Tak Hanya Wajah, Oplas Pusar Kini Juga Sudah Sangat Mewabah

Memangnya, bentuk pusar seperti apa sih yang ideal itu? Yang bodong kah?

Jika operasi plastik di bagian wajah sudah terlalu mainstream, kini muncul tren baru di dunia ‘tambal-sulam’ tubuh itu. Adalah oplas pusar demi estetika perut yang lebih baik yang sedang marak diperbincangkan, sekaligus jadi idaman banyak wanita.

Demi estetika perut yang baik, kini oplas pusar semakin marak dilakukan. | urbo.com

Bagi kaum Hawa yang menginginkan operasi plastik jenis baru ini, menilai bahwa pusar adalah fitur kosmetik yang sangat penting dari perut. Dan mereka, biasanya akan melakukan operasi pada musim panas, saat dimana mengenakan pakaian renang di pantai jauh lebih intens.

Dua jenis operasi pusar

Secara formal, operasi pusar dikenal dengan istilah umbilicoplasty. Ada berbagai jenis metode untuk melakukannya. namun pada dasarnya hanya terbagi dua: operasi pusar karena kebutuhan medis, dan untuk tujuan  estetika.

Operasi plastik di bagian pusar biasa disebut umbilicoplasty. | shutterstock.com

Sebagian wanita menginginkan bentuk pusar yang menonjol keluar menjadi masuk ke dalam. Ada juga yang ingin mengencangkan pusar karena meregang pasca-kehamilan. Beberapa lainnya, ingin pusarnya lebih besar, dan beberapa lagi melakukannya sebagai bagian dari prosedur sedot lemak di perut.

Lebih sederhana dari oplas wajah

Maraknya oplas pusar memunculkan satu pertanyaan besar: bentuk pusar seperti apa sih yang dinilai paling ideal itu? Jawabannya, adalah pusar yang masuk ke dalam dengan bentuk vertikal sempit dan ada semacam penutup di bagian atas dianggap yang paling estetis.

Nah, untuk mendapat bentuk pusar yang seperti itu, ternyata prosedurnya cukup sederhana. Pada saat operasi berlangsung, pasien akan diberi anestesi umum. Dokter bedah kemudian membuat potongan kecil sekitar tiga sentimeter di dasar pusar, lalu mendorong benjolan lemak kembali ke abdomen perut.

Proses oplas pusar lebih mudah ketimbang operasi plastik di bagian wajah. | koreamed.org

Setelah itu, dinding perut akan diperkuat untuk mencegah hernia keluar dengan menjahit lapisan otot, atau menggunakan alat khusus. Dari awal sampai selesai, pengerjaannya memakan waktu sekitar 30 sampai 45 menit.

Pasien pun tak akan merasakan sakit yang berlebihan karena pada dasarnya operasi pusar hanya sekadar operasi kulit. Dokter bedah tidak akan bekerja sampai masuk ke dalam perut. Dan setelah dua sampai tiga minggu, pasien pun sudah bisa beraktivitas seperti bisanya.

Bagaimana, apa kamu tertarik untuk mempercantik pusarmu itu? Kalau iya, maka siapkan dana setidaknya 1.000 Dolar AS atau sekitar Rp13,5 juta.

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *