Pikir Sebelum Membeli. Karena Sebentar Lagi, Smartphone BM Nggak Bisa Digunakan Lagi

Kalau di Indonesia, smartphone BM itu sembunyi dibalik perlindungan garansi distributor

Di negara kita, keberadaan smartphone BM alias Black Market begitu melimpah dan masih menjadi primadona. Bahkan, smartphone yang tidak disertai garansi resmi ini dijual terang-terangan dengan kedok garansi distributor. Tapi sebentar lagi, membeli smartphone BM sama saja dengan bunuh diri.

Smartphone BM menjadi primadona di Indonesia karena harganya yang murah. | pocket-lint.com

Sistem pemblokiran IMEI

Lantaran kesal dirugikan triliunan rupiah setiap tahunnya, pemerintah sebenarnya sudah berkali-kali berusaha meminimalisir masuknya smartphone BM yang terkenal murah ini ke Indonesia. Tapi, usaha-usaha seperti razia di pelabuhan dan toko-toko smartphone nyatanya tidak mempan mengatasinya.

Razia semacam ini sekarang sudah tidak efektif lagi untuk memberantas peredaran smartphone BM. | metrotvnews.com

Karena itu, sebentar lagi pemerintah akan menggunakan cara baru yang diyakini bakal sukses mematikan pasar smartphone BM di Indonesia. Pemerintah akan menerapkan sistem pemblokiran IMEI yang merupakan nomor identitas smartphone, layaknya nomor rangka pada kendaraan bermotor.

Regulation and Blocking System

Sistem pemblokiran IMEI yang akan digunakan adalah Regulation and Blocking System (DIRBS). Bekerja sama dengan perusahaan operator, Kominfo dan Qualcomm, pemerintah yang diwakili oleh Kemenperin akan menyaring nomor IMEI mana saja yang terduplikasi di seluruh Indonesia.

Sebentar lagi IMEI akan menjadi hal terpenting saat ingin membeli smartphone. | wonderhowto.com

DIRBS memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi, mendaftarkan, dan mengontrol akses jaringan seluler melalui IMEI. Ini merupakan ide brilian yang bisa digunakan untuk melacak smartphone ilegal tanpa mempengaruhi device yang saat ini telah diaktifkan dan yang sudah beredar di pasaran.

DIRBS mampu memverifikasi IMEI smartphone yang menggunakan jaringan dari operator, mengacu pada database yang dimiliki oleh Kemenperin dan GSMA untuk memastikan keabsahan IMEI. Selain itu, DIRBS juga pintar mengidentifikasi IMEI mana saja yang diduplikasi dari smartphone lama.

Jadi kesimpulannya, DIRBS tidak akan berpegaruh pada smartphone BM yang mungkin saat ini sudah kamu miliki. Tapi ingat, ketika kamu punya rencana untuk mengganti smartphone lamamu, jangan pernah berpikir untuk membeli smartphone ilegal di bawah perlindungan garansi distributor lagi.

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

4 Pendakwah Ini Dibanjiri Hujatan Karena Dakwahnya yang Kontroversial

Karena 4 Hal Ini, Suporter Malaysia Iri Setengah Mati pada Kita, Suporter Indonesia