Nih 5 Tips Ampuh Buat Kamu yang Ingin Tidur Nyenyak Berkualitas!

Jika tidur adalah kebutuhan, nyenyak adalah kewajiban

4
SHARES

Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Ketika kamu tidur, tubuhmu akan beristirahat. Sel-sel yang rusak akan diganti dengan yang baru. Sebenarnya, bukan masalah berapa lama kita menghabiskan waktu untuk tidur agar tubuh benar-benar memperoleh istirahat yang cukup. Kualitas tidurlah yang paling penting. Terkadang kamu tidur terlalu lama hingga badan justru terasa lelah dan pegal ketika bangun. Berbeda saat kamu mendapatkan kualitas tidur yang baik, ketika tidur di waktu singkatpun badan akan terasa segar dan lebih baik ketika bangun. Namun, sebagian orang sulit mendapatkan tidur berkualitas sehingga sering mengalami berbagai macam gangguan tidur. Padahal banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tidur berkualitas. Ini diantaranya.

Tidur Nyenyak (Via huffingtonpost.com)
Tidur Nyenyak (Via huffingtonpost.com)

1. Cobalah membuat jadwal tidur

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengatur jadwal tidur. Waktu tidur yang tidak menentu justru akan membuat tidur tak berkualitas. Tidur dan bangun secara teratur pada jam yang sama akan membantu otak dan tubuh menciptakan “body alarm” atau jam biologis alami pada tubuh. Dengan begitu metabolisme akan berjalan dengan baik dan juga membantu tubuh beristirahat secara stabil. Jangan lupa atur tempat tidur agar nyaman dan juga dalam cahaya yang redup agar tubuh istirahat sepenuhnya.

Tidur Nyenyak (Via madhumitablogs.wordpress.com)
Tidur Nyenyak (Via madhumitablogs.wordpress.com)

2. Olahraga secara rutin

Mungkin kamu sudah bosan mendengar nasihat ini berulang kali. Olahraga memang mempunyai sejuta manfaat yang tak terduga. Salah satunya akan membuat tidurmu lebih berkualitas. Cobalah untuk olahraga secara rutin, kamu bisa mulai dengan jogging 3 kali dalam seminggu atau bahkan lebih. Namun jangan sampai kamu berolahraga sebelum tidur karena justru akan merusak tidurmu. Olahraga akan membuat badan segar dan otak kembali aktif. Jika kamu lakukan sebelum tidur, jangan heran jika akhirnya kamu tak akan bisa tidur.

Tidur Nyenyak (Via ahlinyapenyakitjantung.web.id)
Tidur Nyenyak (Via ahlinyapenyakitjantung.web.id)

3. Jangan konsumsi makanan berat sebelum tidur

Selain akan menyebabkan kegemukan, mengkonsumsi makanan berat sebelum tidur akan membuat pencernaan bekerja keras dan membuatmu tak bisa tidur cepat. Lebih baik mengkonsumsi buah atau sayur sebagai pengganti nasi. Selain itu disarankan untuk membatasi jam makan, paling lambat satu jam sebelum tidur. Namun jika kamu merasa lapar pada malam hari, pilihlah makanan ringan yang bisa membuatmu rileks seperti biskuit, sereal atau susu hangat.

Tidur Nyenyak (Via satubanten.com)
Tidur Nyenyak (Via satubanten.com)

4. Cobalah untuk santai sejenak

Setelah melakukan kegiatan seharian penuh ataupun bekerja di depan komputer cobalah berhenti sejenak sebelum kamu tidur. Matikan komputermu dan bersantailah selama setengah jam hingga satu jam sehingga pikiran bisa lebih rileks sehingga siap beristirahat. Jika kamu langsung berbaring tanpa memberikan jeda istirahat, otak yang masih dalam kondisi panas justru akan membuatmu sulit tertidur. Lupakan sejenak pekerjaanmu, jangan sampai saat istirahat ini kamu gunakan untuk memikirkan pekerjaan atau kembali berkutat dengan gadget.

Tidur Nyenyak (Via csdnews.com)
Tidur Nyenyak (Via csdnews.com)

5. Hindari merokok dan minum kopi sebelum tidur

Efek nikotin pada rokok dan juga kafein pada kopi justru akan membuatmu susah tertidur karena akan merangsang otak. Sebaiknya hindari minum kopi setelah pukul dua siang atau menjelang tidur, begitupula dengan rokok. Bisa juga jika kamu memaksa tidur setelah minum kopi, namun efeknya kamu akan sering terbangun di malam hari. hal ini justru akan merusak tidur nyenyakmu.

Tidur Nyenyak (Via amazonaws.com)
Tidur Nyenyak (Via amazonaws.com)

Tidur sangat penting bagi kesehatan. Semakin baik kualitas tidurmu, semakin sehat tubuh dan jiwamu. Bukankah tubuh sehat adalah modal utama dalam beaktivitas? Yuk share agar yang lain juga bisa mendapatkan tidur yang nyenyak.

4
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

"You can if you think you can"