Suka Duka Admin Media Sosial yang Tak Banyak Diketahui Netizen Budiman

Jangan jadi admin, kamu tak akan kuat, biar kami saja….

Bekerja di industri kreatif saat ini bayak sekali pilihannya, salah satunya di bidang media sosial. Mungkin kamu sebagai seorang netizen pernah berpikir bahwa, admin memiliki tugas yang mudah dan menyenangkan.

Suka Dukanya Admin Media Sosial. (jabarnews.com)

Bahkan beberapa orang menganggap remeh pekerjaan tersebut. Padahal mengelola akun media sosial tak sesederhana itu. Banyak suka duka yang harus dirasakan setiap harinya. Untuk kamu yang masih saja menganggap enteng kerja admin, pahami dulu beberapa poin di bawah ini.

Tak sembarangan menyajikan konten

Semua gambar dan konten yang tersaji di media sosial bukanlah hasil asal pasang. Artinya tidak semua hal bisa diunggah sesuka hati. Butuh riset konten secara mendalam, apa saja yang sedang booming, disukai netizen atau yang dibutuhkan para pembaca. Lebih rumit lagi jika harus dikaitkan dengan branding akun yang dipegang.

Tak sembarangan menyajikan konten (id.jobgoody.com)

Membalas komentar juga tak semudah itu

Namanya saja netizen, terkadang melontarkan pertanyaan yang sama sekali di luar dugaan. Bahkan banyak yang melenceng dari topik obrolan. Ada yang pertanyaannya mudah ada juga yang susah, nah sebagai admin dituntut serba tau. Misalnya menjelaskan masalah teknis, pengiriman hadiah, produk yang dijual, fungsi dan manfaat dan sebagainya. Jangan sampai dalam menjawab pertanyaan justru menimbulkan salah paham.

Membalas komentar netizen (Instagram @drama.sosialmedia)

Media sosial selalu aktif 7×24 jam

Kalau toko biasa sih masih bisa tutup ketika tanggal merah, hari libur bahkan hari raya. Tapi kalau media sosial, tak akan ada matinya. Admin dituntut terus aktif menyapa followers-nya, menyelesaikan deadline setiap hari, bahkan mau tak mau harus rajin mengecek notifikasi. Jangan heran kalau kamu punya teman seorang admin, padangannya tak bisa lepas dari layar ponsel meski sedang jalan bareng.

Media sosial selalu aktif 7×24 jam (blogkarirdotcom.files.wordpress.com)

Diganggu customer tengah malam pun mereka sabar

Mungkin poin satu ini lebih ke admin onlineshop ya yang mengharuskan mereka selalu fast respone kepada para pelanggan. Bukan masalah jika masih jam kerja, tapi kadang ada juga pelanggan iseng yang minta totalan order di tengah malam, atau telpon hanya untuk memastikan barang tersedia atau tidak. Bangun tengah malam sudah biasa untuk para admin yang budiman.

Diganggu tengah malem (hipwee.com)

Harus bisa menyingkat informasi tanpa mengurangi maknanya

Kamu pasti paham kalau karakter di media sosial sangatlah terbatas, berbeda dengan pesan teks lewat aplikasi chatting. Sebagai admin, mereka dituntut untuk bisa memilih gambar, mengolah kata dan diksi sebagai caption. Tidak boleh terlalu panjang tapi juga tak boleh menghilangkan makna kalimat. Pun harus yang mencuri perhatian agar pembaca tertarik. Pernah membayangkan bagaimana hidup admin di zaman Twitter 140 karakter?

Harus bisa menyingkat informasi tanpa mengurangi maknanya ((Instagram @drama.sosialmedia)

Nah itulah beberapa suka duka yang dialami para admin di luar sana, apalagi netizen zaman sekarang sangat sulit ditebak apa maunya. Masih menganggap admin pekerjaan yang menyenangkan?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *