Stop Memakai Sedotan Plastik yang Berbahaya, Ini 5 Penggantinya yang Lebih Aman

Kampanye pengurangan sedotan plastik tengah ramai digalakkan. Sudahkah siap untuk menjadi salah satu pendukungnya?

Menurut National Geographic, setiap tahunnya ada lebih dari delapan juta ton limbah sedotan plastik yang hanyut terbawa arus laut. Meski terlihat sederhana, namun sedotan plastik ternyata bisa sedemikian berbahayanya bagi kelestarian biota laut.

Sedotan plastik mampu menyumbang delapan juta polusi di lautan (sott.net)

Mulai dari tersangkut di badan, hingga termakan oleh hewan-hewan laut yang mengakibatkan keracunan adalah beberapa dampak dari sedotan plastik yang hanyut di lautan. Tak heran jika kemudian muncul banyak kampanye untuk mengurangi penggunaan sedotan plastik dan menggantinya dengan bahan yang lebih ramah lingkungan. 5 bahan berikut ini alternatifnya:

1. Sedotan kertas

Sedotan kertas menarik untuk digunakan. Tapi perhatikan dulu komposisi pewarnanya ya. (well-hosted.com)

Jangan keburu heran mendengar ada sedotan yang terbuat dari kertas, karena nyatanya sedotan jenis ini juga bisa berfungsi sama baiknya dengan sedotan plastik. Kamu juga tak perlu khawatir sedotan ini akan mudah hancur terkena air karena sudah dibuat dengan kertas yang digulung hingga padat dan kokoh. Untuk penggunaan terbaik, perhatikan jenis kertas pewarna yang digunakan agar tetap aman.

2. Sedotan bambu

Selain ramah lingkungan, sedotan bambu juga punya sensasi unik karena punya aroma khas. (bunkoza.com)

Karena sifatnya yang mudah terurai, sedotan bambu baik untuk lingkungan. Pemanfaatan batang bambu berukuran kecil sebagai sedotan juga membuat kita sayang untuk menggunakannya sekali pakai. Aroma yang dikeluarkannya pun terasa khas sehingga ada sensasi unik tersendiri yang tidak bisa kita dapatkan dari sedotan plastik.

3. Sedotan akrilik

Sedotan akrilik membuat kita bisa menggunakannya berulang kali, tidak sekali pakai layaknya sedotan plastik. (alibaba.com)

Saat ini sudah banyak dijumpai sedotan berbahan akrilik warna-warni dengan aneka hiasan yang membuatnya lebih menarik. Selain sedap dipandang, sedotan jenis ini juga lebih tahan terhadap suhu panas maupun dingin. Sayangnya, ia mudah retak dan pecah jika digunakan dalam jangka waktu lama. Jadi, kamu perlu ekstra hati-hati saat memakai ataaupun mencucinya.

4. Sedotan stainless steel

Bahan stainless steel yang kuat membuat kita bisa membawanya kemana saja dan tidak perlu takut mudah rusak. (dhgate.com)

Mungkin, inilah jenis sedotan yang bisa awet dipergunakan untuk jangka waktu lama karena terbuat dari bahan stainless steel yang kuat pada suhu dingin ataupun panas dari minuman. Bentuknya yang kokoh pun membuat kita bisa membawanya kemana saja tanpa takut rusak atau patah.

5. Sedotan silikon

Sama seperti sedotan kertas, kamu juga perlu memperhatikan terlebih dahulu bahan pewarnanya. (aliexpress.com)

Tekstur silikon yang letur dan lembut membuatnya tidak mudah rusak saat dilipat. Kita pun jadi bisa mempergunakannya berkali-kali karena sedotan ini juga mudah dibersihkan. Untuk keamanan, kamu perlu memperhatikan bahan dasar pewarna yang digunakan agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan.

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *