Soal Bendera Indonesia yang Terbalik di Buku Panduan Sea Games 2017, Malaysia Kembali Berulah?

Jadi, ini disengaja atau tidak?

Hubungan antara Indonesia dan juga Malaysia kembali menegang saat ini. Di tengah meriahnya pesta pembukaan Sea Games 2017 yang diadakan di Kuala Lumpur, Indonesia kembali dibuat kecewa oleh Malaysia. Bagaimana tidak, bendera Indonesia ditemukan terbalik pada buku panduan resmi Sea Games 2017 yang dikeluarkan oleh Malaysia.

Baca juga : Dengan Melakukan Satu Hal Ini, Peluang Indonesia Ke Piala Dunia Lebih Lebar Daripada Negara Asia Lainnya

Temuan ini pertama kali diungkap oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, di tengah acara pembukaan yang kemudian dia bagikan melalui akun Twitter. Insiden ini tentu sangat mengecewakan dan mencederai persahabatan kedua negara. Tak heran, dari sekian banyak bendera dari berbagai negara yang terpasang dengan benar, hanya bendera Indonesia yang terbalik. Kesalahan ini muncul pada halaman 80 dari buku panduan tersebut.

Insiden ini tentu memancing kekecewaan dari banyak pihak. Menurut Imam Nahrawi, kesalahan tersebut tak bisa diterima sekaligus menciderai Indonesia sebagai bangsa yang besar. Mengingat Sea Games adalah ajang resmi yang di ikuti negara-negara se-ASEAN. Imam bahkan mengecam keras keteledoran yang dibuat oleh panitia pelaksana.

Tagar #ShameOfYouMalaysia bahkan menjadi trending topic

Akibat kesalahan yang amat fatal tersebut, tak hanya pemerintah yang dibuat geram. Masyarakat Indonesia juga menyampaikan kekecewaan mereka melalui akun sosial media. Bahkan tagar #ShameOfYouMalaysia menjadi trending topic Twitter saat ini.

Tagar #ShameOfYouMalaysia jadi Trending Topic (seword.com)

Tagar ini menjadi cerminan betapa kesalnya netizen Indonesia dengan sikap Malaysia yang dianggap kembali berulah. Setelah sebelum-sebelumnya Malaysia sering mengklaim kebudayaan milik Indonesia, kini bahkan melecehkan Indonesia dengan membalik warna lambang negara yang dianggap sakral.

Iya, dalam buku panduan tersebut bendera Indonesia bukanlah merah putih, melainkan putih merah layaknya bendera Polandia.

Tak hanya dalam buku panduan, bendera terbalik juga terdapat dalam koran Malaysia

Rupanya, insiden bendera terbalik pada buku panduan ini bukanlah kesalahan satu-satunya. Baru-baru ini netizen juga menemukan kesalahan serupa pada sebuah koran milik Malaysia. Foto koran yang memuat gambar bendera Indonesia yang terbalik ini di unggah oleh akun Twitter @kamto_adi.

Bagaikan api yang disiram bensin, beredarnya foto ini semakin membuat kemarahan netizen memuncak. Banyak netizen yang mengganggap kesalahan ini disengaja oleh Malaysia untuk menjatuhkan Indonesia.

Malaysia meminta maaf

Pemerintah Indonesia tentu tak tinggal diam, begitupula dengan pemerintah Malaysia. Diketahui, Menpora Malaysia Khairy Jamaluddin telah bertemu langsung dengan Menpora Imam Nahrawi untuk menyampaikan permintaan maafnya terkait insiden bendera yang terbalik.

Tak hanya kepada Menpora, pemerintah Malaysia yang diwakili oleh Menpora Khairy Jamaluddin juga menyampaikan permintaan maafnya kepada seluruh rakyat Indonesia. Bahkan Jamaluddin memastikan bahwa pihak Kerajaan Malaysia juga akan mengeluarkan permohonan maaf resmi kepada Indonesia terkait kesalahan fatal tersebut.

Jadi menurut kamu, apakah Malaysia sengaja melakukan kesalahan ini?

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Belajar Sukses Ala Best CEO Whisnutama, Sang Maestro Televisi Generasi Millenial

Karena 5 Alasan Ini, Cewek yang Naik Matic Selalu Bikin Cowok Jatuh Hati