5 Alasan Kenapa Sikap Mandiri Harus Dimiliki Dalam Sebuah Hubungan Percintaan

Kemandirian itu penting, termasuk dalam sebuah hubungan

Faktanya, nggak sedikit orang yang menyandang status pacaran menjadi ketergantungan dengan pasangan. Jalan-jalan berdua, makan berdua, kemana-mana di antar dan melakukan apapun bersama-sama. Seseorang yang telah ketergantungan dengan pasangannya, tak akan bisa melakukan apapun sendirian. Atau mungkin tak mau melakukan apapun jika tak ditemani pasangan. Padahal, suatu hubungan tak hanya tentang kemana-mana berdua.

Baca juga : Ladies, Menurut Para Pria Mereka Tidak Akan Menikahi Wanita yang Memiliki Sifat Ini

mandiri dalam hubungan (thoughtcatalog.files.wordpress.com)

Suatu hubungan yang sehat, juga membutuhkan kemandirian. Meskipun ada yang bersedia dan sukarela membantumu dan menemanimu kapanpun kamu mau, kamu tetap harus belajar jadi pribadi yang mandiri. Kemandirian ini yang nantinya akan menolongmu ketika pasanganmu tak ada di sampingmu atau tak bisa menolongmu. Selain itu ada 5 alasan kenapa sikap mandiri harus dimiliki dalam sebuah hubungan percintaan.

1. Bisa melakukan hal-hal sederhana adalah keharusan

Kamu dan juga manusia lain di luar sana dutuntut untuk bisa melakukan hal-hal sederhana. Setidaknya hal-hal yang berhubungan dengan rutinitasmu sehari-hari. Misalnya saja cewek enggan untuk memeriksa mesin kendaraannya karena merasa bukan bidangnya atau cowok yang enggak memasak di dapur karena merasa bukan kodratnya.

bisa melakukan hal-hal sederhana (static.domain.com.au)

Padahal kemandirian ini nantinya akan menguntungkan diri sendiri. Karena kelak saat kamu dewasa, kamu akan bertanggung jawab dengan dirimu sendiri. Paling tidak kamu bisa memenuhi kebutuhanmu dengan usahamu sendiri. Jangan bergantung pada orang lain hanya untuk hal-hal yang sifatnya sederhana, mengganti bohlam lampu misalnya.

2. Kemandirian membuat hubunganmu makin langgeng

Terkadang, sebuah hubungan yang sudah terjalin lama bisa kandas begitu saja. Penyebabnya tak lain tak bukan hanya karena rasa bosan dengan segala rutinitas yang dijalani berdua, setiap hari. Mulai dari mengucapkan selamat pagi lewat pesan singkat, antar jemput ke sekolah atau kampus, jalan-jalan berdua ke tempat yang itu-itu saja hingga telponan setiap pukul tujuh malam.

Kemandirian membuat hubunganmu makin langgeng (psychologytoday.com)

Cobalah untuk ubah kebiasaanmu dan berikan variasi-variasi kencan agar hubunganmu semakin berwarna. Kamu bisa mulai dari berangkat kuliah sendiri, makan siang sama teman-teman atau menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Dengan begitu, kamu dan dia akan makin memupuk kangen dan semakin mesra saat bertemu.

3. Kemandirian akan mendewasakan kamu dan pasangan

Ada banyak pelajaran berharga yang bisa kamu petik saat menerapkan kemandirian dalam hubungan. Selain melatih kedewasaan kalian, hubunganmu juga jadi makin ‘sehat’. Tak ada lagi ketergantungan dan sifat manja berlebihan.

Kemandirian akan mendewasakan kamu dan pasangan (marriage365.org)

“Kamu nggak bisa apa-apa kalau nggak ada aku”

Tak akan ada kalimat itu dalam hubunganmu. Kamu dan pasangan berada di tempat yang sama, kalian sejajar. Tidak ada yang lebih tinggi maupun lebih rendah. Tidak ada superior maupun inferior sehingga tak ada sikap saling menggampangkan.

4. Kamu bisa menjalani hidup dengan lebih luwes dan bebas

Suatu hubungan akan terasa lebih menyenangkan apabila dijalani dengan keluwesan. Kamu nggak punya kewajiban untuk selalu menghabiskan malam minggu bersamanya ataupun kemana-mana sama dia. Kamu bisa memilih menikmati makananmu sendirian atau bersama teman-teman ketika dia tak bisa menemanimu.

Kamu bisa menjalani hidup dengan lebih luwes dan bebas (insightstherapy.com)

Sikap luwes ini akan mengurangi potensi pertengkaran dalam suatu hubungan. Tak hanya keluwesan, kamu dan dia juga harus bisa berkompromi. Misalnya saja saat akhir pekan kamu memilih menghabiskan waktu bersama keluarga, pasanganmu mengalah dan memilih menghabiskan waktu bersama teman-teman.

5. Bisa lebih fokus pada tujuan hidup

Sebelum kamu menjalin hubungan, kamu pasti punya tujuan hidup. Memiliki impian dan cita-cita tentang apa yang ingin kamu capai. Jangan sampai karena pacaran, kamu melupakan semua tujuan hidupmu dan bergantung pada pasanganmu. Sifat mandiri ini akan membantumu tetap fokus pada tujuan-tujuan yang kamu miliki.

Fokus dengan tujuan hidup (squarespace.com)

Segala macam masalah yang ada pada hubunganmu tak akan mempengaruhi kamu ketika kemandirian menjadi pegangan. Misalnya saja kamu sedang bertengkar hingga dia tak mau mengantar atau menjemputmu di kampus, nggak masalah toh masih banyak angkutan umum yang bisa kamu gunakan. Tapi jika kamu ketergantungan, mungkin pertengkaran ini akan membuatmu melalaikan tugas dan kewajiban hanya karena dia tak bisa membantumu.

Sudah cukup mandirikah kamu dan pasanganmu?

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Di Indonesia, 5 Profesi Ini Memiliki Tingkat Stress Paling Tinggi

5 Beda Pandangan Cewek ABG dan yang Sudah Dewasa Tentang Pacaran