Diundang ke Nikahan Mantan? Ini Tata Krama yang Tak Boleh Dilupakan

Jangan asal datang, pahami dulu sekian aturan dan tata krama ini. Biar kisahmu nggak ikut-ikutan viral!

Sudah banyak sekali kasus pilu ketika seseorang hadir di pernikahan mantan. Misalnya saja kisah Risna yang sempat viral beberapa waktu lalu karena hadir di pernikahan mantan yang telah menjalin hubungan selama 7 tahun. Kisah ini viral karena Risna nekat memeluk si mempelai laki-laki dan menangis di pelaminan. Ada juga kisah mempelai laki-laki menghampiri dan memeluk mantan yang sedang menyumbang lagu di pernikahannya hingga pingsan.

Tata krama ke pernikahan mantan (ytimg.com)

Sekian kisah viral tersebut seakan menggambarkan bagaimana rasanya ketika mantan menikah. Rasa sakit yang belum sembuh ketika putus hubungan seakan ‘diperparah’ ketika mendapatkan undangan pernikahan. Lalu, harus bagaimana jika kamu yang diundang ke pernikahan mantan?

Alih-alih menghindar, kamu justru harus datang dan mempersiapkan penampilan dengan baik. Tunjukkan padanya bahwa kamu baik-baik saja tanpa dia. Tapi sebelum itu, kamu harus tau serta pahami terlebih dulu aturan dan tata kramanya.

Ucapkan selamat secara wajar

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengucapkan selamat kepada kedua mempelai. Dengan catatan, harus dilakukan secara wajar seperti tamu-tamu yang lainnya. Tidak perlu basa-basi atau terlalu lama, apalagi sampai bicara hal-hal yang tidak penting. Ucapkan selamat seperlunya saja. Nggak mau kan jadi bahan ‘omongan’ karena mengucap selamat secara berlebihan?

Ucapkan selamat secara wajar (kelascinta.com)

Tak perlu mengumbar masa lalu

Jika ada yang bertanya atau mengajakmu ngobrol ketika di pernikahan mantan, tak perlu mengumbar kisah masa lalu kalian. Cukup sampaikan bahwa kamu teman dari pengantin pria/wanita. Tak perlu mengaku mantan apalagi sampai membuka aib dan masa lalu si mempelai.

Tak perlu mengumbar masa lalu (huffpost.com)

Jika kebetulan ada yang mengenali bahwa kamu mantan si mempelai, tunjukkan bahwa kamu baik-baik saja dengan pernikahan tersebut. Jangan memperlihatkan rasa sakit hati, sedih atau kecewa. Perlihatkan bahwa kamu bahagia dan sudah tidak ada hubungan lagi dengannya.

Tak perlu selfie dengan si mantan

Salah satu hal ‘wajib’ yang dilakukan ketika kondangan adalah selfie dan wefie bersama pengantin. Namun hal ini harus kamu urungkan ketika mantan yang menikah. Mengambil foto selfie dengan mantan kemudian mengunggahnya ke akun sosial media, hanya akan membuat situasi menjadi canggung dan kikuk. Apalagi kalau kamu juga menandai akunnya. Duh, jangan ya!

Tak perlu selfie dengan si mantan (dagelan.co)

Berikan angpao atau kado

Jangan hanya karena kamu sakit hati, kamu datang dengan tangan kosong. Bagaimanapun sakitnya, kamu adalah tamu yang diundang. Setidaknya bawa salah satunya, entah itu angpao atau kado yang layak.

Berikan angpao atau kado (kiplinger.com)

Sedih memang, tapi berusahalah menahan air mata

Jangan menangis, apalagi dihadapan kedua mempelai! Iya, kamu mungkin sangat sedih dan patah hati, namun kamu harus berusaha menahan air mata. Kamu hebat sudah berani datang dan melihatnya bahagia. Tapi jangan sampai mempermalukan diri sendiri dengan meratap di depannya. Apalagi seperti kisah viral di atas. Jangan ya…

Menahan air mata (thisisinsider.com)

Ketika kamu sudah tidak kuat menahan segala emosi, lebih baik segera pergi dan cari tempat yang lebih privasi. Disitu kamu berhak menumpahkan segala beban di hati. Menangis saja jika perlu, toh tak ada yang melihat atau tau apa yang terjadi.

Dan setelah itu kamu berhak mendapatkan penghargaan untuk diri sendiri. Tak mudah melihat dia yang dulu sangat dicintai, kini bersanding bahagia dengan orang lain. Kamu hebat!

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *