4 Kejanggalan Ini Menandakan Mesin ATM Telah Dimanipulasi

Hati-hati dan share informasi penting ini ya!

Tindak kejahatan di mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) sampai saat ini masih sering terjadi, namun sayangnya jarang ada yang peduli. Entah karena ketidaktahuan atau justru mengabaikan, para korban terus saja berjatuhan. Karena itu, mari kita pahami bagaimana kejahatan di mesin ATM itu terjadi.

softpedia.com
softpedia.com

Jika mau sedikit jeli, sebenarnya orang awam pun bisa dengan mudah membedakan mana mesin ATM normal dan mana yang sudah dimanipulasi. Berikut tanda-tandanya.

1. Ada pengganjal pada slot kartu

Bisa jadi, ini adalah trik yang paling mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Jika kamu melihat benda mencurigakan seperti kayu atau kain pada slot kartu, sebaiknya urungkan niat untuk menggunakan mesin ATM itu.

suratkabar.id
suratkabar.id

Pengganjal itu berfungsi untuk membuat kartu tertelan, yang selanjutnya akan dimanfaatkan oleh pelaku yang biasanya sudah menunggu di sekitar mesin ATM. Kejahatan seperti ini sangat sering terjadi pada mesin-mesin ATM yang berada di pinggir jalan sepi.

2. Lampu LED pada slot kartu ATM mati

Ini adalah modus kejahatan dengan menggunakan alat magnetic card reader atau yang biasa disebut skimmer. Untuk mengeceknya, yang perlu kamu lakukan adalah dengan memperhatikan bentuk slot kartu, apakah ada kejanggalan?

beritakompasiana.blogspot.com
beritakompasiana.blogspot.com

Kamu juga bisa melihat lampu LED pada slot kartu. Jika mati, bisa dipastikan mesin ATM itu sudah dipasangi skimmer pada bagian dalam.

3. Adanya kamera tersembunyi

Cara lain, pelaku kejahatan memasang kamera tersembunyi yang bertujuan untuk merekam nomor pin. Kamera ini biasanya dipasang dengan bentuk yang menyatu dengan mesin ATM, menyerupai atap pada bagian layar, misalnya.

vebma.com
vebma.com

Ketika kamu ingin menggunakan mesin ATM, perhatikan dulu semua bagian mesin. Kamu juga harus waspada dengan kemungkinan adanya kamera yang dipasang di belakangmu.

4. Mesin ATM tidak normal

Pelaku menggunakan software perusak mesin ATM yang berakibat hilangnya seluruh saldo rekening seseorang setelah menggunakan mesin itu. Sebenarnya ini adalah kejahatan yang paling sulit dikenali, namun pasti ada cara untuk meminimalisirnya.

tribratanewstuban.com
tribratanewstuban.com

Sebelum menggunakan mesin yang kamu curigai, sebaiknya tanyakan pada petugas yang menjaga apakah mesin ATM berjalan dengan baik. Biasanya dia akan mengecek dengan cara mengambil uang dengan jumlah sedikit. Jika berhasil, itu artinya mesin memang dalam keadaan normal.

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *