Ini Kantor Pemerintahan Indonesia yang Bisa Kamu Masuki Sebagai Tempat Wisata

Balai Kota nggak cuma untuk memerintah saja, tapi juga bisa kamu kunjungi untuk berwisata.

Saat libur panjang kebanyakan orang berbondong-bondong meninggalkan kota untuk ngadem di daerah pegunungan yang hawanya sejuk dan udaranya segar. Dalam beberapa waktu suasana kota jadi sepi.  Namun di jalur menuju destinasi wisata alam termasuk juga pantai jadi penuh sesak dengan kendaraan. Kamu yang tidak ingin terjebak macet, bisa memilih lokasi wisata yang lebih dekat namun nggak kalah menarik dari menikmati semilir angin pantai dan sejuknya udara di pegunungan. Nggak peru jauh-jauh juga nggak usah ngemall yang pastinya sudah bosan kamu lakukan.

Namun kamu bisa bertandang ke kantor pemerintahan. Loh kok kantor pemerintahan, kan nggak lagi mau ngurusin surat-surat? Kantor pemerintahan nggak hanya dibuat untuk menjalankan tugas kedinasan saja. Ada beberapa yang dibuka juga untuk tempat wisata. Kamu bisa menikmati sebuah suguhan dan bukti sejarah dari masa lalu. Selain itu kamu juga bisa mengetahui lebih dekat bagaimana para pejabat duduk di kursinya untuk mengemban amanat rakyat. Berikut ini adalah beberapa gedung milik pemerintah yang dibuka untuk umum sebagai tempat wisata.

1. Balai Kota Surabaya

Balai Kota Surabya [via www.maknews.id]
Balai Kota Surabya [via www.maknews.id]
Balai Kota Surabaya memiliki perbedaan dengan balai kota lain khususnya di Jawa. Karena lokasinya tidak bersebelahan dengan Alun-alun dan Masjid Agung.  Dulu memang rencananya pusat pemerintahan Surabaya tersebut akan didirikan di sekitar Tugu Pahlawan yang dulunya berfungsi sebagai Alun-alun. Namun karena sebab-sebab tertentu akhirnya Balai Kota Surabaya saat ini berada di kawasan Ketabang. Pada zaman Belanda, Gedung yang saat ini menjadi kantor orang nomor satu di Surabaya tersebut dikenal sebagai Staadhuis te Soerabaia dan mulai dibangun pada tahun 1923. Yang didaulat menjadi arsiteknya adalah G.C. Citroen.

Balai Kota Surabaya [via sulurliar.wordpress.com]
Balai Kota Surabaya [via sulurliar.wordpress.com]
Kemudian pembangunannya dipimpin oleh H.V. Hollandshe Beton Mij. Geduang dua lantai tersebut pertama kali dihuni pada tahun 1927. Pemerintah waktu itu sampai menghabiskan dana hingga 1000 gulden selama pembangunannya.  Balai Kota Surabaya memiliki panjang 102 m dan lebar 19 m. Awalnya bagian atap ditutupi oleh sirap. Namun ketika beberapa kali mendapatkan renovasi, atap tersebut diganti dengan bahan genteng. Tiang-tiang beton mengokohkan struktur bangunan yang dindingnya terbuat dari bata dan semen tersebut. Dari awal berdiri hingga saat ini fungsi gedung tetap sama yaitu sebagai kantor Walikota Surabaya. Karena nilai sejarahnya, tak heran jika gedung yang memiliki bunker bawah tanah tersebut telah ditetapkan sebagai salah satu cagar budaya.

2. Balai Kota Jakarta

Balai Kota Jakarta [via megapolitan.kompas.com]
Balai Kota Jakarta [via megapolitan.kompas.com]
Jakarta adalah kota yang paling sibuk di Indonesia. Kamu akan akrab dengan kemacetan di mana-mana. Namun saat liburan panjang tiba, kamu akan melihat hal yang berbeda karena banyak yang memutuskan untuk liburan di luar Jakarta. Kamu yang tidak punya rencana untuk ke luar kota, bisa bertandang ke Balai Kota yang menjadi Kantor Gubernur Jakarta. Dalam beberapa kesempatan kantor pemerintahan tersebut dibuka untuk umum. Tentunya kamu bukan hanya akan menikmati suasana Balai Kota namun juga acara-acara tertentu yang sengaja disiapkan untuk menghibur wisatawan.

Balai Kota Jakarta [via timur.jakarta.go.id]
Balai Kota Jakarta [via timur.jakarta.go.id]
Biasanya akan ada festival kuliner khas Betawi. Ada juga penampilan seni dan budaya. Kamu juga akan mendapatkan banyak informasi seputar program pemerintah. Kegiatan sosial juga nggak luput kamu nikmati contohnya saja seperti fasilitas cek kesehatan. Tentu saja kamu nggak perlu repot-repot menyediakan uang karena Balai Kota dibuka secara gratis tanpa mematok biaya apapun. Kamu bisa menggunakan bus trans Jakarta atau menumpang bus wisata untuk sampai di Balai Kota Surabaya.

Itulah sebagian dari Kantor pemerintahan yang dibuka sebagai tempat wisata. Selain itu Istana Merdeka sebagai tempat dinas Presiden jika dibuka untuk umum. Masih ada juga Istana Bogor yang terkenal dengan kebun rayanya juga wajib kamu kunjungi. Pembukaan kantor pemerintahan sebagai tempat wisata juga bisa  sebagai simbol kedekatan antara rakyat dan pemerintah.

Written by Titasya Anugraheni

Titasya Anugraheni

She's busy with her life goals: living life to the fullest. a sky lover, sunrise hunter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *