Soal Misteri Jodoh, Hubungan Pernikahan Bukanlah Jawaban Akhirnya. Tetaplah Pupuk dengan Cinta

Jadi yang menikah denganmu belum tentu jodoh terakhirmu…

Pernikahan dan jodoh, dua kata yang sering bersanding bersama dalam satu momen. Banyak orang yang mengatakan jika pernikahan merupakan sebuah jawaban dari misteri soal jodoh. Tidak sedikit pula yang menggangap setelah menikah, kita tidak perlu memikirkan lagi persoalan jodoh.

Misteri jodoh dan pernikahan (wpnature.com)

Ada sedikit benarnya juga sih, namun perlu sudut pandang lain untuk mengetahui hubungan antara pernikahan dan jodoh. Soal jodoh memang perkara ghaib, yang mana manusia tidak mempunyai daya dan upaya untuk mengetahuinya, kecuali sedikit. Persoalan jodoh, rejeki dan kematian memang mutlak hanya Tuhan yang tahu seluk beluknya.

Lalu kembali ke pertanyaan awal, apakah pernikahan berarti jawaban dari siapa jodoh kita? Lalu apakah setelah menikah berarti kita tidak perlu lagi memikirkan persoalan jodoh kita? Untuk menjawab hal itu, penting kiranya kita mengetahui konsep jodoh terlebih dahulu.

Konsep jodoh sama dengan konsep takdir

Mungkin kamu pernah dengar, pernyataan yang mengatakan jika jodoh itu sudah ditakdirkan Tuhan sebelum manusia lahir di dunia. Yah, sebagai umat beragama kita yakin dengan pernyataan ini. Jodoh merupakan takdir, yang mana keduanya sudah digariskan oleh Tuhan untuk kita.

Jodoh kita sudah ditakdirkan Tuhan (terapiotak.com)

Tetapi, persoalan takdir, apakah kita tidak punya upaya untuk merubahnya? Dari beberapa dalil agama, takdir bisa diubah dengan doa, ikhtiar, dan amalan baik. Artinya, ada campur tangan manusia dalam persoalan takdirnya. Pun dengan jodoh, meskipun sudah digariskan oleh Tuhan, namun dalam pelaksanaannya masih harus ada campur tangan manusia itu sendiri untuk menjalankannya.

Apakah pernikahan merupakan berakhirnya perjalanan misteri jodoh kita?

Pemahaman di masyarakat kita banyak yang menganggap, jika pernikahan merupakan momen berakhirnya perjalanan misteri jodoh kita dalam kehidupan di dunia. Padahal, justru pernikahan merupakan awal kita memasuki misteri jodoh yang sesungguhnya.

Pernikahan awal dari perjalanan jodoh (wajibbaca.com)

Jodoh dalam hal ini bisa diartikan sebagai pasangan yang sudah ditakdirkan oleh Tuhan untuk kita, untuk menjalin hubungan secara resmi, agar tercipta rasa cinta, kasih sayang, dan kenyamanan. Artinya, saat kita melakukan prosesi pernikahan, kita baru menemukan jodoh kita, tapi persoalan misteri jodoh kita belum selesai, bahkan baru dimulai.

Momen pernikahan (hipwee.com)

Bisa jadi yang menikah dengan kita ternyata tidak berjodoh seumur hidup. Atau bisa jadi hubungan pernikahan kandas di tengah jalan, dan masing-masing pasangan menikah lagi dengan orang lain atau jodoh barunya. Inilah kenapa pernikahan dinyatakan bukan akhir persoalan jodoh kita. Karena persoalan jodoh ialah sebuah rangkaian proses, siapapun yang bisa menjalani proses tersebut dengan baik, maka hubungannya bisa sampai finish dengan selamat.

Campur tangan manusia dalam persoalan jodohnya

Misal, A menikah dengan B, kemudian beberapa tahun mereka bercerai. Tidak beberapa lama A menikah lagi dengan C, dan B menikah lagi dengan D. Pertanyaannya, apakah A dan B memang tidak berjodoh, dan apakah jodoh A adalah C dan Jodoh B adalah D?

Jika dilihat dari sudut pandang agama, saat A dan B menikah mereka baru menemukan jodohnya. Artinya mereka berjodoh, tetapi mereka gagal dalam menjalankan proses jodoh tersebut. Hingga akhirnya masing-masing menemukan jodoh yang baru.

Memupuk jodoh dengan cinta dan kasih sayang (terapiairberkah.com)

Kegagalan pernikahan A dan B bukan berarti mereka tidak jodoh. Sebab saat seseorang menikah, berarti dia sudah menemukan jodohnya. Tetapi kegagalan A dan B dikarenakan keduanya tidak bisa mengatur bagaimana agar jodoh itu terus berjalan bersama.

Nah, disinilah titik terangnya, jika ada peran campur tangan manusia dalam persoalan jodoh. Artinya, saat sudah menikah, kamu tetap harus memupuk jodohmu dengan kasih sayang, cinta, kelembutan dan keharmonisan, agar jodohmu selalu awet dan berbuah ketenangan dalam cinta yang ada.

Jangan sampai mentang-mentang sudah menikah, kamu anggap sudah menemukan jodohmu, lalu kamu biarkan pasanganmu hidup dalam kegelisahan karena kurang kamu perhatikan, serta kurang diberi cinta dan kasih sayang. Ingat, jodoh sejati akan langgeng sampai di surga nanti!

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *