Venustrapobhia, Penyakit yang Bisa Bikin Cowok Jomblo Menahun

Kalau ditanya “Kenapa masih jomblo?”, jawab aja kamu terkena venustrapobhia~

Kamu, cowok yang hingga kini betah menyandang status jomblo, masih mau bertahan berapa lama lagi? Banyak yang mengatakan bahwa jomblo itu nasib. Nasib karena kurang menarik, kurang peka hingga kurangnya kemampuan menggaet para wanita. Tapi ternyata, status jomblo yang kamu sandang selama bertahun-tahun tersebut bisa juga disebabkan oleh penyakit lho.

Penyakit yang bisa bikin cowok jomblo menahun (buzzfyre.com)

Namanya venustrapobhia. Fobia merupakan ketakutan yang tidak rasional terhadap suatu obyek situasi atau aktivitas yang spesifik. Nah, venustrapobhia (disebut juga caligynephobia) ini bisa kamu artikan sebagai ketakutan berlebihan terhadap perempuan cantik.

Iya, disaat banyak cowok yang ingin memiliki kekasih seorang wanita cantik, penderita venustrapobhia justru kebalikannya. Jangankan pacaran sama cewek cantik, melihat dan berdekatan saja sudah bikin keringat dingin.

Penyebab dan gejala yang ditimbulkan

Venustrapobhia tidak muncul begitu saja pada penderitanya. Menurut psikolog ada beberapa penyebab yaitu kurangnya rasa percaya diri, rasa rendah diri yang sangat berlebihan, perasaan takut ditolak, takut tidak diterima, dan ketakutan akan gagalnya menjalin hubungan. Venustrapobhia ini bisa bermula dari kejadian atau pengalaman buruk yang berkaitan dengan wanita cantik, hingga menyebabkan trauma psikologis penderitanya.

Gejala dan penyebabnya (iacpublishinglabs.com)

Penderita venustrapobhia ini sama sekali tak bisa berada dekat dengan wanita cantik. Ketika ada yang mendekati maka tubuhnya akan gemetar, keluar keringat dingin, dan napas yang tidak teratur seperti sesak napas.

Penderitanya cenderung kalangan menengah ke atas

Kalau kamu menderita fobia ini, tenanglah karena kamu bukan satu-satunya. Menurut sebuah penelitian, diperkirakan sebanyak 0,47 persen pria di Inggris dan sebanyak 0,61 persen pria di Amerika mengalami venustrapobhia. Jumlah ini tentu masih bisa meningkat mengingat fobia ini tak banyak disadari.

Penderitanya kalangan menengah ke atas (suicideinfo.ca)

Hasil penelitian ini juga mengungkapkan, penderita venustrapobhia kebanyakan berasal dari kalangan menengah ke atas. Gejala dan juga penyebabnya sama seperti yang dijelaskan pada poin di atas. Rasa rendah diri dan rasa tidak percaya diri yang berlebihan kemudian terakumulasi dan menjadi sebuah fobia.

Venustrapobhia bisa disembuhkan

Jangan khawatir, karena semua penyakit pasti bisa disembuhkan termasuk fobia ini. Ada beberapa metode yang disarankan untuk menyembuhkannya. Mulai dari hipnoterapi, neuro-linguistic programming, hingga energy psychology. Seperti komputer, program hipnoterapi digunakan untuk memprogram ulang alam bawah sadar dengan bantuan terapis atau psikolog sebagai mediator.

Bisa disembuhkan (cloudfront.net)

Sementara neuro-linguistic programming menggunakan kekuatan imajinasi untuk memprogram ulang rasa takut penderita. Sedangkan energy psychology merupakan terapi pemulihan yang menggabungkan berbagai macam bentuk pemulihan terhadap fobia.

Selain cara di atas, masih ada beberapa cara yaitu menggunakan obat antidepresan dan terapi bicara atau cognitive behaviour therapy. Dengan banyak cara tersebut, rasa takut penderita bisa ditekan seminim mungkin hingga akhirnya hilang secara perlahan.

Jika hingga kini kamu masih saja jomblo, coba deh cek diri sendiri apakah kamu mengalami venustrapobhia atau memang karena nasibmu yang “kurang mampu” mendapatkan wanita.

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Kamu, Jangan Pernah Mencintaiku Jika Hanya Ingin Mencurigaiku

Cokelat Tempe: Oleh-oleh Unik dari Malang yang Paling Diburu Wisatawan