Tips Memilih Jurusan Kuliah, Agar Kamu Tidak Menyesal Menjadi Mahasiswa Salah Jurusan

Agar tidak menyesal setelah kuliah, ada baiknya pahami ini dulu.

Memilih jurusan kuliah bisa dibilang bukan perkara yang sepele. Sebab pemilihan jurusan inilah sedikit banyak akan menentukan kamu mau jadi apa setelah lulus kuliah nanti. Meskipun pada akhirnya kita kerja tidak harus sesuai dengan jurusan kita, namun bukanlah kita akan lebih bangga dan ilmunya juga akan lebih bermanfaat jika kita bekerja sesuai jurusan dan bidangnya?

Tips memilih jurusan kuloah (isigood.com)

Atas dasar itulah tulisan ini dibuat. Harapannya agar tidak semakin banyak mahasiswa-mahasiswa yang merasa telah tersesat di jurusan yang salah. Sebab, salah mengambil jurusan tidak hanya berpengaruh disaat kamu mencari pekerjaan, namun juga berpengaruh saat kamu sedang menjalankan perkuliahan.

Mahasiswa yang salah jurusan biasanya tidak lebih antusias mengikuti perkuliahan daripada mereka yang memang merasa cocok dan tepat dalam memilih jurusan. Langsung saja, inilah beberapa tips agar kamu tidak menjadi mahasiswa yang salah jurusan.

Kenali bakat, minat, dan passion kamu

Hal pertama saat kamu memilih jurusan kuliah, ialah kamu harus mengetahui dulu bakat, minat, dan passion kamu. Sebab, jika kamu mengambil jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat, hampir bisa dipastikan kamu bakalan merasa nyaman dan tidak akan merasa salah mengambil jurusan.

Kenali bakat dan minat kamu (youthmanual.com)

Semisal saja, kamu memiliki bakat dan minat di dunia seni, namun kamu kamu mengambil jurusan teknik mesin, tentu hal ini akan membuat kamu kurang bergairah mengikuti perkuliahan. Akibatnya, kamu pun tidak akan maksimal dalam meraih prestasi akademik di bangku kuliah.

Pahami tujuan pasca kuliah kamu akan menuju kemana?

Selain memahami bakat dan minat, tips selanjutnya agar kamu tidak merasa menjadi mahasiswa yang salah jurusan ialah dengan memahami mau jadi apa kamu kelak pasca sudah menjadi sarjana. Semisal, kamu ingin menjadi guru, tentu kamu harus mengambil jurusan pendidikan.

Sayangnya, tidak sedikit mahasiswa yang sudah masuk perkuliahan belum juga memiliki tujuan setelah kuliah. Mereka masih berpegang dengan prinsip jalani dulu apa yang ada, soal nanti mau jadi apa urusan belakangan.

Setelah kuliah ingin jadi apa? (unnes.ac.id)

Memang ini ada benarnya juga, namun jika kamu belum memiliki planning ke depan, kamu juga tidak memiliki persiapan untuk meraihnya. Akhirnya kamu menjadi pribadi yang tersesat di jalan yang tanpa kepastian.

Pahami kapasitas dan kemampuan kamu

Yang tidak kalah penting saat kamu memilih jurusan, ialah kamu harus tahu benar dengan kapasitas dan kemampuan kamu. Banyak mahasiswa yang akhirnya tidak melanjutkan perkuliahan dikarenakan ia merasa tidak mampu memahami materi yang dipelajari.

Pahami kapasitas dan kemampuan kamu (yukepo.com)

Loh, kan semua orang cerdas? Betul, semua orang memang cerdas. Namun jangan lupa, tiap orang memiliki kapasitas kecerdasan yang berbeda-beda. Disinilah pentingnya kamu memahami kapasitas dan kemampua kamu.

Semisal, jika kamu tidak terlalu cerdas, maka jangan nekat mengambil jurusan yang membutuhkan nalar berfikir yang tajam. Bukannya mengajarkan untuk tidak percaya diri, namun agar tidak menyesal bukankan lebih baik kita tahu diri?

Jangan memaksakan diri jika memang tidak mampu mengikuti materi pelajaran (titikdua.com)

Tetapi, jika kamu memiliki kemampuan berfikir yang mumpuni, kamu juga jangan takut mengambil jurusan yang memerlukan nalar berfikir tinggi. Sebab jika kamu orang cerdas dan hanya mengambil jurusan yang butuh pemikiran biasa-biasa saja. Kamu termasuk mahasiswa yang salah jurusan.

Itulah tips agar kamu tidak merasa salah jurusan saat melakukan perkuliahan. Sekali lagi, memutuskan untuk mengambil jurusan apa itu sama pentingnya dengan saat kamu memutuskan memilih pasangan. Sebab keduanya sedikit banyak akan menentukan masa depanmu.

Written by Aulawi (Aw)

Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *