Dalam Satu Gedung Ini, terdapat Tiga Waktu Berbuka Puasa yang Berbeda. Kok Bisa?

Ini yang namanya satu tempat beda waktu.

250
SHARES

Mungkin kita sering melihat di Tv perbedaan waktu berbuka puasa di beberapa daerah di Indonesia. Seperti perbedaan waktu berbuka di Bali dan di Jakarta, atau perbedaan waktu berbuka di Makassar dan di Aceh. Perbedaan waktu berbuka tersebut lumrah terjadi karena perbedaan letak kedua daerah yang sangat jauh, hal ini juga karena perbedaan wilayah anatara kedua daerah.


Perbedaan waktu berbuka di Indonesia diakibatkan pembagian waktu wilayah (regionalinvestment.bkpm.go.id)

Perbedaan buka puasa di Indonesia setidaknya terdapat tiga waktu, hal ini berdasarkan pembagian tiga wilayah di Indonesia, yaitu wilayah Indonesia Timur, Indonesia Tengah, dan Indonesia Barat. Setiap wilayah memiliki selisih perbedaan waktu berbuka kurang lebih satu jam. Itu artinya, jika di Makassar pada jam 17.30, maka di Jakarta akan berbuka satu jam setelahnya.

Berbeda waktu berbuka puasa dalam satu gedung?

Namun bagaimana jika dalam satu gedung terdapat tiga waktu berbuka yang berbeda? Inilah yang terjadi di gedung tertinggi di dunia Burj Khalifa yang ada di Dubai, Uni Emirate Arab. Saking tingginya gedung ini, sehingga di dalam satu gedung ini terdapat tiga waktu yang berbeda. Unik bukan?

Burj Khalifa merupakan satu-satunya gedung di dunia ini yang memiliki tiga waktu berbuka puasa (youtube.com)

Perbedaan waktu berbuka puasa pada gedung Burj Khalifa tidak terlepas dari faktor ketinggian gedung yang mencapai 828 meter dan terdiri dari 160 lantai. Setidaknya ada tiga zona waktu yang berbeda didalam gedung Burj Khalifa.

Pembagian tiga waktu berbuka di Burj Khalifa.

Saat kita berada di gedung tertinggi di dunia ini, kita akan mengalami tiga zona waktu berbuka puasa yang berbeda, perbedaan waktu berbuka tersebut tergantung kita berada di lantai berapa. Tentunya lantai terbawah merupakan tempat paling pertama melakukan buka puasa, hal ini berlaku sampai lantai 80. Kemudian disusul mereka yang berada diatas lantai 80 sampai lantai 150 berbuka setelah dua menit kemudian.

Saking tingginya, Burj Khalifa memiliki tiga zona waktu yang berbeda (tripadvisor.com)

Untuk mereka yang berada di atas lantai 150 sampai 160, maka harus menunggu waktu tiga menit kemudian untuk menyusul berbuka. Bisa dibayangkan bukan betapa tingginya gedung Burj Khalifa sehingga membagi tiga waktu berbuka puasa?

Penetapan tiga waktu berbuka oleh pemerintah Uni Emirate Arab.

Pembagian tiga zona waktu dalam satu gedung ini merupakan keputusan Departemen Agama Islam Uni Emirate Arab atas persetujuan Grand Mufti Dubai sejak tahun 2011 yang lalu. Menurut Dr Ahmed Al Haddad, Kepala Urusan Amal Departemen Agama Islam Dubai mengatakan, jika pembagian tiga zona waktu tersebut berdasarkan penglihatan mulai tenggelamnya matahari.

Pembagian tiga waktu tersebut atas keputusan Departemen Agama Islam Dubai dengan alasan perbedaan melihat tenggelamnya matahari secara sempurna di tiap lantai gedung (dailymail.co.uk)

Sebagai gedung pencakar langit tertinggi di dunia, Penglihatan kita terhadap tenggelamnya matahari di Burj Khalifa berbeda-beda waktunya. Tergantung di lantai mana kita melihatnya. Itulah yang menjadi alasan pembagian tiga zona waktu di satu gedung ini.

Perbedaan waktu berbuka meskipun berselang hitungan menit harus dipatuhi.

Hal yang paling mendasar saat orang melakukan puasa ialah menahan dari makan, minum, berhubungan suami istri, dan melakukan hal-hal yang bisa membatalkan puasa dari mulai terbitnya matahari sampai benar-benar terbenamnya matahari. Meskipun berbeda waktu hanya dalam hitungan satu atau dua menit, kita tidak boleh mendahului berbuka. Sebab itu artinya kita membatalkan puasa belum pada waktunya.

Perbedaan waktu berbuka puasa di Burj Khalifa selisih antara 2 sampai lima menit (dailymail.co.uk)

Pun saat kita berada di gedung Burj Khalifa, meskipun kita satu gedung namun kita tidak bisa mengikuti waktu berbuka puasa antara yang berada di lantai paling bawah dengan mereka yang berada di lantai paling atas. Kita memiliki waktu berbuka puasa masing-masing yang harus dipatuhi untuk tercapainya puasa kita yang sah dan sempurna.

250
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,