5 Alasan Logis Kenapa Suami Seharusnya Dapat Cuti Panjang Ketika Istri Melahirkan

Coba ajukan ke bos tentang cuti ini

Sudah menjadi sebuah pemandangan umum apabila seorang wanita mendapatkan keistimewaan dengan adanya cuti khusus melahirkan. Bahkan lama cuti bisa mencapai 3 bulan lebih tergantung dari keadaan si wanita. Namun bagaimana dengan suami? Sepertinya belum ada perusahaan yang memberikan cuti melahirkan bagi suami, utamanya di Indonesia.

Baca juga : Surat Kecil Untuk Para Laki-laki yang Suka Menghianati dan Menyakiti Hati Perempuan

Suami Seharusnya Dapat Cuti Panjang Ketika Istri Melahirkan (pinimg.com)

Memang benar sih yang melahirkan si istri. Suami hanya mendampingi dan memberikan support. Tapi di negara-negara maju suami juga mendapatkan cuti panjang ketika si istri melahirkan. Lamanya bisa dari 3 hingga 5 bulan. Meskipun cuti, upah tetap dibayarkan dengan presentase 60 hingga 80%.

Lalu, apa sih peran suami hingga harus mendapatkan cuti panjang seperti si istri? Berikut ini alasan logisnya.

Merasakan penderitaan dan perjuangan istri dari mulai hamil hingga melahirkan

Peran suami memang sangat vital ketika istri hamil. Dengan mendampingi istri mulai dari awal kehimal hingga berhasil melahirkan bayi ke dunia, suami bisa tau dan merasakan betapa beratnya menjadi seorang ibu.

Merasakan penderitaan dan perjuangan istri dari mulai hamil hingga melahirkan (media.tio.ch)

Efek nyatanya, suami akan makin menyayangi dan menghormati istri. Selain itu suami juga lebih sayang kepada ibunya. Rasa empati akan tumbuh, kesetiaan akan terjalin dan mental akan semakin kuatserta matang.

Memulihkan mental istri dan membantu merawat bayi

Utamanya yang baru pertama kali mengandung dan melahirkan, mental seorang ibu sangat diuji disini. Sakitnya melahirkan serta repot dan melelahkannya merawat bayi yang baru lahir tidak jarang mendatangkan baby blues syndrome. Saat inilah peran suami sangat dibutuhkan.

Memulihkan mental istri dan membantu merawat bayi (fatherhood.gov)

Suami bisa membantu menenangkan si bayi, siaga ketika istri butuh sesuatu, ataupun meng-handle bayi khususnya saat malam hari. Proses seperti ini tentu tidak singkat. Setidaknya sampai mental istri kembali normal seperti sedia kala.

Jika punya anak lainnya, suami bisa membantu merawat

Tidak semua keluarga mampu dan mau menggunakan jasa baby sitter. Masih banyak yang memilih mengurus buah hatinya secara mandiri agar pendidikan mental dan karakternya terjamin. Nah peran ayah dibutuhkan banget untuk keluarga yang seperti ini.

Jika punya anak lainnya, suami bisa membantu merawat (postpartum.net)

Nggak cuma mengawasi dan ngajak main, ayah juga harus memberikan pemahaman untuk si kakak tentang adik yang baru lahir. Ini dilakukan agar tidak muncul kecemburuan antar saudara kandung.

Menjalin ikatan kuat antara ayah-anak

Menemani detik-detik istri melahirkan, melihat anaknya lahir kedunia, mendengar tangisannya untuk pertama kali hingga belajar berbagai hal agar bisa ikut mengurus bayi. Dari hal-hal inilah ikatan ayah dan anak bisa terjalin erat. Jadi peran ayah tak hanya mencari nafkah namun juga mendampingi tumbuh kembang anak.

Menjalin ikatan kuat antara ayah-anak (bojanakorach.com)

Dengan menyaksikan pertumbuhan di bulan-bulan pertama, perasaan ayah bisa sangat dibangkitkan. Perasaan bangga, bahagia, terharu, semua campur aduk menjadi satu dan makin menguatkan ikatan batin ayah anak.

Membantu mengerjakan pekerjaan rumah

Selama ini pekerjaan rumah menjadi tugas istri, padahal sebenarnya ini tanggung jawab berdua dengan suami. Disaat kondisi istri sedang dalam pemulihan paska melahirkan, otomatis tugas rumah tangga ini mau nggak mau beralih ke suami.

Membantu mengerjakan pekerjaan rumah (vanmetrehomes.com)

Utamanya keluarga yang tidak memiliki pembantu rumah tangga. Kalau sudah begini suami memang harus mengerjakan apapun yang bisa dikerjakan. Inilah mengapa suami perlu juga mendapat cuti panjang agar bisa fokus membantu istri hingga kondisinya benar-benar pulih.

Danitulah sekian alasa kenapa seorang suami juga membutuhkan cuti panjang ketika istrinya melahirkan. Coba deh ajukan usulan ini ke bos kamu, siapa tau di setujui.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Deretan Jajanan Legendaris Depan Sekolah yang Akan Membuatmu Kangen Masa Sekolah Dulu

Perpaduan Golongan Darah Ini Diyakini Sebagai Kombinasi Pasangan Terbaik