4 Tips Ini Akan Sangat Kamu Butuhkan Sebelum Mengajak Anak Menonton Film

Jadilah orang tua yang baik dengan selalu menyeleksi film yang akan ditonton bersama anak

Banyak film kartun dan superhero yang tidak layak dikonsumsi anak-anak. Karena itu, kita harus ekstra hati-hati dan selektif sebelum mengajak atau mengijinkan anak menonton sebuah film. Kita harus selalu waspada agar tidak sampai kecolongan dengan membiarkan anak menonton film yang seharusnya tidak layak mereka tonton.

Sangat penting bagi para orang tua untuk memastikan film yang ditonton anak 100% aman (Via pontianakpost.com).
Sangat penting bagi orang tua untuk memastikan film yang ditonton anak 100% aman (Via pontianakpost.com).

Empat tips mudah berikut ini bisa kamu praktekan untuk memastikan anak menonton film yang benar dan sesuai dengan usianya.

1. Hindari mengajak anak menonton film premiere

Tidak menjadi masalah besar ketika kita tidak menjadi penonton dari film yang sedang premiere. Film premiere adalah film yang baru dirilis dan menjadi favorit para penonton di bioskop. Kalau kita mengajak anak menonton film seperti itu, kita tidak dapat memastikan apakah film tersebut tidak berisi adegan-adegan yang tidak pantas dilihat anak-anak, entah itu adegan dewasa atau aksi brutal dan sadis.

Jangan khawatir tidak menjadi penonton pertama, ingatan anak yang tidak terkontaminasi oleh adegan-adegan film jauh lebih penting dari sebuah film premiere.

Kita tidak dapat memastikan apakah film premiere layak ditonton anak-anak atau tidak (Via sinemapreview.blogspot.com).
Kita tidak dapat memastikan apakah film ptremiere layak ditonton anak-anak atau tidak (Via sinemapreview.blogspot.com).

2. Biasakan membaca review film

Sebelum kamu memutuskan akan menonton film apa bersama anak, jangan ragu untuk membaca review-nya lebih dulu. Jangan hanya menonton thriller-nya saja, karena thriller hanya memperlihatkan cuplikan dari film tersebut untuk keperluan promosi. Sedangkan review berisi ulasan lengkap, aktor, sutradara, sampai jalan ceritanya. Dalam review, juga dijelaskan apakah film tersebut masuk kategori dewasa atau boleh ditonton semua anggota keluarga. IMDb adalah contoh situs yang menyediakan review film secara detail dan paling lengkap.

IMDb menyediakan review dari ribuan film yang bisa dijadikan patokan untuk menilai sebuah film (Via dribbble.com).
IMDb menyediakan ribuan review yang bisa dijadikan patokan untuk menilai sebuah film (Via dribbble.com).

3. Jangan mengajak anak ke bioskop sebelum memastikan film apa yang akan ditonton

Jangan sekali-kali mengajak anak ke bioskop kalau kamu belum yakin film apa yang akan ditonton. Hal ini untuk menghindari permintaan anak untuk menonton film yang belum tentu kamu tahu saat itu juga. Poster menarik sebuah film superhero dengan keterangan tayang pada hari ini, akan membuat kamu kesulitan untuk menolak permintaanya. Apalagi jika kamu memang berniat mengajak anak ke bioskop untuk menonton bersama.

Pastikan kamu menentukan akan menonton film apa sebelum pergi ke bioskop bersama anak (Via apridasilitonga.blogspot.com).
Pastikan kamu menentukan akan menonton film apa sebelum pergi ke bioskop bersama anak (Via apridasilitonga.blogspot.com).

4. Tonton dulu film yang akan diberikan pada anak

Ini adalah langkah terakhir yang bisa kamu lakukan untuk memastikan film yang akan ditonton oleh anak 100% aman. Tontonlah film-film yang akan kamu rekomendasikan kepada anak. Jika tidak ada waktu, mintalah rekomendasi dari orang-orang yang sudah pernah menonton film tersebut. Mereka pasti akan dengan senang hati menjelaskan apakah film tersebut aman atau tidak untuk menjadi tontonan anak.

Tonton sebuah film, baru kemudian barikan kepada anak (Via freedvdcover.com).
Tonton sebuah film. Kalau layak, baru barikan kepada anak (Via freedvdcover.com).

Sekarang ini, banyak cara yang bisa dilakukan anak untuk menonton film jenis apapun, apalagi kalau anak sudah beranjak dewasa. Parenting control adalah benteng yang kuat untuk menjaga anak menonton film yang tidak layak untuk mereka. Setelah anak terbiasa menonton film yang baik, mereka tidak akan mudah terpancing untuk mencoba melihat film-film yang asing di mata mereka. Jika kamu sudah mempunyai anak kecil, lakukan tips ini sekarang juga. Namun kalau belum, simpan tulisan ini sebagai pegangan di masa datang dan share kepada teman-teman terbaikmu.

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *