Biar Belanja Online Makin Aman Bebas Penipuan, Gunakan Situs Ini Yuk Untuk Cek Rekening Penjual

Jangan sampai kamu menjadi korban penipuan online, segera laporkan agar pelaku jera, begini caranya!

Perkembangan teknologi yang begitu pesat memang memudahkan pekerjaan sehari-hari. Semuanya seakan bisa dilakukan hanya dengan “menyentuh” layar ponsel. Seperti misalnya berbelanja, di zaman modern seperti sekarang ini, toko online sepertinya jauh lebih digemari daripada toko offline.

Belanja Online (telegraph.co.uk)

Alasannya sederhana, karena konsumen tak perlu repot mendatangi toko hanya untuk berbelanja. Cukup bermodal ponsel saja sudah bisa mendapatkan barang yang diinginkan. Selain bisa menghemat waktu dan tenaga, pilihannya pun sangat beragam.

Hanya saja masih banyak kekurangan toko online, salah satunya perihal penipuan yang sering terjadi. Iya, banyak kasus penipuan jual beli online yang menimbulkan kerugian tidak sedikit. Kekhawatiran inilah yang kemudian menurunkan daya beli masyarakat. Namun sepertinya sekarang kamu tak perlu khawatir lagi. Karena Kementerian Komunikasi dan Informatika kini membuat situs yang dianggap bisa mengurangi transaksi penipuan online.

Situs resmi Kominfo (cekrekening.id)

Situs dengan nama cekrekening.id ini dibuat pada tahun 2017 dan kini tengah viral. Portal ini mengumpulkan database rekening bank yang diduga terindikasi tindak pidana penipuan online. Jadi, para konsumen bisa mengecek rekening bank penjual dulu di situs ini, sebelum mentransfer uang.

Contoh rekening yang pernah dilaporkan (cekrekening.id)

Ada banyak jenis rekening yang bisa dilaporkan pada situs ini. Misalnya saja penipuan, investasi palsu, narkotika dan obat terlarang, terorisme dan berbagai kejahatan lainnya yang melibatkan transaksi digital. Cara pelaporan pun cukup mudah dan sederhana.

Contoh nomor rekening yang belum dilaporkan (cekrekening.id)

Kamu hanya tinggal memasukkan nama bank penjual, serta nomor rekeningnya, kemudian klik “periksa rekening”. Jika nomor rekening itu belum pernah dilaporkan atas tindak penipuan, akan tertulis “NOMER REKENING INI BELUM PERNAH DILAPORKAN TERKAIT TINDAK PIDANA APAPUN!”. Namun jika sudah pernah dilaporkan, maka akan muncul “RIWAYAT LAPORAN”.

contoh tanda verified (cekrekening.id)

Dalam daftar “Riwayat Laporan” kamu bisa melihat kapan saja nomor rekening tersebut dilaporkan. Jika terdapat tanda merah “VERIFIED” artinya laporan tersebut telah di verifikasi oleh tim yang menandakan bahwa penipuan benar-benar terjadi. Namun meski belum ter verifikasi, laporan tersebut setidaknya menjadi tanda bahwa kamu harus waspada dengan nomor rekening yang sudah dilaporkan.

Meski nomor rekening belum pernah dilaporkan, bukan berarti itu aman. Kamu harus tetap waspada dan dihimbau untuk berbelanja di toko online terpercaya. Jika sudah pernah dilaporkan, ada baiknya jangan lanjutkan transaksi dengan yang bersangkutan. Atau kalau pernah mengalami penipuan, kamu bisa kok melaporkannya pada situs ini.

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *