Habiskanlah Waktumu Untuk Sesuatu yang Tak Bisa Dibeli Oleh Uang

Maka kamu akan sadar bahwa uang bukanlah segalanya….

Banyak orang yang dalam hidupnya mati-matian mengejar uang. Menghabiskan waktu dan tenaga untuk bekerja keras demi bisa mendapatkan kekayaan. Mumpung masih muda dan punya tenaga, demikian alasan orang-orang biasanya.

Tidak salah memang. Tapi coba perhatikan, banyak pula dari mereka yang sudah mendapatkan kekayaan justru hari tuanya dihabiskan dengan berobat kesana-kemari. Gara-garanya, ia tidak memperhatikan kesehatan semasa muda saat sibuk berburu kekayaan.

Oleh karenanya, yuk, coba kita pergunakan waktu sebaik mungkin untuk hal-hal yang justru tak bisa dibeli dengan uang. Tujuannya agar kita tidak melulu mengejar uang semasa hidup, karena yakinlah bahwa uang tidak bisa menjamin kebahagiaan seseorang.

1. Keluarga

Ingatlah bahwa keluargamu membutuhkan kehadiranmu lebih dari sebatas uang yang kau hasilkan dari mengorbankan waktu bersama mereka (brighterlifeindonesia.wordpress.com)

Sebelum kamu mati-matian mengorbankan banyak hal demi mengejar uang, cobalah sejenak untuk menelaahnya. Mungkin kamu beralasan bahwa kerja keras yang kamu lakukan itu semua demi keluargamu. Tapi benarkah demikian? Masih adakah waktu yang kamu berikan untuk mereka? Jangan-jangan, kamu hanya bisa memberikan beberapa jam saja di akhir pekan untuk mereka? Percayalah, mereka tidak akan bahagia jika itu kamu lakukan.

2. Persahabatan

Sahabat sejati ada di sisimu dalam suka maupun duka (huffpost.com)

Selain keluarga, hubungan erat dengan para sahabat adalah salah satu hal berharga yang bisa kamu dapatkan tanpa uang. Oleh karenanya, jagalah agar hubungan itu selalu segar. Sahabat sejati akan selalu datang padamu di saat susah sekalipun. Kalau kamu hanya sibuk mengejar uang, maka besar kemungkinan orang-orang yang kamu kira adalah sahabatmu justru akan meninggalkanmu saat kamu tidak lagi punya uang.

3. Cinta

Meski banyak yang bilang cinta pun kini bisa dibeli, namun yakinlah untuk terus mencari orang yang bisa mencintaimu tanpa ada motivasi lain dibelakangnya (rd.com)

Memang benar bahwa masih banyak yang beranggapan bahwa cinta pun kini bisa dibeli dengan uang. Asalkan kamu kaya dan mapan, siapa sih yang menolak jadi pasanganmu? Tapi ketahuilah, cinta yang seperti itu tidak akan kuat dan mudah goyah. Oleh karenanya, manfaatkanlah waktu sebaik mungkin untuk menemukan seseorang yang memberikan cintanya padamu tulus tanpa ada motivasi lain.

4. Kenangan

Salah satu contoh meme tentang kenangan (brilio.net)

Betul bahwa kita hidup untuk masa kini dan masa depan. Tapi, ada kalanya kenangan juga perlu untuk kita pelihara. Karena melalui kenangan, kita bisa belajar banyak hal. Bahkan, seseorang boleh saja sudah meninggal, namun asal ia masih terus dikenang, maka ia akan terus hidup meski di hati sanubari kita.

5. Kesehatan

Kesehatan sebetulnya gratis, oleh karena itu jagalah jangan sampai kamu justru menghabiskan uang yang kamu kumpulkan mati-matian itu untuk mengobati penyakit yang ngambek karena tak kamu perhatikan sejak dulu (futuready.com)

Seperti yang sudah saya singgung di atas, buat apa kita mati-matian cari uang di masa muda kalau di hari tua uang yang kita kumpulkan tersebut hanya akan dihabiskan untuk berobat dan menebus kesehatan yang dulu tak pernah kita pikirkan? Oleh karenanya, peliharalah kesehatanmu dengan baik agar ia tak berkhianat di masa tuamu.

 

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *