5 Keunikan Tradisi Indonesia yang Dikagumi Bule dan Bikin Mereka Bengong

Bule saja kagum dengan budaya kita, masa kita malah ngga peduli dan menganggapnya kuno?

Sebagai salah satu negara dengan banyak sekali kekayaan alam dan budaya, Indonesia menjadi salah satu destinasi wisata favorit para turis mancanegara. Banyak dari turis asing tersebut menyimpan kekaguman tersendiri setelah menginjakkan kakinya di negeri ini.

Selain alam yang indah, Indonesia juga menawarkan berbagai macam tradisi budaya yang unik dan tidak bisa ditemui di tempat lain. Banyak pula turis asing yang lantas takjub dan seolah kehabisan kata-kata saat melihat uniknya ragam tradisi budaya yang ada. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Makan dengan tangan

Lihat ekspresi bahagia Mark Wiens ketika menjajal nasi liwet dengan tangan kosong (Youtube)

Meski mungkin bukan satu-satunya negara dengan kebiasaan makan dengan tangan kosong, namun tetap saja banyak bule yang heran dan kagum dengan cara makan yang terbilang amat tradisional ini. Mark Wiens misalnya. Travel blogger kenamaan ini terlihat sangat antusias kala menjajal nikmatnya makan nasi liwet yang disajikan di atas daun pisang lengkap dengan aneka lauk-pauknya. Tentunya dengan tangan kosong, ya!

2. Momen lebaran

Hee Jae Park ketika merasakan momen Lebaran di Indonesia (Youtube)

Sebagai salah satu negara dengan penduduk mayoritas beragama Islam, tradisi lebaran tentu seakan sudah menjadi salah satu budaya khas Indonesia. Momen lebaran yang identik dengan makan opor dan ketupat; bagi-bagi angpao; serta berbagai macam lainnya ternyata menjadi sebuah pengalaman menakjubkan bagi Hee Jae Park, seorang YouTuber Korea Selatan yang juga telah beberapa kali mengunjungi Indonesia.

3. Tradisi lompat batu di Nias

Mathias menjajal pakaian adat Nias (Youtube)

Seorang vlogger Norwegia bernama Mathias Pettersen membahas sejumlah hal menarik tentang Indonesia dalam vlognya, termasuk tradisi lompat batu atau fahombo di Nias. Tak sekedar kagum dan takjub, ia bahkan tertarik mencoba sendiri untuk melakukan tradisi tersebut. Andai ia bisa~

4. Upacara pernikahan Indonesia

Prosesi upacara adat yang panjang dan runit justru jadi daya tarik bagi para bule (lukihermanto.com)

Seperti kita tahu, upacara pernikahan adat di Indonesia terbilang cukup rumit dan memakan banyak waktu karena prosesinya yang panjang. Namun siapa sangka jika menurut banyak bule, pernikahan ala Indonesia adalah sesuatu yang bisa dikategorikan sebagai “dream wedding”.

5. Lomba 17 Agustus

Bule ikut lomba makan kerupuk (Youtube)

Setiap negara pasti punya tradisinya sendiri dalam merayakan hari jadinya. Meski begitu, tradisi lomba-lomba sederhana seperti panjat pinang atau lomba makan kerupuk yang biasa kita jumpai di Indonesia tiap perayaan HUT RI ternyata mampu menarik minat para bule untuk mencoba ikut serta. Di negara mereka ngga ada sih!

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *