Seseorang yang Punya Teman Sedikit Jauh Lebih Bahagia, Ini Alasannya

Banyak teman belum tentu bikin bahagia~

Bagi sebagian orang, punya banyak teman merupakan kebanggaan. Apalagi kalau mereka berasal dari berbagai latar belakang, daerah, suku dan budaya. Pasti akan semakin menyenangkan ketika berbagi pengalaman, main bersama hingga tukar pikiran. Tak bisa dipungkiri, ada banyak manfaat yang akan didapatkan ketika memiliki banyak teman.

Sedikit teman (Everyday Power Blog)

Namun, ada juga yang justru nyaman dengan jumlah teman yang sedikit. Sebenarnya, jumlah bukanlah masalah dalam hal pertemanan. Paling utama adalah perihal kualitas yang dimiliki temanmu itu. Karena nyatanya banyak teman tak selalu menjamin kebahagiaan. Justru yang punya teman sedikit dianggap lebih bahagia, inilah alasannya.

Pertemanan lebih berkualitas

Pertemanan lebih berkualitas (PSILoveYou.xyz)

Dibanding yang punya puluhan teman namun tak bisa saling mengerti, memiliki dua sahabat setia yang bisa saling memahami dianggap lebih berkualitas. Persahabatan yang dijalin lebih intim dan dekat layaknya keluarga. Ikatan batin juga lebih mudah tersambung sehingga bisa saling paham satu sama lain meski tak harus dikatakan.

Bisa menikmati banyak hal

Semakin banyak teman yang kamu miliki, maka semakin banyak waktu yang harus kamu sediakan untuk bersosialisasi dengan mereka. Misalnya rutin membalas di grup chatting biar nggak dikira sombong, atau ikutan hangout bareng biar bisa terus eksis. Akibatnya waktu untuk dirimu sendiri terus berkurang.

Bisa menikmati banyak hal (Best Health Magazine)

Iya, kamu jadi sulit menikmati hidupmu sendiri. Bukannya melarang untuk sosialisasi, seandainya kamu punya sedikit teman, waktu quality-time akan jauh lebih berasa. Baik untuk dirimu sendiri maupun ketika bersama sahabat.

Lebih mudah mempertahankan persahabatan

Hidup akan terus berjalan ke depan dan berpindah-pindah. Mungkin sekarang kamu bisa berkumpul bersama sahabat dan teman, namun suatu saat semua akan menempuh jalan masing-masing. Ada yang pindah, meniti karir di luar daerah hingga menikah. Jika seperti itu, akan sulit mempertahankan persahabatan dan kedekatan.

Lebih mudah mempertahankan persahabatan (Berger Paints)

Apalagi jika temanmu sangat banyak, mustahil bisa menjaga kedekatan dengan semuanya. Kalau teman sedikit sih pastinya akan lebih mudah untuk dikumpulkan, nggak ribet apalagi banyak drama.

Tidak merasa bersalah saat kamu sibuk

Akan ada masanya ketika pekerjaan mengambil alih sebagian besar waktumu. Apalagi jika ada kesempatan untuk promosi jabatan, atau ingin mengembangkan karir, kesibukan bisa dua kali lipat lebih banyak. Jika temanmu banyak, akan sangat sulit untuk membagi waktu untuk setiap teman. Beruntung jika mereka mau mengerti kesibukanmu.

Tidak merasa bersalah saat kamu sibuk (People | HowStuffWorks)

Akan lebih mudah jika temanmu sedikit. Membagi waktu juga lebih mudah dan fleksibel. Apalagi sahabat biasanya lebih mengerti dan memahami diri kita sehingga tak perlu khawatir ketika kesibukan tak bisa dihindari.

Nah itulah beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan jika punya teman sedikit. Sedikit teman terkadang menjadi hal yang harus kita syukuri. terlebih jika mereka bisa saling mengerti dan memahami satu sama lain.

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *