in

iPhone 15: Baterai Kini Bertahan Lebih Lama dari yang Diharapkan oleh Apple

Apple baru-baru ini mengumumkan bahwa baterai iPhone 15 memiliki masa pakai yang lebih lama daripada yang sebelumnya dijanjikan. Dalam pengujian terbaru, Apple menemukan bahwa semua model iPhone 15 dapat mempertahankan 80 persen kapasitas pengisian asli setelah 1.000 siklus pengisian — dua kali lipat dari perkiraan sebelumnya — tanpa perlu perangkat keras atau pembaruan perangkat lunak baru .

Perubahan yang Signifikan

Sebelumnya, dokumen dukungan online Apple menyatakan bahwa baterai iPhone dapat mempertahankan 80 persen pengisian penuh asli setelah 500 siklus pengisian. Namun, setelah Apple menguji kesehatan baterai jangka panjang pada smartphone 2023 mereka — iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max — mereka menemukan bahwa baterai ini dapat mempertahankan 80 persen kapasitas setelah setidaknya 1.000 siklus.

Penyebab Peningkatan

Bagaimana perkiraan ini berlipat ganda tanpa perubahan fisik atau perangkat lunak? Apple mengaitkan peningkatan ini dengan perbaikan terus-menerus pada komponen baterai dan manajemen daya iOS. Untuk iPhone yang lebih lama (sebelum 2023), perkiraan asli mempertahankan 80 persen kapasitas setelah 500 siklus pengisian masih berlaku — setidaknya untuk saat ini. Apple sedang mempertimbangkan apakah perkiraan model-model lama perlu diperbarui.

Persiapan untuk Regulasi EU

Perubahan ini juga datang menjelang regulasi Uni Eropa (EU) yang akan memberikan peringkat energi untuk masa pakai baterai ponsel. Mulai Juni 2025, produsen smartphone dan tablet yang berbisnis di UE akan diberi peringkat (A hingga G) yang menunjukkan efisiensi energi, masa pakai baterai, perlindungan dari debu dan air, serta ketahanan terhadap benturan tidak sengaja. Bagian masa pakai baterai dari peringkat ini memerlukan setidaknya 800 siklus pengisian dengan mempertahankan setidaknya 80 persen kapasitas asli.

Tips untuk Meningkatkan Masa Pakai Baterai

Untuk memperpanjang masa pakai baterai, Apple merekomendasikan agar Anda menjaga ponsel Anda pada suhu antara 62 hingga 72 derajat Fahrenheit jika memungkinkan. Hindari mengisi daya atau meninggalkan ponsel Anda di lingkungan panas (di atas 95 derajat Fahrenheit) dan hindari paparan sinar matahari langsung. Selain itu, jika Anda menyimpan iPhone lama dalam jangka panjang, sebaiknya biarkan baterai setengah terisi. Apple juga akan segera memindahkan salah satu metrik baterai yang paling penting ke bagian pengaturan iOS yang berbeda. Mulai dari iOS 17.4, yang saat ini dalam versi beta, jumlah siklus baterai akan dipindahkan dari Pengaturan > Umum > Tentang ke bagian Kesehatan Baterai (di bawah Pengaturan > Baterai) .

Jadi, bagi para pengguna iPhone 15, berita baiknya adalah baterai Anda akan bertahan lebih lama daripada yang dijanjikan sebelumnya! 📱💪

What do you think?

Written by Hamzah Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Mengapa Menutup Aplikasi Latar Belakang di iPhone Tidak Perlu Dilakukan

Kamera Vlogging Terbaik untuk 2024: Pilihan Kamera untuk Konten Kreator