3 Trik Ampuh Hilangkan Rasa Takut Sebelum Interview Kerja, Biar Bisa Cepet Diterima!

Kunci utamanya adalah percaya diri

Untuk bisa mendapatkan pekerjaan memang bukan perkara mudah. Ada banyak serangkaian tes yang harus dilakukan, salah satunya adalah interview atau wawancara. Biasanya sih sesi interview ini dilakukan oleh HRD, bahkan beberapa ada yang berhadapan langsung dengan pemilik/ owner perusahaan. Tentu hal tersebut menyebabkan rasa nervous, bahkan takut sampai keringat dingin.

Takut sebelum wawancara kerja (nursingnotes.co.uk)

Rasa takut tersebut yang akhirnya membuat interview tidak berjalan lancar sesuai yang diinginkan. Lebih buruknya menjadi penyebab kegagalan sehingga tak diterima bekerja. Nah berikut ini ada beberapa tips bermanfaat yang bisa menghilangkan rasa takut, agar kamu lebih tenang sebelum wawancara kerja.

Pahami ulasan diri sendiri dan buat daftar prestasi yang telah dicapai

Sebelum masuk ke ruang wawancara, ada baiknya kamu baca kembali CV yang telah kamu buat. Introspeksi diri dan pahami apa saja ulasan yang telah kamu tuliskan. Jika perlu buat daftar prestasi yang pernah kamu raih. Sekecil apapun itu jangan sepelekan pencapaian dalam hal apapun. Jangan pernah berpikir kalau prestasimu biasa saja atau tak patut dibanggakan.

Pahami ulasan diri sendiri dan buat daftar prestasi yang telah dicapai (northeastern.edu)

Jika kamu bisa memahami diri sendiri, rasa percaya diri akan muncul. Yakin dan percaya kalau kamu bisa lebih baik dari yang mereka harapkan. Pun sekarang banyak perusahaan yang mencari karyawan yang kaya prestasi, bukan hanya pintar atau penampilan menarik saja.

Memiliki rencana matang yang akan kamu lakukan kedepan, baik untuk dirimu sendiri ataupun perusahaan

Bagi sebagian orang, rencana adalah angan-angan yang tak perlu diwujudkan. Hidup mereka kebanyakan hanya mengalir mengikuti arus saja. Nah yang seperti itu biasanya dianggap tak memiliki tujuan masa depan. Agar bisa diterima, kamu harus menyiapkan rencana matang untuk dirimu sendiri maupun perusahaan.

Memiliki rencana matang yang akan kamu lakukan kedepan, baik untuk dirimu sendiri ataupun perusahaan (elearn.id)

Misalnya setelah diterima kamu ingin belajar ini itu atau mencapai prestasi tertentu, ingin memajukan perusahaan di bidang keahlianmu dengan cara apa atau bagaimana. Setelah memiliki rencana, berjalanlah sesuai dengan yang kamu harapkan di kemudian hari. Jangan takut mengungkapkan rencana yang kamu miliki, justru mereka akan menilai kamu orang yang positif dan memiliki pandangan kedepan.

Tanamkan dalam diri bahwa, pewawancara ada di pihakmu

Salah satu alasan mengapa kamu diundang untuk wawancara karena pihak perusahaan yakin kamu memenuhi kriteria untuk menjadi karyawan. Mereka percaya CV, lamaran, dan berbagai dokumen yang kamu kirimkan sudah cocok dengan yang mereka cari. Oleh karena itu tanamkan dalam diri bahwa pewawancara ada di pihakmu, dia ingin kamu berhasil.

Tanamkan dalam diri bahwa, pewawancara ada di pihakmu (morganmckinley.com.cn)

Tak bisa dipungkiri proses perekrutan memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Maka perusahaan akan mencari kandidat yang benar-benar memenuhi syarat untuk dipanggil wawancara, ya karena memang tak mau rugi. Percaya saja, berhasil masuk ruang wawancara sama halnya kamu berhasil mengalahkan kandidat lainnya.

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menghilangkan rasa takut sebelum wawancara kerja. Jangan lupa berdoa terlebih dahulu sebelum masuk ruangan. Semoga berhasil!

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *