Di Bulan Ramadhan Ini, Terima Kasih Telah Berhijab Meskipun Hanya Sebulan

Daripada tidak sama sekali, kan?

433
SHARES

Setiap bulan Ramadhan di Indonesia, selalu terjadi fenomena unik dimana banyak wanita yang tiba-tiba mengubah penampilan mereka menjadi begitu religius dengan mengenakan busana muslimah. Dari artis ibukota sampai wanita biasa, sama-sama melakukannya. Sayangnya, hal baik yang mereka pilih itu tidak berlangsung lama. Setelah momen Ramadhan dan Lebaran berakhir, pakaian hijab yang mereka banggakan selama sebulan itu pun hilang entah ke mana.


Nikita Mirzani, salah satu artis yang entah mengapa mendadak religius di bulan Ramadhan. | inovasee.com

Pahala berlipat ganda

Bulan Ramadhan memang menjadi kesempatan terbaik bagi umat Islam untuk berlomba-lomba menunaikan kebaikan. Karena seperti yang kita ketahui bersama, bahwa Ramadhan memiliki keistimewaan dibanding bulan-bulan lainnya. Di bulan yang penuh rahmat ini, segala amal kebaikan akan dibalas dengan pahala berlipat-lipat ganda. Itu janji Tuhan.

Janji Tuhan, pahala di bulan Ramadhan itu berlipat ganda. Maka banyak wanita yang kemudian berlomba-lomba untuk mendapatkannya. | penesan.com

Ramah Ramadhan hingga malu pada teman

Maka, dengan alasan itu, bermunculah berbagai acara televisi yang ramah Ramadhan. Dari kajian-kajian keagamaan, hingga acara gosip yang dipoles sedemikian rupa hingga para presenternya tampil begitu sopan dengan balutan hijabnya. Meskipun tetap saja itu acara gosip. Hm.. gosip yang islami?

Kita kesampingkan dulu konten-konten gosip yang selalu para presenter itu perbincangkan. Mari kita fokus dulu ke penampilan mereka. Berdasarkan pengamatan saya yang bukan penyuka acara gosip ini, alasan mengapa mereka tiba-tiba sangat tertutup di bulan Ramadhan itu ada tiga: ingin berbuat baik, belajar berhijab, dan tuntutan pekerjaan. Bahwa mereka benar-benar ingin melakukannya, sepertinya tanda itu tidak ada.

Ingin berbuat baik, belajar berhijab, dan tuntutan pekerjaan adalah alasan-alasan mengapa banyak artis yang tiba-tiba berhijab di bulan Ramadhan. | liputan6.com

Selanjutnya, mari kita tinggalkan hingar-bingar dunia artis dan beralih ke lingkungan wanita-wanita biasa. Dari ABG kota yang kekinian, gadis-gadis desa, ibu-ibu sosialita, sampai barisan emak-emak penyuka acara gosip, semua masuk di dalamnya. Sejalan dengan para artis, banyak dari mereka yang mendadak syar’i dengan mengenakan busana-busana muslimah terkini, entah karena murni ingin meraup banyak pahala, atau hanya karena malu melihat teman-teman mereka melakukannya.

Tak hanya para artis, para wanita biasa pun ikut-ikutan melakukannya. | okezone.com

Siklus tahunan

Fenomena yang mungkin hanya terjadi di Indonesia ini, entah mengapa, tidak pernah ada perkembangannya. Terbuka.. tertutup, terbuka.. tertutup, selalu begitu setiap tahunnya. Hingga (lagi-lagi) berdasarkan pengamatan saya, perilaku ini sudah seperti siklus tahunan yang susah sekali ditanggulangi, semacam banjir Jakarta lah pokoknya.

Dan seperti siklus tahunan, pakaian hijab itu pun kemudian disimpan untuk dikenakan lagi pada Ramadhan tahun depan. | youtube.com

Namun setidaknya, mereka sudah berusaha. Dan semangat mereka untuk menjalankan ibadah Ramadhan dengan mengubah penampilan itu, sangat layak diapresiasi. Bahwa pada akhirnya ada segelintir public figure yang nyaman dan ketagihan berhijab, itu merupakan prestasi yang luar biasa.

Semoga saja, di bulan Ramadhan tahun ini dan tahun-tahun mendatang, semakin banyak bermunculan para artis, ABG kota yang kekinian, gadis-gadis desa, ibu-ibu sosialita, dan barisan emak-emak penyuka acara gosip yang mengikuti jejak Zaskia Adya Mecca, Shireen Sungkar, atau Nicta Gyna.

433
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."