Saat “Wkwkwk Land” Menjadi Sebutan Baru Negara Indonesia, Tertawa Menjadi Identitas Bangsa.

Aku Indonesia, AKu Wkwkwkwk.

553
SHARES

Media sosial memang selalu memberikan kisah tersendiri, dari kisah percintaan, persahabatan, perdebatan soal pandangan politik, sampai kisah humor yang menghibur. Seperti yang baru-baru ini terjadi, di media sosial sedang hangat menyebut negara Indonesia sebagai “Wkwkwk Land” . Sebenarnya istilah wkwkwk land buat menyebutkan Indonesia sudah jauh-jauh hari ramai diperbincangkan para netizen internasional. Khususnya di akun-akun meme luar negeri seperti 9GAG yang banyak mengangkat tema ini.

Salah satu postingan meme di akun luar negeri yang mengangkat tentang wkwkwk (9gag.com)

Mencuatnya “Wkwkwk Land” ke netizen Indonesia

Wkwkwk land baru mulai ramai diperbincangkan di dalam negeri setelah video pesulap Demian, muncul di akun youtube America Go Talent. Dalam video tersebut banyak orang luar negeri yang mengapresiasi penampilan Demian, namun sayangnya justru netizen Indonesia yang mencibir, mengatakan jika triknya simple, bahkan ada yang membongkar trik sulap Demian di kolom komentar video tersebut.

He is from wkwkwk land (tribunnews.com)

Namun disela-sela panasnya perbincangan antara yang pro dan yang kontra di video sulap tersebut, komentar lucu justru hadir dari para netizen luar negeri. Banyak yang kagum terhadap demian dan mengatakan jika Demian berasal dari “Wkwkwk Land”, atau Indonesia. Melihat hal tersebut netizen dalam negeri ramai membicarakan Wwkwk Land sebagai sebutan Indonesia di mata netizen Internasional.

Bagi para netizen luar negeri, selain Wkwkwk land, Indonesia juga dikenal sebagai negara “Om telolet om”. Yah, memang selain Wkwkwk land, nama Indonesia sempat mendunia berkat Om telolet om beberapa waktu lalu.

Makna “Wkwkwk Land” bagi netizen

Indonesia, kemudian disebut oleh netizen internasional sebagai Wkwkwk land karena diambil dari model tertawa orang Indonesia saat di media sosial, atau saat chatingan. Mungkin sebagian dari kita juga ada yang pernah menunjukan tertawa dengan tulisan Wkwkwkw? mungkin bagi kita itu hal biasa, namun bagi netizen internasional itu hal yang aneh bahkan menggelikan.

Indonesia dikenal sebagai negara yang penduduknya tertawanya wkwkwkwk (memegenerator.net)

Sama halnya seperti kita mengetahui jika orang Nigeria menuliskan “LWKMD” untuk menunjukan jika ia tertawa, atau orang Brasil menuliskan “rsrsrsrs” untuk mewakili tertawa mereka di media sosial atau saat chatingan. Terdengar aneh bukan? Begitupun “Wkwkwk” bagi netizen internasional.

Beda negara, beda juga eksperi tertawanya

Saat ini, banyak negara yang menggunakan kata-kata tertentu untuk mewakili ekspersi tertawa. Jika di Indonesia menggunakan “Wkwkwkwk”, di Brasil menggunakan “rsrsrsrs”, dan Nigeria menggunakan “LWKMD”, di beberapa negara lain juga memiliki bentuk tertawa sendiri.

Setiap negara memiliki cara terawa masing-masing (lehugak.com)

Di Italia, orang biasanya menuliskan “ah ah ah” untuk menunjukan jika ia tertawa, di Prancis orang akan menuliskan “mdr” sebagai bentuk tertawa, yang merupakan singkatan dari Mort De Rire atau tertawa sampai mati. Tidak kalah unik, orang Thailand justru menggunakan “55555” untuk menunjukan tertawa, sebab dalam bahasa Thailand angka 5 berarti ha, maka jika angka lima berderetan bermakna “Hahahaha”. Sedangkan di Amerika, banyak yang menggunakan kata  LOL ( Laughing Out Loud) untuk menunjukan tertawa.

Wkwkwk Land sebagai Identitas bangsa Indonesia?

Jika selama ini Indonesia di kenal di masyarakat dunia dengan keindahan pantai di Bali nya, keunikan ragam budayanya, keramah tamahan masyarakatnya, atau kekayaan alam dan flora dan faunanya yang membuat para warga mancanegara kagum kagum dengan Indonesia. Namun kini ada hal baru yang menjadi identik dengan Indonesia di mata warga dunia, yaitu Wkwkwkwk Land.

Bagi warga net dunia, wkwkwk identik dengan Indonesia (elshinta.com)

Wkwkwk land disebut identitas baru bagi negara Indonesia di mata netizen dunia sebab kata Wkwkwk Land memang merujuk pada Indonesia. Sama halnya dengan Om telolet om, mungkin jika kamu berada di luar negeri terus ditanya asal negara, kamu cukup bilang Om telolet om, atau wkwkwkwk Land, mereka akan tahu jika kamu berasal dari Indonesia.

553
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,