Menjadi Single Adalah Sebuah Pilihan, Jadi, Hentikan Saja Rasa Bersalahmu Itu

Sebaliknya, yang harus kamu lakukan saat ini hanyalah bahagia

“Mengapa kamu masih saja jomblo?” Pertanyaan sadis seperti ini, tentu pernah beberapa kali mengganggumu, apalagi, jika itu keluar dari mulut orang-orang terdekatmu. Di saat seperti itu, sebenarnya kamu hanya perlu menjawab “saya bukan jomblo. Saya single, dan itu pilihanku.”

“Saya single. Dan itu pilihanku.” | pexels.com

Namun jika mau memahami lebih dalam lagi, sebenanarnya kamu tidak perlu repot-repot memberi penjelasan kepada keluarga, teman, bahkan orang asing mengapa kamu masih saja sendiri. Kamu, bahkan tidak perlu menjawab pertanyaan di atas jika kamu memang tidak menginginkannya.

Mengapa? Karena kita sudah terlanjur diracuni oleh stigma sosial soal hidup sendiri tanpa pasangan. Kita, sudah terlanjur percaya bahwa pacaran sebelum menikah itu adalah sebuah keharusan, dan menikah sebelum umur 30 tahun merupakan sebuah kewajiban, harga mati.

Stigma pacaran dan menikah sudah terlanjur menjadi sebuah kepercayaan, yang pada akhirnya, justru membebani sebagian besar dari kita. | pexels.com

Padahal yang seharusnya diyakini, bukan seperti itu. Pacaran atau tidak itu pilihanmu. Dan menikah sekarang atau nanti, itu murni tanggung jawabmu. Kamu tidak perlu merasa bersalah dengan semua itu. Karena punya atau tidak seorang pasangan, tidak bisa dijadikan patokan untuk menilai siapa dan seperti apa kamu.

Sekarang, yang harus kamu lakukan hanyalah meluangkan waktu untuk fokus menumbuhkan kedewasaanmu. Dengan begitu, kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang lebih bahagia jika waktunya untuk berpasangan sudah tiba. Saat ini, kamu hanya perlu bahagia. Bukan merasa tertekan dan bersalah seperti itu.

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *