Nikah Boleh Kapan Saja, Tapi Ini Waktu yang Paling Tepat untuk Punya Anak

Kok jadi kepo gini sih…

385
SHARES

Bagi kamu yang sudah menikah, pasti pernah bertanya seperti ini minimal sekali seumur hidup, “kapan sih waktu yang tepat untuk punya anak itu?” Kalau sampai saat ini kamu masih belum tahu jawabannya, silahkan lanjutkan membaca agar kamu paham kapan waktu yang tepat untuk memiliki anak dan mulai membangun sebuah keluarga yang sempurna.


Kapan sih waktu yang tepat untuk memiliki anak itu? | pexels.com

Memiliki anak di usia 20-an

Usia 20-an sering dianggap sebagai waktu yang tepat untuk memiliki anak karena alasan kesehatan dan mental. Namun, memiliki anak di rentang usia ini juga sering berbenturan dengan urusan finansial, karena ada banyak pasangan usia 20-an yang belum mempunyai keuangan stabil sehingga memaksa mereka menghabiskan hampir semua tabungan untuk belanja kebutuhan anak.

Kesehatan dan mental menjadi kelebihan jika ingin memiliki anak di usia 20-an. | kompas.com

Memiliki anak di usia 30an

Namun begitu, usia 30-an pun dianggap sebagai waktu yang tepat untuk memiliki buah hati. Alasannya, karena kondisi finansial biasanya sudah mulai stabil. Di rentang usia ini seseorang biasanya sudah menempati posisi yang baik dalam pekerjaan, sehingga dianggap siap untuk memenuhi kebutuhan anak.

Orang tua dengan usia 30-an cenderung mempunyai finansial yang stabil. | parentingclub.co.id

Masalahnya, 22% wanita mempunyai masalah infertilitas (tidak subur) di usia 30-an, terutama 35 tahun ke atas. Sehingga, dibutuhkan pengobatan dengan biaya yang tidak sedikit untuk mengatasi masalah itu.

Hal-hal lain yang harus dipertimbangkan

Yang perlu dicatat, pasangan yang memiliki anak di usia 20-an akan cenderung kesulitan menabung untuk keperluan biaya pendidikan anak. Ini berbeda dengan pasangan 30-an yang karena penghasilannya cenderung stabil, maka biaya pendidikan anak bukanlah masalah yang memberatkan.

Meski begitu, biasanya orang tua dengan usia 30-an sedang sibuk-sibuknya berjuang mencapai puncak karier. Akibatnya, mau tak mau mereka harus mengeluarkan biaya lebih untuk menyewa jasa pengasuh anak.

Pengasuh anak, salah satu hal yang membedakan kebutuhan pasangan yang memiliki anak di usia 20-an dan 30-an. | japantimes.co.jp

Sedangkan pasangan yang memiliki anak di usia 20-an berbeda. Meskipun tidak memiliki uang lebih untuk biaya pendidikan anak, namun mereka masih punya orang tua yang siap membantu merawat anak selama bekerja. Selain itu, jam kerja mereka juga tidak terlalu padat sehingga bisa lebih sering mengasuh anak dan tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk menyewa jasa pengasuh anak.

Maka, dengan analisa di atas, sebenarnya tidak ada usia yang paling tepat untuk memiliki anak. Yang terpenting adalah, kamu harus berani mengambil langkah dan mempersiapkan hati, pikiran, dan finansial bersama pasangan.

385
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."