Tidak Hanya Wanita, Pria Juga Bisa Menopause, Berikut Ini Cirinya

Pria wajib baca agar kehidupan seksual di masa senja tetap perkasa!

Selama ini mungkin kita mengenal istilah menopause hanya terjadi pada kalangan wanita. Namun secara ilmiah, ternyata hal tersebut juga terjadi pada kaum adam. Yah, meskipun pria tidak menstruasi, namun fase menopuse juga bisa menimpa mereka.

Menopause terjadi pada pria dan wanita. (healthywomen.org)

Meskipun dalam dunia medis tidak ada istilah menopause di kalangan pria. Namun sebenarnya hal ini bisa terjadi pada pria usia 50 tahun ke atas. Hal ini sebagaimana dituturkan oleh Damian Sendler, seorang pakar seksologi.

Menurut Damian, pria dan wanita memiliki proses menopause yang sama, yakni bermua sejak usia 45 hingga 55 tahun. Di masa-masa ini, baik wanita maupun pria mengalami perubahan fisik yang mempengaruhi kehidupan seksualnya.

Pria juga bisa menopause. (newsweek.com)

Pada saat menopause, pria akan mengalami beberapa gejala fisik seperti semakin berkurangnya rambut di tubuhnya, aktifitas buang air kecil yang mulai tidak teratur, dan pada masa ini, resiko kanker prostat juga meningkat tajam.

Mendekati usia puncak menopause, pria akan mengalami perubahan pada prostatnya. Dimana ukuran prostat akan semakin membesar. Hal ini disebabkan adanya hormon androgen yang mulai tidak seimbang ditubuhnya.

Stres bisa membuat menopause pada pria. (empowher.com)

Membesarnya prostat pada pria berusia 55 tahun ke atas ini juga yang mempengaruhi mereka akan mengalami berbagai masalah pada saat buang air kecil. Biasanya, mereka mulai tidak bisa menahan buang air kecil, sehingga rutinitas ini akan lebih meningkat.

Jadi, inilah alasan kenapa semakin tua tubuh manusia, maka ia akan lebih sering bolak -balik ke kamar mandi.

menopause pada pria lebih cepat datangnya? (medicalnewstoday.com)

Nahasnya, dibandingkan wanita, penurunan kondisi fisik pada pria berusia di atas 45 tahun lebih drastis. Beberapa organ seperti jantung pun mulai mengalami penurunan kinerja. Dampaknya, aliran darah ke berbagai organ vital lainnya mengalami penurunan, termasuk ke alat vital pria.

Hal ini yang menjadikan pria di atas usia 50 akan mengalami kegagalan ereksi, menurunnya gairah seksual, dan gejala gangguan seksualitas lainnya yang membuat kehidupan seksualnya mulai menurun.

Terlebih bagi mereka yang terbiasa dengan gaya hidup tidak sehat, seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol, menopause pada pria akan terjadi lebih dini. Jadi, kalau mau tetap perkasa sampai masa senja, biasakan gaya hidup sehat dan jangan lupa banyak berolahraga yah.

 

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *