Ternyata Inilah Alasannya, Kenapa Hanya Adzan Maghrib dan Subuh yang Ditayangkan di Tv

Pernah kepikiran tidak kenapa hanya adzan maghrib dan subuh yang tayang di televisi?

Mungkin kamu yang suka menghabiskan waktu berjam-jam di depan Tv sering melihat acara tayangan Tv dijeda karena ada kumandang adzan. Namun pernah merasakan tidak jika kumandang adzan di televisi kebanyakan hanya dikumandangkan saat adzan maghrib dan adzan subuh.

Kumandang adzan maghrib di televisi (trans7mamuju.blogspot.co.id)

Yah, meskipun ada sih beberapa Tv lokal yang berbasis agama mengumandangkan adzan setiap waktu sholat. Namun untuk Tv berskala nasional, mereka hanya menayangkan adzan di dua waktu sholat saja, yaitu maghrib dan subuh. Mau tahu alasannya? Simak sampai selesai yah.

Waktu sholat maghrib dan subuh sebentar

Alasan pertama kenapa adzan di Tv cuma dikumandangkan saat maghrib dan subuh ialah karena kedua waktu sholat ini terbilang cukup singkat. Nah karena waktunya yang sigkat inilah adzan dikumandangkan lebih di prioritaskan.

Waktu sholat maghrib dan subuh sebentar (youtube.com)

Ibaratnya sih, adzannya bukan hanya sebagai pertanda masuknya waktu sholat, melainkan sebagai peringatan agar segera dilakukan karena waktunya sangat singkat.

Sebagai pengingat sholat bagi mereka yang disibukkan dengan pekerjaan seharian

Waktu maghrib dan subuh merupakan waktu yang paling tepat guna mengingatkan sholat kepada orang yang seharian sibuk dengan pekerjaannya. Sebab saat waktu maghrib tiba, orang tentu sudah ada di rumah untuk istirahat dari pekerjaan.

Waktu yang tepat untuk mengingatkan sholat (detik.com)

Begitu juga dengan waktu subuh, orang biasanya masih di rumah dan persiapan untuk berangkat kerja. Jadi di luar waktu itu orang banyak yang lalai dengan sholat karena sibuknya pekerjaan, nah mumpung mereka sedang tidak bekerja maka diingatkanlah dengan ditayangkannya kumandang adzan.

Nah kalau waktu Isya gimana? Bukannya waktu Isya juga banyak orang sedang santai nonton Tv? Memang benar waktu Isya banyak orang sedang santai menonton Tv, dan mungkin waktu yang tepat untuk mengingatkan sholat.

Waktu dimana orang sedang santai onton tv atau prime time (jokosusilo.com)

Namun waktu sekitaran sholat Isya merupakan waktu “termahal” dalam industri pertelivisian. Atau sering disebut dengan istilah Prime time. Waktu-waktu ini sangat berharga setiap detiknya, jadi tidak boleh ada tayangan lain kecuali sinetron andalan dan iklan yang mau bayar besar.

Memakan waktu tayang acara berkali-kali

Perlu diketahui, setiap detik bagi tayangan televisi merupakan durasi yang sangat berharga. Sebagai gambaran saja, iklan di televisi yang tayang tidak lebih dari satu menit saja harus membayar sampai ratusan juta.

Nah dengan alasan inilah stasiun televisi tidak menayangkan kumandang adzan selama lima waktu sholat. Kecuali televisi tersebut berorientasi dengan dakwah Islamiyah, bukan berorientasi dengan bisnis. Mungkin adzan lima waktu bisa dilakukan.

Stasiun tv di Indonesia (kompasiana.com)

Menayangkan adzan selama lima waktu sholat juga akan menganggu rundown acara televisi yang sudah baku. Sedangkan kumandang adzan setiap harinya bisa berpindah waktu (meskipun selisihnya tidak banyak). Jika hal ini dilakukan maka mau tidak mau akan banyak pemotongan acara untuk menayangkan kumandang adzan.

Sebagai pengingat waktu buka dan Imsyak bagi yang sedang berpuasa

Alasan yang terakhir kenapa adzan maghrib di kumandangkan di televisi hanya saat maghrib dan subuh ialah sebagai pertanda waktu buka dan imsyak bagi orang yang sedang berpuasa. Tidak dipungkiri banyak masyarakat yang mengetahui waktu buka puasa dari adzan di televisi. Khusunya mereka yang rumahnya jauh dari Masjid.

Sebagai penanda berbuka puasa (youtube.com)

Itulah beberapa alasan kenapa kumandang adzan di televisi hanya ditayangkan saat sholat maghirb dan subuh. Bagaimana komentarmu guys?

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

Bikin Ngakak, Begini Reaksi Netizen Atas Peluncuran iPhone Terbaru

Ternyata, Ini Dia Asal Muasal Kata ‘Halo’ yang Kita Ucapkan Saat Menelepon