Merasa Kuota Internetmu Boros? Mungkin kamu Perlu Praktekkan Tips Hemat Kuota Berikut Ini.

Dicoba yuk agar kuotamu lebih irit!!!

Kamu tentu merasa kesal jika paketan internetmu tiba-tiba habis ketika kamu sedang membutuhkan jaringan internet. Pada era internet semacam ini, kebutuhan akan jaringan internet memang sangat penting, bahkan bisa jadi hampir menyamai dengan kebutuhan pokok. Bagaimana tidak, hampir semua sendi kehidupan kita berkaitan dengan dunia internet, dari bangun tidur sampai mau tidur lagi kita selalu berhubungan dengan dunia internet, baik itu sekedar mencari hiburan, mencari informasi, maupun sebagai tuntutan pekerjaan.

Namun sayangnya, ketersediaan wifi di tempat umum di Indonesia masih sangat minim, sehingga mau tidak mau kita harus membeli sendiri paketan internet. Nah jika kamu termasuk orang yang selalu merasakan penggunaan kuota internet yang boros, mungkin kamu perlu mengikuti beberapa tips hemat kuota berikut ini.

1. Menghapus aplikasi yang kurang penting dan memakan banyak kuota

Tips yang pertama agar kuota internetmu lebih irit, yaitu dengan menghapus aplikasi yang tidak begitu penting dan memakan banyak kuota. Tanpa disadari ada beberapa aplikasi yang ternyata kita gunakan hampir setiap hari dan itu ternyata pengguna data internet paling banyak. Salah satu contoh alikasi yang memakan banyak kuota ialah aplikasi facebook. Jadi untuk mensiasati pemborosan kuota, kamu bisa menghapusnya dan lebih baik bermain facebook tidak dengan mengunduh aplikasinya, atau kamu bisa menggunakan facebook lite yang lebih ringan dalam memakan kuota.

Tips Hemat kuota
mobilepulsa.com

2. Jika kamu suka memainkan game online, mendingan beralih ke game offline

Tips hemat kuota yang kedua ialah dengan beralih menggunakan game offline. Jika selama ini kamu sering menggunakan game online, mendingan mulai sekarang beralih ke game offline agar kuotamu lebih irit. Game online merupakan salah satu aplikasi yang digadang-gadang sebagai penyedot kuota internet terbanyak setelah media sosial seperti facebook, instagram dan youtube. Untuk menanggulanginya kamu bisa beralih download game yang bersifat offline yang banyak bertebaran gratis untuk diunduh di playstor atau di app strore.

Tips Hemat Kuota
chip.co.id

3. Mengaktifkan data saver jika kamu berselancar internet dengan chrome

Buat kamu yang suka menjelajahi internet dengan menggunakan chrome, kamu bisa mengaktifkan data saver sebagai salah satu cara menghemat kuota kamu. Chrome sendiri menyediakan pengaturan tersebut agar pengguna lebih bisa hemat menggunakan paket data internetnya. Cara mengaktifkan pengaturan ini terbilang sangat mudah, yaitu dengan membuka tampilan chrome, dan pergi ke menu setting dan memilih saver data.

Tips Hemat Kuota
bsocialshine.com

Dengan mengaktifkan saver data, kuota kamu bakalan lebih hemat sampai 30%. Namun dalam menjelajah di internet kamu bakalan memuat data yang di kompresi sebelumnya, jadi untuk ukuran gambar dan situs web mengalami perubahan.

4. Lakukan pembaruan aplikasi jika terhubung dengan wifi saja

Mungkin ini yang paling menyebalkan, beberapa aplikasi membutuhkan pembaruan yang sangat sering. Tidak hanya akan menggangumu melalui notifikasi pembaruan, namun hal itu juga sangat akan menjadi pemborosan kuota internet di smartphone mu. Untuk mangatasi hal itu, kamu bisa merubah settingan pembaruan hanya melalui wifi, jadi secara otomatis aplikasi akan melakukan pembaruan jika terhubung dengan wifi, yang demikian tentu akan lebih membuat kuotamu lebih irit.

tips hemat kuota
sosialbox.com

5. Logout jika selesai menggunakan aplikasi yang memakan banyak kuota

Jika kamu enggan untuk melakukan tips hemat kouta yang pertama tadi kita bahas, kamu bisa melakukan cara lain agar kuotamu tetap irit. Jadi jika kamu sayang untuk menghapus aplikasi facebook, kamu perlu dengan logout saja jika sudah selesai menggunakan, hal ini tentu sangat membantu meminimalisir pemborosan kuota. Setidaknya selain yotube dan facebook, kamu juga tidak perlu sering-sering membuka instagram, sebab aplikasi ini juga membutuhkan kuota yang banyak untuk menjalankannya.

Tips Hemat Kuota
doyantechno.com

Itulah beberapa tips hemat kuota internet yang bisa kamu lakukan, selain kelima tips tersebut kamu juga bisa menerapkan bijak dalam menggunakan internet. Akseslah internet jika memang itu dibutuhkan saja, dengan begitu bukan saja kuota internetmu akan lebih hemat, waktumu juga tidak akan terbuang sia-sia di dunia maya.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

Pertama dan Terbesar di Asia, Museum Angkut Jadi yang Paling Ramai di Indonesia

Kamu yang Punya Kipas Angin di Kosan, 6 Fakta Ini Harus Kamu Ketahui