Bukan Tari Saman, Tapi Tari Ratoh Jaroe yang Jadi Tari Pembuka Asian Games 2018. Ini 8 Perbedaannya

Hayo, pasti kamu juga keliru salah mengiranya kaaaan?

Rangkaian acara yang membuka perhelatan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (18/8) lalu menyisakan banyak kisah-kisah menarik. Penonton dibuat kagum oleh 5.500 pengisi acara dan 141 musisi yang turut menyemarakkan acara tersebut.

Salah satu yang menarik perhatian adalah penampilan ribuan penari membawakan tarian daerah Aceh. Sempat salah sangka, banyak orang mengira bahwa tarian yang dibawakan adalah Tari Saman. Padahal, sesungguhnya Tari Ratoh Jaroe lah yang dipentaskan. Lalu, apa beda kedua tarian itu?

1. Penari

Meski sering dikira sama, namun tari Saman dilakukan oleh penari pria dengan jumlah ganjil. Sedangkan untuk menarikan Ratoh Jaroe, penari perempuanlah yang membawakannya dengan jumlah formasi genap.

2. Pemimpin

Tari Ratoh Jaroe dipimpin oleh Syakhi (penyair) yang duduk di luar formasi penari. Sedangkan tari Saman dipandu oleh Penangkat yang duduk di tengah formasi.

3. Bahasa syair

Jika tari saman memakai syair berbahasa Gayo, maka tari Ratoh Jaroe berbahasa Aceh

4. Pakaian

Penari Ratoh Jaroe memakai pakaian polos berpadu songket Aceh (hipwee)

Penari Saman biasanya memakai kostum pakaian tradisional Gayo berupa baju kantong bermotif kerawang. Untuk penari Ratoh Jaroe, pakaiannya polos berpadu dengan songket Aceh.

5. Gerakan

Tari Ratoh Jaroe dilakukan dalam posisi duduk dan berdiri, sementara tari Saman dilakukan duduk dengan gerakan utama tepuk tangan dan tepuk dada.

6. Pengiring

Tari Ratoh Jaroe diiringi alat musik Geundrang dan Rapa’i. (idntimes.com)

Tari Saman tidak diiringi alat musik dan hanya mengandalkan suara penari dan tepukan-tepukan. Sedangkan tari Ratoh Jaroe diiringi alat musik Geundrang dan Rapa’i.

7. Pencipta

Tari Saman dikembangkan oleh Syekh Saman, seorang ulama asal Gayo. Sedangkan tari Ratoh Jaroe gerakan dan gayanya diciptakan oleh anak Teungku Abdurrahim alias Habib Seunagan dan syairnya dibuat oleh Teungku Chik di Kala.

8. Asal-usul

Tari Ratoh Jaroe berkembang di Meudang Ara Rumoh Baro, Aceh Barat Daya. Sedangkan tari Saman berkembang di daerah Gayo, Aceh Tenggara.

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *