11 Tipe Orang yang Paling Nyebelin Saat Diajak Ngobrol

Karena cari teman yang asik diajak ngobrok itu, nggak gampang

Kalau kamu mau sedikit menajamkan pikiran, sebenarnya analogi berinteraksi sosial itu agak menakutkan. Karena layaknya pisau bermata dua, bersosial bisa sangat berguna sekaligus percuma. Apalagi, dengan fakta bahwa dunia ini sekarang telah resmi terbagi dua: nyata dan maya.

verborgh.org

Dalam lingkup bersosial, dunia nyata dan maya memang nyaris sama. Namun kadang, kemampuan seseorang berkomunikasi secara lisan dan tulisan bisa sangat berbeda. Ada orang yang asyik di media sosial, namun justru menyebalkan saat bertatap muka. Dan ya.. begitu pun sebaliknya.

Kehandalan seseroang dalam berkomunikasi pun sebenarnya bisa dibagi menjadi dua bagian lagi: berkomunikasi di ruang publik, dan ruang pribadi. Namun membutuhkan lebih dari 100 halaman untuk membahasnya satu per satu. Tentu, itu akan menjadi masalah baru yang pastinya menyebalkan juga.

Jadi agar lebih hemat waktu, kamu hanya perlu menghindari sebelas orang di bawah ini, yang semuanya merupakan orang-orang yang paling menyebalkan saat diajak ngobrol. Entah itu di dunia nyata maupun dunia maya. Entah itu di ruang publik, atau pun ngobrol empat mata.

1. Si autobiografi

Ini adalah orang yang mampu menceritakan kisah hidupnya dengan sangat detail, mulai dari kelahiran sampai harta warisan. Pada awalnya memang tak jadi masalah. Namun kalau terus-terusan diceritakan secara berulang, dan ditambah ini itu hingga semakin panjang, tentu menjadi sangat menyebalkan.

kristiallain.com

2. Si ensiklopedia

Ketika kamu membahas politik misalnya, maka dia akan menyambar seolah-olah paling ahli di bidang politik. Begitu pun saat kamu bicara soal agama, ekonomi, atau bahkan cinta. Orang seperti ini, begitu kerasnya berusaha menyamakan level pengetahuannya dengan orang lain.

dnatesting.com

3. Si mengeluh

Hidup orang seperti ini sepertinya benar-benar suram. Dari awal hingga akhir, yang dia bicarakan tak penah jauh dari keluhan. Saking sebalnya, mungkin kamu sendiri heran mengapa dia masih bisa hidup dan tidak bunuh diri saja mengingat begitu beratnya jalan hidup yang harus dijalani.

psychologytoday.com

4. Si narsis

Saking narsisnya, orang bertipe ini akan mengisi obrolannya dengan semua kelebihan yang dia punya. Padahal sebenarnya, orang yang benar-benar hebat itu justru sungkan ketika harus menceritakan prestasi-prestasi yang pernah dia raih. Namun si narsis ini lupa, bahwa dia tak sehebat seperti apa yang dia kira.

vlastnicesta.cz

5. Si muka dua

Sesuai namanya, orang seperti ini sangat susah dipercaya. Dan bisa jadi, inilah orang yang paling berbahaya di dunia. Karena dia begitu manis ketika ngobrol denganmu, namun seketika berubah menjadi musuh nomor satu saat bicara dengan orang-orang selain kamu.

funnybizz.co

6. Si intelijen

Kebiasaan orang seperti ini ada dua. Pertama, dia biasa memakai modus “eh.. kata si A kamu gini-gini, iya?” Padahal, dia sendiri yang 100% kepo. Yang kedua, dia lebih suka menanyakan sesuatu tentang si B ke si C. Padahal, dia kenal baik dengan si B. Sok-sokan jadi detektif lah ceritanya.

welldoing.org

7. Si apatis

Ini adalah orang yang akan mendegradasi ketahanan mentalmu dalam menghadapi carut-marutnya kehidupan. Tidak ada orang lain di kepalanya, selain dia sendiri dan urusan pribadinya. Sebegitu egoisnya, kamu sampai tak punya alasan lagi untuk berteman dengan orang seperti ini.

businessinsider.com

8. Si psikolog

Paling rajin memberi kesimpulan dan saran-saran, bahkan tanpa kamu minta sekali pun. “Kamu harus bla bla bla” adalah mantra pamungkasnya. Dia selalu merasa lebih tahu kamu ketimbang kamu sendiri. Dia, seperti psikolog gadungan yang benar-benar kehabisan pelanggan.

huffpost.com

9. Si pernah semuanya

Ketika kamu bercerita pernah kerja di tempat A, maka secara sadar dia mengaku juga pernah bekerja di sana. Atau ketika kamu menjelaskan keahlianmu, tiba-tiba dia bicara kalau mempunyai keahlian yang sama. Ayolah.. memperpanjang durasi ngobrol itu tidak harus sebegitu tipikalnya, kan?

themodernman.com

10. Si kenal semua orang

Bisa jadi, orang seperti ini punya mimpi menjadi karyawan badan sensus namun belum tercapai. Dia merasa sangat akrab dengan setiap orang yang sedang kamu ceritakan. Dari figur-figur terkenal, sampai sosok-sosok entah berantah yang kamu sendiri nyaris tidak kenal.

pinterest.com

11. Si cassanova

Dalam setiap obrolan, orang bertipe ini selalu bercerita kalau dia punya hubungan istimewa dengan banyak lawan jenis sambil melontarkan klu-klu yang entah mengapa begitu kampungan. Kalau kamu ngobrol dengan dia lagi, coba sentil dengan kalimat ini:

“Hei.. punya pacar satu itu jauh lebih terhormat ketimbang punya banyak tapi khayalan. Jomblo ya jomblo aja, nggak usah pasang label jadian tapi kesepian.”

onboardly.com

Nah jadi.. dari sebelas tipe di atas, mana yang pernah kamu temukan? Atau, justru kamu salah satunya? Demi keharmonisan bersosial antar sesama, mengaku saja.

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Ini Lho 6 Alasan Kenapa Cewek Tomboy Justru Lebih Terlihat Aduhay

7 Tanda Ini Cuma Dimiliki Oleh Mereka yang Pemikirannya “Out of the Box”. Kamu Salah Satunya?