Unik! Tiga Fenomena Bulan Langka Akan Terjadi di Malam 31 Januari

Jangan sampai ketinggalan kejadian yang baru ada sejak 150 tahun yang lalu..

Malam tanggal 31 Januari merupakan salah satu malam yang paling ditunggu-tunggu oleh para pecinta astronomi. Pasalnya, di malam penghujung bulan Januari itu, akan terjadi fenomena bulan langka yang terjadi 3 fenomena sekaligus. Apa sajakah 3 fenomena bulan langka yang akan terjadi di malam 31 Januari 2018 tersebut?

Baca juga : Sayang Untuk Dilewatkan, Inilah 7 Fenomena Alam di Tahun 2017 yang Tergolong Langka

fenomena bulan 31 Januari (brilio.net)

1. Terjadi fenomena supermoon

Sebenarnya fenomena supermoon tidak hanya terjadi pada tanggal 31 Januari nanti. Sebelumnya, pada tanggal 3 Desember 2017 dan 2 Januari 2018, supermoon juga sempat menyapa bumi. Jarak yang begitu berdekatan saat terjadinya supermoon inilah kemudian yang membuat para pecinta astronomi menyebutnya sebagai trilogi supermoon.

Supermoon terjadi dimana bulan berada di titik terdekat dengan bumi (inews.id)

Supermoon sendiri merupakan fenomena dimana posisi bulan berada pada titik paling dekat dengan bumi. Hal ini kemudian menjadikan penampakan bulan lebih besar dan lebih dekat. Supermoon hampir sama dengan bulan purnama, namun ukuran bulan pada supermoon terlihat lebih besar daripada saat bulan purnama.

2. Terjadinya blue moon

Fenomena bulan selanjutnya yang akan terjadi pada malam 31 Januari nanti ialah blue moon. Blue moon sendiri merupakan fenomena langka yang terjadi pada setiap 2,5 tahun sekali. Tapi bukan bermakna bulan biru, blue moon nyatanya bermakna terjadinya supermoon yang saling berdekatan dalam satu bulan. Yakni pada tanggal 2 Januari dan 31 Januari 2018.

Blue moon terjadi saat adanya supermoon kedua kali dalam satu bulan (aquariuschannelings.files.wordpress.com)

Karena terjadinya saling berdekatan, maka supermoon yang terjadi lebih menarik dibandingkan dengan supermoon tunggal. Selain itu, biasanya bulan akan jauh terlihat lebih besar dibandingkan dengan bulan purnama.

3. Terjadinya gerhana bulan total

Yang membuat istimewa pada fenomena bulan tanggal 31 Januari nanti ialah kehadiran gerhana bulan total. Setelah bulan nampak cantik dan begitu besar, bulan akan hilang total setelah gerhana menutupi wujudnya.

Proses terjadinya gerhana bulan total (idntimes.com)

Posisi bulan pada tanggal 31 Januari berada tepat di titik terdekat dengan bumi dan posisi bumi berada antara matahari dan bulan. Sehingga pada posisi tersebut, bumi menghalangi pantulan cahaya matahari ke bulan, sehingga terjadilah gerhana.

Pada gerhana bulan total nanti, bulan sebelumnya akan berwarna merah. Hal tersebut disebabkan cahaya bulan yang sedang terang-terangnya ditutupi dengan gerhana. Puncak gerhana diprediksi akan terjadi pada pukul  20.51 WIB, dan fenomena tersebut bisa disaksikan dari seluruh wilayah Indonesia.

Gerhana bulan total (dglobe.com)

Kejadian 3 fenomena bulan sekaligus dalam satu malam merupakan fenomena langka dan belum pernah terjadi selama 150 tahun. Jadi, jangan sampai ketinggalan dengan fenomena alam yang langka ini yah guys.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

Wanita Memang Pantas Jadi Pemimpin. Tapi, Begini Caranya

4 Kalimat Ini Haram Kamu Ucapkan Kepada Teman yang Hendak Menikah. Bahaya!