Karena 4 Hal Ini, Suporter Malaysia Iri Setengah Mati pada Kita, Suporter Indonesia

Karena dilihat dari mana pun, supporter Malaysia nggak ada apa-apanya dibanding kita!

Bicara soal supporter, dalam hal ini adalah supporter sepakbola, Indonesia memang sangat terkenal dengan totalitasnya. Bukan hanya kita, supporter dari negara lain pun mengaku salut dan iri setengah mati dengan keseriusan orang Indonesia saat mendukung tim kesayangan, salah satunya Malaysia.

Baca juga : Sepakbola Bukan Sekedar Olahraga, dari Kampanye Anti Sara Sampai Pemersatu Bangsa

Ada banyak hal yang membuat supporter Malaysia benar-benar iri dengan kita, supporter Indonesia. | jawapos.com

Memangnya, apa saja yang membuat supporter sepakbola Malaysia begitu kagum dengan kita, supporter Indonesia?

1. Chant

Faktanya, lagu penyemangat yang dinyanyikan oleh supporter Indonesia, baik itu untuk Timnas atau klub, banyak yang diminati supporter Malaysia. Selanjutnya bisa ditebak, mereka menyontek chant kita, lalu seperti biasa, mereka enggan mengakui dan mengklaim bahwa itu adalah asli ciptaan mereka.

Saking bagusnya, banyak chant asli ciptaan supporter Indonesia yang dijiplak supporter Malaysia. | timnassuporter.blogspot.com

Uniknya, ketika chant asli Indonesia itu dipakai juga oleh beberapa supporter di Thailand, supporter Malaysia marah karena dengan alasan plagiasi. Kalau sudah begini, supporter Indonesia yang menyaksikan dari jauh perseteruan itu, hanya bisa bingung dibuatnya sambil mengelus dada…

2. Sportivitas

Sportivitas supporter Indonesia bisa dibilang sebagai salah satu yang terbaik di seluruh dunia, apalagi untuk level Timnas. Hal ini, sangat bertolak belakang dengan kelakuan supporter Malaysia yang sering bikin malu. Pada Piala AFF 2010, misalnya, mereka bahkan dinobatkan sebagai supporter terburuk.

Pada laga apapun, supporter Indonesia masih jauh lebih sportif ketimbang supporter Malaysia. | performgroup.com

3. Suasana pertandingan

Di Indonesia, laga besar atau kecil itu sama, sama-sama dipenuhi supporter. Tapi di Malaysia, saat ada pertandingan kecil atau persahabatan, supporter-nya malah memilih mengurung diri di rumah dan menyaksikan pertandingan itu via televisi atau YouTube. Karena bagi mereka, hal itu tidak penting.

Hal seperti ini jarang terjadi di Malaysia. | bola.net

4. Rekor yang lebih baik

Meskipun kadang masih terjadi perang urat syarat di sana-sini, tapi supporter Indonesia masih jauh lebih sopan ketimbang supporter Malaysia. Di sana, banyak sekali catatan buruk yang harus diterima supporter. Atau mungkin juga, mereka justru bangga dengan rekor buruk yang mereka sandang itu.

Tidak seperti supporter Indonesia, banyak kelakuan supporter Malaysia yang jauh dari kata sopan. | jawapos.com

Contohnya, adalah saat Malaysia menjamu Arab pada tahun 2015. Di tengah pertandingan, supporter tuan rumah melempar banyak petasan ke lapangan hijau hingga pertandingan itu harus dihentikan. Selain itu, mereka juga sering memulai perselisihan dengan supporter dari Vietnam dan Thailand.

Jadi buat teman-teman, ingat, kita ini sudah diakui dunia sebagai salah satu supporter yang keren dan luar biasa. Maka, mari kita jaga kepercayaan itu bersama-sama . Dan mengetahui fakta bahwa supporter Malaysia ternyata iri dengan kehebatan kita, bukankah itu seharusnya bikin kita bangga?

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: “Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal.”

Pikir Sebelum Membeli. Karena Sebentar Lagi, Smartphone BM Nggak Bisa Digunakan Lagi

Nggak Cuma Ajang Meriahkan Kemerdekaan, 4 Lomba Ini Ternyata Punya Makna yang Tak Diketahui Banyak Orang