Meski Kalah Dalam Pendidikan, Wanita Jaman Dulu Terbukti Lebih Terhormat Daripada Wanita Jaman Sekarang

Lupakan tentang perbedaan teknologi dan peradaban, ini tentang kodrat menjadi seorang wanita

Ada perbedaan besar jika kamu mulai membandingkan wanita jaman dahulu dengan wanita jaman sekarang. Lupakan dulu masalah teknologi, ini perbedaan besar tentang peran dan juga tugas seorang wanita pada umumnya. Wanita memang memiliki peran penting dalam kehidupan, selain sebagai pendamping pria, wanita juga bertanggung jawab melahirkan keturunan keluarga dan generasi penerus bangsa.

Baca juga : Cinta dan Memberi Adalah dua Kata Sejati dalam Kamus Nurani

Wanita jaman dulu lebih terhormat (plezierku.files.wordpress.com)

Bisa dibilang, wanita jaman dulu jauh lebih tangguh dari wanita jaman sekarang. Selain karena belum adanya teknologi yang memudahkan seperti saat ini, wanita jaman dulu cenderung hidup dalam keterbelakangan. Tidak mendapatkan kebebasan bersosialisasi seperti sekarang, apalagi mendapatkan pendidikan. Sangat berbeda dengan wanita jaman sekarang, apalagi dengan adanya “emansipasi wanita” yang sudah terlalu melenceng dari yang seharusnya.

Wanita jaman dulu diharuskan tinggal dirumah

Wanita jaman dulu harus selalu tinggal di dalam rumah. Hanya kaum laki-laki yang boleh bepergian ataupun berkegiatan di luar. Wanita Nusantara jaman dulu harus selalu menjaga nama baik keluarga. Lagipula, terlalu banyak pekerjaan rumah yang mesti diselesaikan. Karena selalu tinggal dirumah inilah yang kemudian kehormatan wanita sangat terjaga.

Wanita jaman dulu diharuskan tinggal dirumah (idntimes.com)

Sangat berbeda dengan jaman sekarang, dimana wanita bebas pergi kemanapun bersama siapapun. Bahkan bagi wanita yang sudah menikah, pergi bersama pria selain suami tak ada masalah.

Wanita jaman dulu sangat menguasai dapur

Keahlian wnaita jaman dulu di dapur memang sudah tak diragukan lagi. Mereka sangat menguasai dapur dan memahami setiap detailnya. Misalnya tentang bumbu dapur dan masakan maupun peralatan yang digunakan. Mereka paham benar tentang resep masakan, bahkan secara turun-temurun.

Menguasai dapur (bridetheory.blogspot.com)

Berbeda dengan wanita jaman sekarang yang lebih memilih membeli makanan di luar daripada masak sendiri di rumah. Keahlian masak seakan hanya pelengkap, bukan sebagai kewajiban. Wanita jaman sekarang jarang berada di dapur dan lebih mengandalkan asisten rumah tangga.

Mengurus suami dan anak harus ditangani langsung

Terutama bagi yang sudah menikah, kewajiban utamanya adalah mengurus suami dan juga anak-anak. Mengusahakan agar mereka selalu sehat dengan makanan yang dimasak sendiri. Mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh suami dan anak. Wanita jaman dulu benar-benar menjadi seorang ibu rumah tangga sejati yang siap sedia melayani keluarga.

Mengurus suami dan anak harus ditangani langsung (inovasee.com)

Sementara wanita jaman sekarang, hanya sebagian saja yang masih mempertahankan kebiasaan ini. Rata-rata memilih bekerja membantu ekonomi keluarga dan mengandalkan asisten rumah tangga untuk mengurus anak dan rumah.

Wanita menurut pada suami, dan itu wajib hukumnya!

Iya, wanita jaman dulu sangat patuh dan taat pada suami. Entah itu salah atau benar, mereka hanya akan menuruti apa kata suami. Dan ini wajib hukumnya, karena bagaimanapun suami adalah panutan. Tak ada diskusi tak ada kompromi, semua yang dikatakan suami adalah kebenaran yang harus diikuti.

Wanita menurut pada suami, dan itu wajib hukumnya (pinimg.com)

Sangat berbeda, wanita sekarang memiliki kesempatan untuk mengutarakan pendapat. Mereka akan menolak permintaan suami jika tidak sesuai dengan kata hati. Tak jarang bahkan ada yang membantah dan membangkang.

Wanita jaman dulu tak diperbolehkan mencampuri urusan suami

Wanita jaman sekarang memiliki kesempatan yang luas untuk berbagi pikiran dengan suami. Mengungkapkan pendapat hingga ketidaksetujuan tentang suatu masalah, meskipun itu menjadi urusan suami. Bahkan dalam beberapa kasus, wanita justru mendominasi dan mengambil alih peran suami.

Wanita jaman dulu tak diperbolehkan mencampuri urusan suami (staff.science.uu.nl)

Tak bisa dilakukan oleh wanita jaman dulu, mereka hanya boleh sepakat dengan perkataan suami. Mereka memilih diam meskipun tau kesulitan yang sedang dihadapi oleh suami. Karena bagi orang jaman dulu, wanita hanya bertugas di dapur dan mengurus keperluan suami dan anak.

Wanita, di jaman manapun dia hidup, sudah selayaknya dihargai dan dihormati. Jangan sampai perkembangan teknologi dan kemajuan peradaban menghilangkan jati diri sebagai seorang wanita sesungguhnya.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

“You can if you think you can”

Orang Tua Kejam, Hanya Gara-gara Sekotak Susu Tangan Anak Ini Digantung Orang Tua Angkatnya

Mengenal Jessica Method, Kekuatan Alam Bawah Sadar Untuk Memunculkan Asisten Pribadi Dalam Diri Secara Nyata