Malaysia Kembali berulah, Tim Sepak Takraw Putri Indonesia Pilih Walk Out Karena Berulang Kali Dicurangi Wasit

Wahai Malaysia, ingatlah bahwa kemenangan yang diperoleh dari kecurangan sama sekali tak ada harganya

Inovasee, media online kesayangan kita ini memang mengusung tagline “Inspiratif, Bukan Provokatif”. Namun tidak demikian halnya dengan Malaysia. Negara tetangga kita itu nampaknya justru senang mengusung tagline sebaliknya, yakni “Provokatif, bukan Inspiratif. Pasalnya, belum selesai perkara bendera Indonesia yang terbalik di buku panduan seremoni pembukaan SEA Games 2017 Malaysia, muncul lagi sederet kontroversi baru yang makin memperpanas ketegangan antara Indonesia dengan negeri Ipin-Upin itu.

Baca juga : Inilah 5 Prediksi Ilmuwan Tentang Kecanggihan Teknologi di Tahun 2050

Tercatat, ada sejumlah peristiwa tidak mengenakkan yang dialami oleh kontingen negara kita selama mengikuti SEA Games 2017 ini. Mulai dari mendapat makanan sisa, tidak mendapatkan kendaraan ketika akan melakukan latihan, keputusan-keputusan merugikan wasit Nagor Amir Noor Mohamed dalam laga sepakbola Indonesia VS Timor Leste, hingga yang terbaru: kontroversi walk out-nya tim sepak takraw putri akibat kecurangan wasit.

Atas deretan kasus inilah tidak mengherankan kalau tagar #ShameOnYouMalaysia bertebaran dan sempat menjadi trending topic.

Kronologi aksi walk out tim sepak takraw putri Indonesia

Pada hari Minggu sore (20/8/2017), berlangsung pertandingan sepak takraw yang mempertemukan Tim Putri Malaysia VS Tim Putri Indonesia. Menurut asisten pelatih timnas sepak takraw putri Indonesia, Abdul Gani, timnas Indonesia telah melihat indikasi keberpihakan Muhammad Radi, wasit asal Singapura yang menguntungkan tim Malaysia sejak set pertama.

Protes Indonesia tidak digubris wasit – indosport.com

Pada pertandingan yang berlangsung di Titiwangsa Indoor Stadium, Kuala Lumpur itu, Indonesia memilih untuk walk out (WO) pada set kedua walaupun telah unggul 16-10 atas Malingsia Malaysia. Keputusan ini diambil karena tim pelatih merasa kasihan dengan para atlet yang beberapa kali mendapat pelakuan tidak adil karena keputusan wasit yang merugikan.

Misalkan saja, wasit menganggap Indonesia melakukan kesalahan saat servis pertama, sementara Malaysia meski salah tidak dianulir. Hal ini tentu merugikan Indonesia, sehingga tim pelatih Indonesia melayangkan protes atas keputusan-keputusan kontroversial yang muncul. Namun protes pelatih Indonesia tidak digubris oleh sang wasit sehingga WO menjadi pilihan tim Indonesia. Wasit sempat berulang kali meminta tim Indonesia untuk kembali ke lapangan dan melanjutkan laga. Namun apa daya, kau sakiti hati kami.

Harga diri tim putri sepak takraw Indonesia layak diacungi jempol

 

Atas keputusan WO yang dilakukan Indonesia, Malaysia kini memperoleh dua kemenangan setelah sebelumnya menang 2-0 atas Filipina. Meski keputusan WO amat disayangkan, namun kita semua tahu, tim putri sepak takraw Indonesia tak hanya membawa harga diri mereka saat berlaga di SEA Games 2017, namun juga harga diri Indonesia.

Tim putri sepak takraw Indonesia bersedih paska aksi WO – poskotanews.com

Oleh karenanya, keputusan ini rasanya layak diacungi jempol. Terlebih, melalui bukti-bukti yang ada, kita semua tahu bahwa keputusan WO adalah yang terbaik. Lebih baik kalah terhormat daripada menang dengan menghalalkan segala cara. Untuk saat ini, tim putri sepak takraw Indonesia masih belum memutuskan langkah selanjutnya sambil melihat perkembangan yang ada.

Ayo, dukung terus Indonesia di ajang SEA Games 2017, jangan sampai Malaysia bertindak sesukanya lagi di pertandingan-pertandingan selanjutnya!

Bagaimana Menurutmu?

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

4 Aturan Dasar Dalam Hubungan Cinta yang Tak Seharusnya Kamu Langgar

Tentang Menyusui di Muka Umum yang Dianggap Mencederai Nilai dan Norma Sosial