Nyatanya, Terlalu Banyak Pencitraan di Sosmed Hanya Akan Membuat Hidupmu Menderita!

Hidup kok penuh pencitraan~

Sepertinya, sosial media telah mengambil alih setengah dari kehidupan manusia saat ini. Kehidupan dunia maya seakan sangat penting hingga terkadang orang-orang rela mengorbankan dunia nyata hanya demi eksistensi di sosmed.

Pencitraan di sosmed cuma bikin sengsara di dunia nyata (errizhou.blogspot.co.id)

Eksistensi ini bisa didapatkan dari beberapa cara, salah satunya dengan membagikan kehidupan pribadi. Berbagi kebahagiaan, momen spesial maupun kegiatan sehari-hari memang hal wajar di sosmed. Tujuannya tak lain untuk mendapatkan apresiasi dari orang lain.

Tapi kalau yang kamu bagikan ini hanya sebatas untuk pencitraan untuk menarik simpati atau supaya kelihatan gaul, kaya, hits dan berwibawa, lebih baik hentikan. Tanpa kamu sadari, kebiasaan pencitraan di sosmed ini bisa membuatmu menderita di dunia nyata.

Mengalami amnesia digital

Amnesia digital adalah keadaan dimana seseorang lebih percaya dengan imajinasinya di dunia maya daripada kegiatan sehari-hari yang dilakoni di dunia nyata. Hal ini akan terjadi ketika seseorang terlalu sering “berbohong” atau pencitraan di sosmed hanya untuk mencari simpati dan perhatian.

Mengalami amnesia digital (exboyfriendrecovery.com)

Tanda-tandanya adalah ketika disuruh menulis ulang cerita di nyata di sosmed, ceritanya berbelok kemana-mana berbeda dengan versi asli. Terlalu sering pencitraan ini juga bisa menghilangkan jati diri sesungguhnya dan bisa berujung pada kepikunan.

Menurut situs networking bernama Pencourage, korban utama dari amnesia digital ini justru dari kalangan remaja berusia 18 hingga 24 tahun. Lebih parahnya, kebiasaan berbohong di sosmed ini juga bisa menimbulkan paranoid hingga depresi karena merasa bersalah tak mampu hidup seperti pencitraannya di dunia maya.

Nggak percaya sama diri sendiri

Sudah bisa dipastikan bahwa, orang yang sering pencitraan di dunia maya adalah mereka yang tak bisa percaya dengan diri sendiri. Mereka menganggap kehidupan orang lain jauh lebih hebat dari dirinya. Dengan pencitraan, seseorang tersebut mampu menyamai kehidupan orang lain yang diidamkan. Walaupun sebenarnya jauh dari kenyataan.

Nggak percaya sama diri sendiri (thenextweb.com)

Mengunggah foto-foto palsu, mengedit foto hingga berlebihan, mengubah wajah menjadi jauh lebih cantik atau tampan, hingga menyertakan status dan caption yang tak sesuai keadaan. Semua kebiasaan tersebut membuat seseorang malu atau takut jika harus menampilkan kehidupan nyata yang jauh dari ekspetasinya.

Nggak bisa menikmati hidup

Kebiasaan pencitraan ini  kemudian menjadi boomerang untuk diri sendiri. Orang yang hobi pencitraan ini juga dihantui ketakutan jika kehidupan nyatanya diketahui oleh orang lain. Merasa tertekan dengan kehidupan nyata hingga tak bisa menikmati hidup sebagai gantinya.

Nggak bisa menikmati hidup (interestingengineering.com)

Orang-orang ini juga selalu membandingkan kehidupannya dengan kehidupan orang lain. Tak puas dengan hidupnya sendiri dan cenderung meniru apa yang orang lain lakukan atau dapatkan. Sehingga wajar kalau akhirnya dia tak fokus dengan hidupnya sendiri.

Menjadi tukang bohong

Percaya nggak percaya, satu kebohongan bisa melahirkan kebohongan yang lainnya dan begitu seterusnya. Kebohongan ini mungkin berawal dari mengedit foto agar terlihat lebih cantik dan langsing, tapi setelah itu kamu akan terus melakukan kebohongan dan akhirnya menjadi kebiasaan.

Jadi tukang bohong (nocamels.com)

Kebohongan ini pada akhirnya akan mempersulit hidupmu. Membuat orang lain tak percaya kepadamu dan menganggap hidupmu penuh dengan kepalsuan.

Dan apapun alasannya, pencitraan tak boleh kamu lakukan apalagi dijadikan kebiasaan. Lebih baik syukuri saja apa yang ada pada dirimu saat ini, syukuri apapun yang kamu miliki. Dengan begitu kamu bisa lebih bahagia dan dapat menikmati hidup dengan menyenangkan.

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Guys, Kamu Udah Kenal Sama Wasit Cantik Asal Tasikmalaya Ini Belum?

Renungan; Nyatanya Pacaran Tidak Selalu Menyenangkan, dan Menjomblo Tidak Selalu Nelongso.