Bukan Belanda, Tapi Turki yang Seharusnya Berjuluk Negara Bunga Tulip

Jadi jangan heran kalau ke Turki dan menemukan aneka motif dan ikon Tulip di tiap sudut kota

Setiap negara pasti mempunyai ikon khusus yang menjadi ciri khasnya. Bisa flora, fauna, maupun hal lainnya. Misalkan saja Jepang yang diidentikkan dengan bunga Sakura, atau Perancis dengan menara Eiffel-nya.

Salah satu negara yang juga dikenal punya ikon spesial adalah Belanda. Tak hanya kincir angin, Belanda juga terkenal karena bunga Tulip. Tapi tahukah kamu kalau bukan Belanda yang seharusnya menyandang nama negara bunga Tulip?

Asal muasal Tulip

Meski terlihat indah, awal mulanya Tulip hanya dianggap sebagai tanaman liar. Tanaman ini semula banyak ditemui di Anatolia, Turki dan sebagian Asia Tengah. Nama Tulip diambil dari bahasa Turki yang berarti tulban atau turban, kain penutup kepala yang penggunaannya dengan cara dililitkan hingga membulat seperti wujud bunga Tulip.

Tulip berasal dari bahasa Turki yang berarti turban, penutup kepala yang seperti ada pada gambar ini – amazonaws.com

Kekaisaran Turki Ottoman (1453-1922) lantas mencoba untuk membudidayakannya, terutama pada masa pemerintahan Sultan Ahmed III (1673-1736). Mereka bahkan memiliki pejabat khusus yang bertugas untuk menilai mutu aneka jenis Tulip yang dibudidayakan, serta memberikan nama-nama indah untukTulip-Tulip tersebut seperti: “Those that burn the heart”, “Matchless Pearl”, “Rose of colored Glass”, “Increaser of Joy”, “Big Scarlet”, “Star of Felicity”, “Diamond Envy”, dan “Light of the Mind”. Tak heran jika masa pemerintahan Sultan Ahmed III lantas disebut sebagai Era Bunga Tulip.

Lambang perjuangan di Hungaria

Sejarah mencatat, kekaisaran Turki Ottoman pernah melebarkan kekuasaan hingga tanah Eropa, yakni di Hungaria, tepatnya pada abad ke-16. Meski hanya berhasil menguasai sebagian wilayah Hungaria (sebagian lagi dikuasai oleh Austria), namun Turki sempat menyebarkan pengaruhnya di sana, termasuk dengan memperkenalkan bunga Tulip di Hungaria.

Di Hungaria, kita bisa menjumpai aneka kerajinan dan lukisan yang bertemakan Tulip, salah satunya peti bergambar Tulip ini – pinterest.com

Di kemudian hari, peran Tulip di Hungaria bahkan lebih besar lagi. Bunga ini menjadi perlambang bagi perjuangan rakyat Hungaria untuk memerdekakan diri dari penjajahan Austria yang telah berhasil menguasai Hungaria sepenuhnya paska mengusir Turki dari bumi Hungaria di akhir abad ke-17. Itulah sebabnya kita bisa menjumpai aneka karya lukis dan seni lainnya yang bertemakan bunga Tulip.

Dibawa ke Belanda

Karena Austria pernah menguasai Hungaria, maka tak heran jika Tulip pun dikenal di Austria. Saat itu, banyak orang Austria yang mencoba untuk menanam Tulip dan membudidayakannya. Takdir lah yang kemudian membawa Tulip masuk ke Belanda. Pada tahun 1654, Carolus Clusius yang merupakan ahli Botani dari Universitas Leiden, Belanda, mendapatkan bibit Tulip dari kerabatnya di Austria.

Aneka warna Tulip bisa dengan mudah kita jumpai di perkebunan Tulip di Belanda – holland.com

Ia pun lantas menanam bibit tersebut di kebunnya, sekaligus menjadi orang pertama yang memperkenalkan Tulip di Belanda. Pada akhirnya, Tulip mulai digemari oleh orang-orang Belanda hingga kebun-kebun Tulip pun dibangun. Salah satu yang terkenal adalah Keukenhof yang mempunyai luas 32 hektar dan ditumbuhi lebih dari 300 jenis Tulip. Masa mekar Tulip berlangsung sekitar bulan April hingga Mei dan bisa mencapai 4,5 juta bunga di saat masa puncak kemekarannya.

Belanda kini dikenal sebagai negara Tulip karena memang total dalam mengembangkan bunga asli Turki dan Asia Tengah ini – f9view.com

Untuk mendukung kebanggaan orang Belanda pada bunga Tulip, dibuatlah pula aneka parade bunga untuk mempromosikan Tulip. Parade The Bollenstreek adalah salah satunya, dimana parade ini menjadi parade bunga pertama sekaligus yang terbesar di Belanda. The Bollenstreek berlangsung setiap tahun di akhir bulan April dan telah dihelat sejak 50 tahun lalu.

Penampakan Tulip di Turki – yasmakhotels.com

Meski kini banyak orang menganggap Belanda lah negara asal muasal Tulip, namun Turki pun tak mau kalah gencar untuk mempromosikan bunga ini sebagai ikon negaranya. Oleh sebab itu kita akan dengan mudah menjumpai gambar bunga Tulip di tiap sudut kota Turki, mulai dari bus pariwisata hingga ruangan harem di bangunan-bangunan peninggalan kekaisaran Ottoman. Bahkan kita juga bisa menghadiri The Istanbul Tulip Festival yang digelar setiap bulan April.

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Dari Sekian Tipe Pengendara Motor Ketika di Lampu Merah Ini, Kamu Termasuk yang Mana?

Jika Tahu Proses Pembuatan Saus Seperti Ini, Yakin Masih Mau Makan Saus Merk Sembarangan?