Dibalik Bentuknya yang Bikin Mata Panas, Tulisan Jelek Justru Nunjukin Kalau Kamu Cerdas

Hore tulisanku jelek!

Kalau kamu tertarik membaca artikel ini karena judul di atas, kemungkinan besar tulisanmu memang cukup jelek dan baru tahu kalau ternyata kamu itu cerdas. Dengan kata lain, meskipun mungkin kamu belum merasakan sendiri kecerdasan itu, namun kamu punya potensi besar untuk mendapatkannya.

Saat duduk di bangku sekolah dasar dulu, menulis di buku halus bergaris enam adalah hal yang wajib kamu lakukan untuk belajar menulis huruf dengan benar. Entah itu huruf cetak atau pun sambung, biasanya Bahasa Indonesia-lah yang menjadi mata pelajaran untuk melatih keterampilan itu.

Tulisan jelek tidak mempedulikan gender

Namun pada akhirnya, tidak semua orang bisa menulis dengan bagus. Ini bukan soal perbedaan gender antara cowok dan cewek. Karena nyatanya, banyak juga cowok yang tulisannya begitu ‘cantik’, dan tidak sedikit cewek yang tulisannya benar-benar ‘tidak bisa dibaca’. Bahkan oleh dia sendiri.

alluremedia.com.au

Hal ini membuktikan, tulisan jelek atau bagus itu berlaku untuk semua orang. Begitu pun dengan kecerdasan, semua orang pantas mendapatkan. Meskipun tulisannya jelek. Namun apa sebenarnya yang menyebabkan tulisan jelek itu identik dengan kecerdasan?

Kelebihan dibalik ketidakbisaan mengontrol tempo menulis

Mengapa orang bisa menulis dengan bagus? Itu karena mereka sejak kecil terbiasa memperhatikan setiap detail dari gerakan tangan saat menulis. Awalnya, mereka membutuhkan waktu yang lama untuk menulis beberapa kata saja. Hingga akhirnya terbiasa.

wikihow.com

Bahkan sampai dewasa pun, mereka yang tulisannya bagus masih tetap fokus memperhatikan alur coretan saat menulis. Ini kebiasaan bagus, namun mempunyai kelemahan. Otak mereka jadi terbiasa berpikir lambat karena terlalu memperhatikan detail-detail, termasuk bentuk tulisan.

Kamu yang tulisannya jelek berbeda. Kamu benar-benar kesulitan mengontrol tempo saat menulis hingga berakibat pada bentuk tulisan yang tidak karuan. Benar?

vaare.com

Namun jangan salah, karena justru inilah ciri utama dari orang-orang yang berpikiran cerdas. Mereka, nyaris tidak bisa mengontrol tempo saat menulis karena otak bekerja dengan sangat cepat. Mereka berpikir cepat, sehingga enggan mempedulikan tulisan yang tidak enak dibaca.

Peluang 50:50

Tulisan jelek memang menjadi salah satu indikasi dari orang cerdas. Namun tidak semua orang cerdas mempunyai tulisan jelek. Apa artinya? Peluangmu untuk menjadi cerdas atau bodoh itu tetap ada, dan seimbang. Namun setidaknya, kamu sudah mempunyai peluang.

dream.co.id

Jadi, jangan pernah berhenti belajar hanya karena fakta bahwa tulisan jelek itu tanda cerdas. Sejelek apapun tulisanmu, kamu harus berusaha menjadi orang cerdas.

Begitu…

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *