Ternyata, Ini Penyebab Orang Indonesia Mengetik “Wkwkwk” Saat Tertawa

Padahal jauh lebih mudah membaca “hahaha” daripada “wkwkwk”

Sejak mencuatnya berbagai platform media sosial, muncul banyak tren dan istilah baru yang populer di kalangan warga net. Salah satu yang paling mahsyur dan belakangan ini menjadi ‘identitas’ bangsa Indonesia adalah kebiasaan menuliskan “wkwkwk” untuk menggambarkan ekspresi tertawa. Namun, pernahkah kamu mempertanyakan arti wkwkwk tersebut?

Memang benar bahwa di beberapa negara lain pun ada juga cara menulis ekspresi tertawa yang tak kalah anehnya. Seperti di Nigeria misalkan, warga di sana menggunakan tulisan “LWKMD” sebagai ekspresi tertawanya. Demikian pula di Brazil yang tulisan tawa disimbolkan dengan “rsrsrs”. Jadi, apa penyebab orang Indonesia lebih memilih wkwkwk daripada hahaha yang lebih mudah dibaca dan dilafalkan?

Lahir di komunitas game online

Mungkin kita harus ‘menyalahkan’ para gamers sebagai biang keladi adanya wkwkwk sebagai simbol ekspresi tawa. Hal ini bermula dari kebiasaan para gamers online yang kerap menggunakan kata “gue” sebagai pengganti kata aku atau saya dalam sebuah permainan game online yang melibatkan banyak pemain dan terdapat fasilitas chat untuk berkomunikasi antar-pemain. Lambat laun, kata “gue” pun disingkat dengan “gw” untuk mempermudah pengetikan.

Siapa sangka bahwa wkwkwk muncul dari komunitas game online? – snapshoot21

Hal ini ternyata turut berdampak pada penulisan ekspresi tawa. Alih-alih menuliskan “hahaha” yang dianggap terlalu formal, para gamers memilih untuk menulis “heuheuheu” atau “huahuahua”. Dasar kreatif (atau malah pemalas?), penulisan “heuheuheu” dan “huahuahua” yang dinilai kepanjangan pun dipersingkat dengan menuliskannya sebagai “hwhwhw”. Inipun dirasa masih kurang praktis dan berakhir dengan “wkwkwk”. Alasannya sederhana: pemain game online bisa mengetikkan huruf “w” tanpa menggerakan tangan kiri, dan huruf “k” bisa diketik tanpa menggerakan tangan kanan sehingga mereka bisa tetap sigap dalam bermain game. Duh!

Indonesia dikenal sebagai negara yang penduduknya tertawanya wkwkwkwk (meme.am)

Selain itu, ada pula yang mengatakan bahwa ekspresi tawa lain yang populer di era awal game online adalah “ka-ka-ka” yang berasal dari kata ngakak. Ka-ka-ka pun kerap pula dituliskan sebagai wakaka. Dari sini, bisa pula diduga bahwa wkwkwk merupakan singkatan dari wakaka. Siapa sangka, wkwkwk kemudian justru ramai dipergunakan di semua kalangan, baik tua maupun muda, dan hadir di lintas platform, tak lagi eksklusif milik para gamers.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Sadis dan Vulgar, 4 Film Kartun Ini Jangan Sampai Ditonton Si Buah Hati

“Man Jadda Wajada”: Naik Haji dengan Berjalan Kaki, Pemuda Pekalongan Gegerkan Media Luar Negeri