5 Urutan Menu Paling Benar untuk Buka Puasa. Kamu Salah di Nomor Berapa?

Haha.. nomor satu aja langsung salah

134
SHARES

Hayo.. pasti kamu akan langsung minum banyak dan meraih piring penuh nasi dan lauk begitu adzan Maghrib berkumandang, kan? Awas lho, kebiasaan langsung makan berat setelah berjam-jam puasa seperti itu hanya akan membuat sistem pencernaanmu kaget hingga mengakibatkan sakit perut.

Awas, berbuka puasa dengan makanan berat seperti ini bisa mengganggu sistem pencernaanmu | foody.id

Maka dari itu, mulai sekarang biasakan untuk meredam nafsu makan yang menggebu itu, untuk kemudian patuhi urutan menu buka puasa yang tepat dan sehat berikut ini agar kamu bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik sekaligus mendapatkan nutrisi optimal.

Air putih dan kurma

Begitu adzan Magrib berkumandang, segera berbuka dengan meminum segelas air putih dan 1-2 butir buah kurma. Gula alami, serat, potasium, dan magnesium yang terkandung dalam setiap butir kurma akan mengembalikan energi tubuhmu dalam waktu singkat.

Kurma mengandung gula alami, serat, potasium, dan magnesium yang baik untuk mengembalikan energi tubuh | sedanghangat.com

Sup sayuran

Sup atau makanan berkuah lain mampu memberikan suplai cairan bagi tubuh agar kamu tidak dehidrasi, sementara sayuran akan memasok vitamin dan serat. Agar lebih maksimal, sebaiknya gunakan kuah dari kaldu tulang yang bergizi dan dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Sup sayuran mampu menyuplai cairan bagi tubuh agar terhindar dari dehidrasi | resepdanmasakan.com

Salad atau menu lain berbasis sayuran

Kapasitas perut secara otomatis akan mengecil setelah belasan jam berpuasa, sehingga wajar kalau kamu sudah merasa kenyang meski baru makan kurma dan sup saja. Namun jangan berhenti makan karena tubuh masih membutuhkan nutrisi. Silahkan shalat Maghrib dulu untuk memberi waktu bagi perut untuk istirahat.

Makanlah salad agar kebutuhan akan vitamin tetap terpenuhi | ilmci.com

Setelah itu, makanlah salad atau menu sayuran seperti brokoli, bayam, sawi, dan sebagainya sebelum ke menu utama. Ini penting agar kebutuhan tubuh akan vitamin, mineral, dan serat tetap tetap terpenuhi.

Menu utama

Menu utama harus terdri dari (sebagian besar) protein dan sayuran serta (sebagian kecil) nasi. Setelah selesai makan, biasanya sudah masuk waktu Isya’. Nah, manfaatkan waktu salat Tarawih yang cukup panjang untuk membiarkan perut mencerna makanan.

Ingat, perbanyak porsi protein dan sayuran daripada nasi | rinatrilestari.wordpress.com

Camilan sehat

Satu atau dua jam sebelum tidur, kembali isi perutmu dengan makanan ringan yang penuh serat, protein, dan gula alami, seperti granola dengan sedikit almond milk atau kacang-kacangan dengan buah kering.

Grano adalah conroh camilan sehat yang direkomendasikan saat bulan puasa | latheseasonedmom.com

Jangan lupa untuk selalu minum air putih di setiap tahapan di atas agar tubuhmu senantiasa terhidrasi.

134
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."