Spot Sunset dan Sunrise di Malang yang Harus Khatam Kamu Kunjungi

Malang adalah surganya para traveler, apalagi yang hobi berburu sunrise dan set.

Malang memang tak seperti dulu lagi, udara dingin hanya tinggal kenangan. Apalagi di pusat kotanya, baik malam atau siang hari terasa panas. Namun ada juga yang tidak berubah yaitu eksotisme pariwisatanya yang beragam dan bikin nagih untuk bertandang lagi dan lagi. Luasnya Malang yang membentang dikelilingi pegunungan membuat Kota Apel itu pantas dijuluki sebagai surganya traveler. Mulai dari pantai hingga puncak gunung, hampir semua wisata ada di Malang dan sekitarnya. Termasuk juga kuliner dan wisata belanja yang ramah bahkan untuk traveler nekat sekalipun. Kamu juga bisa menyaksikan secara langsung fenomena matahari terbit dan terbenam secara langsung. Atau istilah kerennya adalah sunrise dan sunset, hingga saat ini kedua fenomena itu masih dianggap keren dan menakjubkan.

Baca juga : Mbah Rasimun, Pria Tua Pembuat Payung Kertas yang Produknya Berhasil Mendunia

Matahari yang menunjukkan sinarnya sedikit demi sedikit dari balik cakrawala membuat hati tentram dan penuh dengan rasa syukur bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa. Begitu juga saat sunset yang tak kalah indah. Menyaksikannya juga bukanlah hal yang mudah, karena kamu tidak bisa melihat sewaktu-waktu. Kadang kamu tidak bisa menyaksikan sunrise dan sunset di satu tempat, namun di malang ada beberapa spot yang bisa kamu datangi untuk melihat cantiknya matahari di pagi dan sore hari. Penasaran di mana saja itu? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Pantai Ngliyep

Malang memiliki banyak pantai dengan keunikan masing-masing. Tak semua pantai menyuguhkan spot sunset yang menawan. Salah satu yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Ngliyep. Berada di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, pantai ini cukup mudah untuk dijangkau karena sudah tersedia akses jalan yang memadai.

Pantai Ngliyep [via rentalmotordimalang.com]
Pantai Ngliyep [via rentalmotordimalang.com]
Untuk sampai ke Pantai Ngliyep, kamu bisa menggunakan kendaraan umum atau pribadi dan menempuh perjalanan sekitar 62 km. Bukan hanya menikmati deburan ombak dan aroma pantai yang khas, saat sore datang dan matahari sudah bersiap untuk terbenam, kamu akan menikmati sensasi pemandangan sunset yang memukau. Cahaya kuning kemerahan seakan mewarnai langit dan membuat panorama di Pantai Ngliyep makin cantik.

2. Pantai Gua China

Jauh dari Ngliyep ada yang namanya pantai Gua China. Sama seperti pantai lain di Malang, Gua China menghadap ke Samudra Hindia, namun bukan berarti kamu tidak bisa menikmati sunset. Justru penampakan matahari terbenam jadi unik dan beda dari yang lainnya. Termasuk juga sunset di Pantai Gua China.

Pantai Gua China [via jalankemana.com]
Pantai Gua China [via jalankemana.com]
Disebut begitu karena memang ada gua di sebuah tebing pantai. Pulau-pulau kecil di seberang pantai juga akan memanjakan matamu dan membuat ombak terlihat makin eksotis. Warna air laut yang kebiruan ditambah dengan pasir putih yang menawan dijamin akan membuat liburanmu tak terlupakan. Saat senja menjelang, jangan melewatkan untuk menyaksikan sunset.

3. Pantai Batu Bekung

Pantai Batu Bekung lokasinya dekat dengan Gua China hanya beberapa menit perjalanan sudah sampai. Sensasi sunset yang tak kalah cantik dari Pantai Gua China juga akan kamu dapatkan jika bertandang ke Panati Batu Bekung. Memang ombaknya lebih ganas, dan tidak disarankan untuk berenang.

Pantai Batu Bekung [via anomharya.com]
Pantai Batu Bekung [via anomharya.com]
Namun, jika kamu tiba di saat yang tepat ketika air laut surut kamu bisa berenang. Kemudian di sore hari ada pemandangan matahari terbenam. Langit terlihat keemasan dan air laut yang tenang di kejauhan membuat hati jadi terasa tentram dan nyaman. Akses jalan ke pantai ini telah diaspal dengan baik jadi perjalananmu akan lancar.

4. Puncak Panderman

Untuk sunrise atau matahari terbit kamu bisa mendaki ke puncak Gunung Panderman yang ada di Kota wisata Batu, Malang. Saat cuaca cerah kamu bisa menikmati awan layaknya seperti lautan dan langit keemasan diterpa sinar matahari sedikit demi sedikit. Puncak Panderman ada di ketinggian 2045 mdpl. Bukan hanya sensasi sunrise tapi siluet gunung Arjuna dan Welirang juga akan memanjakan matamu.

Panderman [via kemonholiday.com]
Panderman [via kemonholiday.com]
Ditambah dengan gagahnya Gunung Semeru di Sebelah  Timur. Sungguh pemandangan Alam yang begitu mempesona. Sebanding dengan tenaga yang kamu keluarkan untuk mendaki setapak demi setapak demi bisa sampai ke puncak.

Itulah beberapa spot sunset dan sunrise yang ada di Malang. Jadi nggak sabar ingin menyaksikannya secara langsung kan?

Bagaimana Menurutmu?

She's busy with her life goals: living life to the fullest. a sky lover, sunrise hunter.

4 Cara Agar Kamu Nggak Repot Saat Traveling Bareng Anak Kecil

Asal Tidak Melakukan 4 Hal Ini, Motor Matic-Mu Bisa Awet Sampai Ke Anak Cucu