ponsel pintar tercepat di dunia.
  • UFS 4.0 dengan MCQ, yang merupakan teknologi penyimpanan yang dapat meningkatkan kecepatan dan efisiensi transfer data.
  • Modem 5G terintegrasi yang mendukung Sub6GHz dan mmWave, yang dapat mencapai kecepatan download hingga 7,9Gbps.

MediaTek Dimensity 9300 merupakan chipset yang menunjukkan visi MediaTek untuk membawa teknologi ponsel pintar ke tingkat yang lebih tinggi. Dengan chipset ini, pengguna dapat menikmati pengalaman yang lebih cepat, mulus, dan kaya akan fitur, baik untuk bermain game, menonton video, maupun menggunakan AI generatif. Chipset ini diharapkan dapat segera hadir di pasar pada tahun 2024, dan menjadi saingan berat bagi chipset lainnya, seperti Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3, Google Tensor G3, dan lain-lain.

What do you think?

Avatar photo

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Samsung Galaxy S24 FE Akan Menggunakan Prosesor Exynos 2400 di Sebagian Besar Pasar

Samsung Galaxy S24 FE: Smartphone Unggulan yang Terjangkau