Nggak Melulu Berakhir Bahagia, Ini Versi Cerita Cinderella dari Seluruh Belahan Dunia

Bukti nyata kalau dongeng nggak selalu berakhir bahagia

Cerita Cinderella tentu sudah tak asing lagi bagimu. Berkisah tentang seorang gadis baik hati yang diperlakukan tidak adil oleh ibu tirinya hingga kemudian bisa bertemu dan menikah dengan Pangeran berkat ibu peri dan sepatu kaca. Dongeng ini sudah turun temurun diceritakan, bahkan sering dibuat film. Baik itu film kartun hingga remake dengan alur yang sedikit diubah.

Cerita Cinderella dari berbagai negara (feministing.com)

Namun pada dasarnya, semua cerita Cinderella ini memiliki konsep yang sama yaitu kebaikan melawan kejahatan. Ternyata nggak cuma Cinderella aja yang punya konseo ini. Ada berbagai versi cerita Cinderella yang ditemukan di berbagai negara. Bahkan ada yang mengerikan!

Ye Xian dari China

Kisah ini menjadi versi Cinderella yang paling tua karena pertama dicetak pada abad ke-9 dalam kompilasi legenda dan dongeng dari Youyang. Bedanya dengan Cinderella, Ye Xian hanya memiliki satu saudara tiri. Yang membantu Ye Xian juga bukanlah ibu peri, melainkan seekor ikan yang cantik dengan mata dan sisik emas.

Ye Xian dari China (kidfantastic.net)

Namun akhirnya ikan ini dimasak oleh ibu dan saudari tirinya. Meski begitu, tulang ikan ini memiliki keajaiban yang bisa mengabulkan permintaan. Kemudian Ye Xian meminta gaun cantik untuk pergi ke festival tahunan. Jika dalam Cinderella sepatu kaca yang mempersatukannya dengan Pangeran, maka Ye Xian dipertemukan karena sepatu emas.

Dalam berbagai versi menyebutkan bahwa raja kemudian menjadi serakah karena tulang ikan milik Ye Xian dan menyalahgunakannya. Ye Xian akhirnya mengubur tulang tersebut dengan banyak emas di tepi laut. Raja dan pasukan mencoba mencari namun tak berhasil menemukannya.

Tam dan Cam dari Vietnam

Vietnam juga memiliki versi cerita dari Cinderella yang berjudul Tam dan Cam. Tam adalah gadis baik hati sementara Cam adalah saudara tiri yang jahat. Tam mengalami banyak siksaan oleh Cam dan ibu tirinya hingga suatu hari dia dapat lolos karena bantuan Budha dan pelindungnya. Tam kemudian menikah dengan Pangeran. Namun cerita belum berakhir.

Tam dan Cam (vanhay.biz)

Saat Tam pulang untuk menghadiri ulang tahun ayahnya, Tam terbunuh oleh ibu tirinya. Kemudian Cam menikahi raja untuk menggantikan Tam. Namun Tam bereinkarnasi menjadi berbagai bentuk hingga akhirnya bisa kembali menjadi manusia.

Singkat cerita, Tam memberitahu rahasia kecantikannya kepada Cam yaitu dengan mandi air mendidih. Cam melakukan saran Tam namun dia justru terebus hidup-hidup. Kemudian tubuh Cam dipotong-potong hingga jadi makanan dan dikirim kepada ibunya. Setelah makanan tersebut habis, ibu tiri baru sadar bahwa dia memakan daging anaknya sendiri dan kemudian meninggal saking terkejutnya.

Rushen Coatie dari Skotlandia

Dalam cerita ini, terdapat 4 tokoh jahat yaitu ibu tiri dan tiga saudara tiri. Sementara sosok peri digantikan oleh anak sapi berwarna merah yang membantu Rushen dalam kesulitan. Ditambah, pertemuan dengan Pangeran tak hanya terjadi sekali, namun terjadi hingga tiga kali.

Rushen Coatie (upload.wikimedia.org)

Saat pertemuan ketiga inilah Pangeran memasang penjaga untuk menghentikan Rushen agar tidak lari. Namun Rushen justru melompati mereka hingga sepatu kacanya lepas dan tertinggal. Sama seperti Cinderella, Pangeran menggunakan sepatu itu untuk menemukan kembali Rushen. Bahkan saudara tiri Rushen rela memotong sebagian kakinya agar muat dengan sepatu. Tapi pangeran mengetahui hal terebut hingga akhirnya berhasil menikah dengan Rushen.

Pohon Birch yang menakjubkan dari Finlandia dan Rusia

Versi ini memiliki kisah yang mengenaskan sejak awal hingga akhir. Dalam dongeng ini ibu tiri adalah seorang penyihir yang menyamar setelah sebelumnya berhasil mengubah seorang wanita menjadi domba dan menyuruh suami wanita tersebut untuk membunuh domba yang sebenarnya adalah istrinya. Si penyihir kemudian menyamar sebagai wnaita tersebut dan tinggal bersama keluarganya.

Ilustrasi Pohon Birch yang Menakjubkan dari Finlandia dan Rusia (plantiebee.com)

Penyihir tersebut berhasil punya anak sendiri dan menyiksa anak dari wanita yang berubah jadi domba. Namun sang anak mendapat bantuan dari pohon birch yang tumbuh dari tulang domba yang disembelih. Si anak kemudian bertemu pangeran beberapa kali. Dalam setiap pertemuan, pangeran mengumpulkan barang-barangnya seperti gelang, cincin dan sepatu. Barang-barang ini kemudian digunakan untuk mencari si pemiliknya.

Singkat cerita, si putri disihir hingga akhirnya meninggal. Kemudian sang Pangeran menjebak penyihir dan anaknya hingga akhirnya terbakar di dalam bak mandi yang sudah disiapkan. Dalam cerita ini baik tokoh baik maupun jahat semuanya meninggal hingga tak ada happy ending.

Nah itulah beberapa versi Cinderella dari berbagai negara. Terbukti bahwa setiap dongeng belum tentu berakhir bahagia. Beda banget kan sama dongeng Cinderella yang sudah diubah sedemikian rupa.

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Jus Buah dan 3 Minuman Lain yang Sangat Membahayakan Perempuan

Bingung Disuruh Bikin Puisi, Siswa Ini Bikin Puisi ‘Bingung’ yang Justru Dapat Nilai A!