Faktanya, Tidur Bisa Membuatmu Jauh Lebih Berprestasi. Tak Percaya? Ini Buktinya!

Nggak percaya? Buktiin aja!

903
SHARES

Tidur merupakan salah satu kebutuhan yang tidak boleh diabaikan. Manusia membutuhkan tidur, meskipun seringkali banyak yang rela menggunakan jam tidur untuk tetap beraktivitas. Mengorbankan waktu tidur demi mengejar kesempurnaan dalam pekerjaan dan karir. Lembur hingga akhirnya tinggal di kantorpun sering dijalani. Karena bagimu tidur hanya akan membuang-buang waktumu yang berharga. Memejamkan mata hanya untuk mereka yang malas.

tidur membuatmu lebih berprestasi (images.contentful.com)

Padahal, faktanya sangat berkebalikan. Mereka yang berniat sukses justru membutuhkan tidur sebagai salah satu cara menjaga produktivitas. Percayalah, tidur memiliki andil besar dalam kesuksesan karis maupun prestasi kerjamu. Kalau nggak percaya, coba baca bukti-bukti di bawah ini.

1. Kurang tidur maupun kelebihan tidur membuatmu absen di kantor

Ada alasan kenapa ilmuwan menganjurkan tidur 7 hingga 8 jam setiap harinya. Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Sleep mengungkapkan bahwa, seseorang yang tidur kurang dari 5 jam atau lebih dari 10 jam setiap malam akan lebih sering absen dari kantor karena sakit dibanding mereka yang tidur 7-8 jam.

Kurang tidur maupun kelebihan tidur membuatmu absen di kantor (ccindustrialcare.com)

Dibanding dengan mereka yang tidur cukup, seseorang yang kekurangan maupun kelebihan tidur tidak masuk kerja 4 hingga 9 hari lebih banyak. Jadi bisa disimpulkan, orang yang salah jam tidur bisa lebih sering sakit, lebih sering absen hingga bisa melalaikan tugas.

2. Tidur cukup membuatmu lebih kreatif

Kurang tidur nggak cuma mempengaruhi kesehatan, tapi juga kualitas dari hasil produktivitas. Saat kamu kurang tidur, bagian otak yang mengontrol inovasi, kreativitas dan kemmapuan mengontrol diri akan kacau. Kurang tidur juga bisa mempengaruhi keputusan yang kamu buat.

Tidur cukup membuatmu lebih kreatif (hotel-r.net)

Meskipun begitu, banyak pengusaha, orang iklan hingga pekerja media yang mengaku hanya tidur 3-5 jam per malam. Padahal sebenarnya, kebiasaan ini bisa membawa pengaruh buruk bagi perusahaan. Jika kamu ingin sukses di bidang kreatif, maka perbaiki dulu pola tidurmu.

3. Kurang tidur membuatmu jadi kurang produktif

Tidur kurang dari waktu yang ditentukan bisa membuat produktivitasmu ikutan menurun. Kurang tidur bisa membuatmu lambat dalam mengerjakan tugas kantor. Sebuah penelitian dari Bringham and Women’s menyebutkan bahwa akurasi dan kecepatan seseorang akan semakin berkurang ketika dia semakin lama terjaga.

Kurang tidur membuatmu jadi kurang produktif (nbcnews.com)

Gunakan waktu tidur untuk mengembalikan energi yang telah hilang. Mengambalikan keakuratatan, kecepatan, dan fokus agar kamu bisa lebih diandalkan. Daripada begadang, akan lebih baik gunakan waktu untuk tidur dan selesaikan tugas di pagi hari.

4. Tidur bisa meningkatkan jumlah pendapatan

Jangan salah, nyatanya cukup tidur bisa meningkatkan pendapatanmu. Kamu tentu sudah memahami keuntungan-keuntungan tidur yang telah diuraikan di atas. Dengan tidur cukup kamu bisa lebih kreatif, lebih cepat menyelesaikan pekerjaan dengan hasil yang jauh lebih baik. Jika terus seperti ini, bukan tidak mungkin kamu mendapatkan kenaikan gaji.

Tidur bisa meningkatkan jumlah pendapatan (lihat.co.id)

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa, tidur cukup dalam jangka panjang bisa menaikkan pendapatan seseorang hingga 16%. Hasil ini bukan hanya untuk karyawan saja tapi juga berlaku bagi pekerja lepas yang berpikir secara cerdas, kreatif dalam menelurkan ide dan efektif mengerjakan tugas.

Itulah beberapa alasan kenapa tidur yang cukup 7 hingga 8 jam semalam bisa membuatmu lebih berprestasi. Tidur menjadi kebutuhan yang wajib kamu penuhi. Jadi, tidurlah jika ingin lebih sukses!

903
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Author Erinda

"You can if you think you can"