Dari yang Suka Bolosan Sampai yang Pilih Imam Tercepat, Inilah Tipikal Jama’ah Tarawih di Indonesia

Kamu termasuk golongan yang mana?

275
SHARES

Bulan puasa merupakan moment yang tepat untuk memperbaiki amal dan ibadah kita, inilah yang menjadi alasan utama banyak orang “berubah” menjadi alim saat bulan puasa tiba. Banyak yang kini giat menjalankan perintah agama, tidak hanya yang wajib saja namun juga yang sunahnya.

Jama’ah sholat tarawih memenuhi masjid (googleusercontent.com)

Ibadah sunah yang banyak dilakukan oleh umat Islam saat bulan puasa ialah sholat tarawih, tidak terkecuali umat Islam di Indonesia. Namun uniknya, di Indonesia bisa diklasifikasikan menjadi beberapa golongan tipikal jama’ah tarawih. Siapa saja golongan tersebut?

Tipikal jama’ah sambil berenang minum air, sambil ibadah cari gebetan

Tarawih sambil cari gebetan (cintasejati.co.id)

Tidak dipungkiri, saat bulan puasa tiba banyak muda-mudi yang mendadak gemar mengunjungi mushola atau masjid, baik untuk sholat maupun ngaji. Namun sayangnya, di moment yang indah tersebut, banyak oknum anak muda yang memanfaatkannya guna mencari gebetan, mejeng, atau curi-curi pandangan kepada lawan jenis. Kamu gak termasuk golongan ini kan?

Jama’ah tarawih tipikal “pelana kuda”

Ada lagi jama’ah tarawih model “pelana kuda”. Lalu siapa sih yang masuk ke kelompok ini? Golongan jama’ah tarawih model ini ialah yang semangat mengerjakan tarawih di hari-hari pertama bulan puasa.

Biasanya jama’ah tarawih akan mulai berkurang setelah beberapa hari berpuasa (alhadiidftub.files.wordpress.com)

Namun sayangnya kemudian setelah beberapa hari berjalan, dia mulai males-malesan ikut sholat tarawih. Bahkan pertengahan bulan ia menghilang peredarannya, dan muncul lagi sebagai jama’ah tarawih di akhir bulan puasa. Ada kan yang kaya gini?

Jama’ah tarawih yang pilih-pilih imam sholat tercepat

Cari-cari yang imamnya baca suratnya pendek-pendek (trotoarsukowati.blogspot.co.id)

Ada juga jama’ah sholat tarawih yang pilih-pilih soal imam, dimana mushola atau masjid yang imam sholatnya cepat maka biasanya disitu akan penuh dengan jama’ah. Tidak sedikit pula jama’ah model ini rela mendatangi mushola atau masjid yang lebih jauh karena Imamnya lebih cepat gerakannya, dan lebih pendek baca suratnya. Namanya juga manusia, ibadah kok pilih-pilih 😀

Jama’ah tarawih yang hobi ninggalin imam, atau bolosan

Sepertinya jama’ah tipe yang satu ini merupakan orang yang tidak betah lama-lama beribadah, ia kadang sering bolos saat sholat tarawih. Jadi meskipun sholat belum selesai, ia kemudian pulang terlebih dahulu.

Pulang saat tarawih belum selesai, kamu suka gitu gak? (azainalmutaqin.files.wordpress.com)

Jangan kira bolos hanya berlaku dalam sekolah saja loh, dalam sholat tarawih juga banyak ditemukan jama’ah yang bolos dan pulang terlebih dahulu. Kalau kita berfikir berbaik sangka mungkin ia sedang kebelet, atau mau melanjutkan sholat tarawih nanti malam sekalian tahajud. Siapa tahu aja gitu.

Jama’ah tarawih yang benar-benar niat beribadah

Rasanya tidak adil kalau hanya membicarakan tipikal jama’ah tarawih yang “kurang baik” nya saja. Jadi agar tulisan ini berimbang, disini juga dipaparkan golongan jama’ah tarawih yang benar-benar niat beribadah. Ia melakukan sholat tarawih bukan karena ingin ketemu Intan anak kampung sebelah, tidak juga agar dipuji Iis gadis manis anak pak kumis, ia benar-benar niat ikhlas untuk beribadah.

Ada juga jama’ah yang benar-benar berniat ibadah (halloriau.com)

Jama’ah golongan ini juga selalu mengikuti tarawih, dari roka’at awal sampai imam membacakan doa penutup sholat witir, dan dari hari pertama sampai tiba gema malam takbir. Mudah-mudahan jama’ah model inilah yang menjadi golongan mayoritas dari para jama’ah.

Itulah beberapa tipe jama’ah sholat tarawih yang sering kita jumpai, menurutmu kamu termasuk golongan yang mana guys?

275
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,