“Terlalu Baik” Itu Kelebihan atau Kekurangan? Yuk Belajar Tegas dan Ambil Sikap Mulai Sekarang!

Jadilah baik tapi jangan sampai terlalu baik

1.4k
SHARES

Rasanya sudah menjadi suatu kewajiban bagi setiap individu untuk menumbuhkan dan memelihara sikap baik dalam diri sendiri. Utamanya sikap baik kepada sesama manusia. Sikap baik inilah yang kemudian bisa menjadi tolok ukur apakah seorang individu pantas dijadikan teman, sahabat atau bahkan pasangan.


Terlalu baik (broadly-images.vice.com)

Meskipun sikap baik itu penting, menjadi “terlalu baik” justru tidak boleh kamu lakukan. Sikap terlalu baik bisa menjadi sebuah kekurangan maupun kelebihan, semua tergantung padamu. Sikap ini bisa membuatmu jadi orang yang tertindas, tapi juga bisa membuatmu jadi individu yang disegani. Untuk itu ada baiknya kamu mulai bersikap tegas dan mulai ambil sikap dari sekarang!

Jangan hanya mengangguk, ungkapkan juga pendapatmu

Selalu mengangguk pada perkataan orang lain bisa jadi tanda bahwa kamu terlalu baik. Jangan sampai kamu hanya mengikuti arus, hanya setuju dan melakukan apa yang orang lain katakan. Selalu mengikuti yang orang lain katakan akan membuatmu jadi individu tak berpendirian. Kamu juga harus bisa ungkapkan apa pendapat dan isi pikiran. Kelak sikapmu ini justru akan menghancurkan dirimu sendiri.

Jangan hanya mengangguk (babylonradio.com)

Percayalah, bahkan temanmu pernah memanfaatkan kebaikan hatimu

Menjadi individu yang terlalu baik hanya akan membuatmu dimanfaatkan oleh orang lain, menggunakan kebaikanmu untuk kepentingan pribadi mereka. Percaya nggak percaya, temanmu juga pasti pernah melakukannya.

Dimanfaatkan teman (highschool.studentsforlife.org)

Memang, manusia hidup agar bisa bermanfaat untuk orang lain. Tapi jangan sampai terdoktrin bahwa kamu bisa dimanfaatkan orang lain dengan sesuka hati. Jangan sampai kamu jatuh ke perangkap oknum-oknum yang punya niat jahat dengan memanfaatkan sikapmu yang terlalu baik.

Boleh baik tapi juga harus diikuti sikap tegas

Sekali lagi, kamu boleh bersikap baik kepada semua orang bahkan memang harus demikian. Tapi alangkah lebih baik jika sikap baikmu ini juga diikuti dengan sikap tegas. Jangan segan berkata “tidak” jika memang kamu tak setuju tentang suatu hal. Berkata “tidak” tidak akan membuatmu jadi orang jahat. Justru orang lain akan segan karena kamu bisa menunjukkan batasan-batasan secara lugas.

Baik tapi harus tegas (gawkerassets.com)

Terlalu baik membuatmu mendapat image lembek dan lemah

Selalu menyetujui ucapan orang lain, selalu berkata “iya” dan nggak berani menolak, selalu mengikuti arus tanpa berani mengungkapkan pendapat bisa membuatmu dicap lembek. Image lembek dan lemah yang menempel padamu ini akibat sikapmu yang terlalu baik. Kamu nggak mau kan dianggap lembek oleh orang lain? Mulailah bersikap tegas dari sekarang!

Dapet image lembek dan lemah (koreaboo.com)

Pilihlah dengan siapa kamu akan bersikap baik

Bersikap baik memang wajarnya kepada semua orang. Tapi ada kalanya kamu harus selektif dan memilih kepada siapa kamu harus bersikap baik. Bukan karena kamu nggak adil, pilih kasih atau nggak tulus. Kamu hanya harus membentengi diri dari orang-orang yang berniat jahat padamu. Bersikap baiklah pada mereka yang benar-benar tulus padamu.

Pilih dengan siapa kamu akan bersikap baik (Pixhome)

Jadilah orang baik tapi jangan sampai terlalu baik

Kamu memang harus jadi orang baik, tapi jangan sampai sikap baik ini justru jadi kelemahanmu. Sebenarnya orang yang bersikap terlalu baik karena terintimidasi oleh lingkungan dan keadaan sekitarnya.

Jadi baik tapi jangan terlalu baik (bbci.co.uk)

Orang-orang ini hanya takut tak bisa membina relasi dengan orang lain sehingga mereka bersikap baik agar bisa diterima semua orang. Tapi terkadang sikap baik ini terlalu berlebihan hingga akhirnya justru menjadi perangkap untuk diri sendiri di kemudian hari.

Apapun alasannya jangan sampai kamu jadi orang yang terlalu baik. Berbuat baiklah secara wajar agar tak dimanfaatkan orang lain. Yuk belajar tegas mulai dari sekarang.

1.4k
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

"You can if you think you can"